Bagaimana Helm Las Melindungi Mata Anda

 https://www.pernando413.com/2024/03/bagaimana-helm-las-melindungi-mata-anda.html

Rata-rata orang awam Anda umumnya percaya bahwa tugas utama helm las adalah untuk .........

Helm las tidak diragukan lagi adalah satu-satunya barang paling berharga yang dimiliki seorang tukang las untuk melindungi dirinya sendiri. Helm las sudah ada sejak lama dan teknologinya terus meningkat. Helem las jauh lebih ramah pengguna dan menawarkan perlindungan lebih. Namun, ada banyak kesalah pahaman tentang bagaimana helm las sebenarnya melindungi tukang las dari bahaya lingkungan saat bekerja.

Rata-rata orang awam umumnya percaya bahwa tugas utama helm las yaitu melindungi mata Anda dari cahaya terang busur las. Hampir seperti helm las adalah sepasang kacamata hitam super. Hal ini hanya sebagian yang benar. Lensa pada helm memiliki tugas utama untuk menyaring sinar ultraviolet dan inframerah. Lensa dirancang untuk menyaring 100% sinar UV dan IR berbahaya dari mata sensitif Anda. Jangan bingung membedakannya dengan apakah lensanya gelap atau tidak. 

Lensa penggelapan otomatis akan melindungi tukang las dari sinar ultraviolet baik lensanya bening maupun gelap. Bisa dimaklumi bila cahaya terang adalah masalahnya karena dapat dilihat dengan mata telanjang. Cahaya terang tetap merusak mata, oleh karena itu helm las memiliki lensa yang digelapkan atau memiliki fitur auto darkening. Pada helm las auto darkening, lensa akan menjadi gelap dalam waktu 4/10 milidetik untuk menyaring cahaya tampak. 

Ini lebih cepat dari pada waktu mata Anda bereaksi terhadap cahaya. Jika lebih lambat dari 4/10 milidetik, maka Anda tidak boleh membeli helm las. Model penggelapan otomatis melindungi mata Anda 100% sepanjang waktu dari sinar ultraviolet dan inframerah baik lensanya bening maupun gelap dan melindungi Anda dari cahaya tampak 4/10 milidetik setelah busur menyala.

Pengaturan ini jauh lebih aman dari pada helm las model lama karena alasan sederhana yaitu Anda bisa melihatnya saat busur dimatikan. Setelah Anda berhenti mengelas, lensa penggelapan otomatis akan menjadi jernih. Kini Anda bisa berjalan-jalan atau melihat area kerja Anda tanpa perlu mengangkat helm. 

Hal ini sangat penting karena fungsi lain dari helm las adalah untuk melindungi wajah dan mata dari benda terbang. Kotoran logam dan bahaya lainnya masih dapat merusak mata Anda. Helm las penggelapan otomatis jelas merupakan pilihan yang tepat dan sepadan dengan biaya tambahannya. Yakinlah bahwa teknologi ini akan sepenuhnya melindungi mata Anda dari efek berbahaya lampu las. 

Lensa akan menjadi gelap dalam waktu yang cukup sehingga mata Anda yang tak tergantikan tidak rusak. Seorang tukang las tidak akan mengorbankan keselamatan demi kenyamanan dan sebenarnya model penggelapan otomatis jauh lebih aman karena memungkinkan wajah dan mata Anda tetap terlindungi bahkan setelah busur las padam. Semoga bermanfaat.