Stasiun Kernel Pabrik Kelapa Sawit

Proses pemisahan biji serabut dari ampas press (terpisahnya minyak, nut, dan fiber) bertujuan terutama untuk memperoleh biji sebersih mungkin.  Setelah buah di press minyak akan terpisah dan fiber dengan nut masih tercampur, untuk itu perlu dilakukan pemisahan antara fibre dan nut.

Alat atau mesin dalam stasiun kernel:
 
* Cake breaker conveyor

* Depericarper

* Nut polishing drum

* Ripple mill

* LTDS 1 & 2

* Claybath

* Kernel silo

https://pernando413.blogspot.com/2019/08/stasiun-kernel.html
 
Cake Breaker Conveyor
Merupakan alat untuk mempermudah mengurai gumpalan nut dan fiber agar fiber menjadi lebih ringan dan mudah dipisahkan dari nut dengan cara menghamburkan nut dan fiber. Fungsinya untuk membawa fiber dan nut ke depericarper. 

https://pernando413.blogspot.com/2019/08/stasiun-kernel.html
 
Spesifikasi : 
 
CBC I:  - Panjang 8,3 m, - Diameter 0,75 m, - Putaran 70 rpm. 

CBC II: - Panjang 18,85 m, - Diameter 0,75m

Elektromotor 15 KW, Putaran 74,9 rpm

Depericarper
Depericarper berfungsi untuk memisahkan fibre dari nut dengan memanfaatkan gaya sentrifugal serta berat jenis yang berbeda dan daya hisap dari fan fibre cyclone. Dimana berat jenis fibre yang lebih ringan akan terhisap oleh fan menuju coloum cyclone fibre dan nut akan terpisah menuju nut polishing drum.

Nut polishing drum
Nut yang turun ke nut polishing drum akan dibersihkan dari sisa-sisa fiber yang masih menempel, nut polishing drum berupa lubang-lubang berputar yang mengakibatkan terjadi gesekan dan mengikis fiber yang masih menempel pada nut.

https://pernando413.blogspot.com/2019/08/stasiun-kernel.html
 
Spesifikasi : 
 
Panjang : 5 m, Diameter : 1 m, Putaran : 25 rpm 
 
Kapasitas 5,5 ton nut/jam, Elektro motor 5,5 kw , 1455 rpm, Putaran 144 rpm.

Nut Hopper
Merupakan suatu tempat untuk menampung nut sementara sebelum diolah di ripple mill. Dengan kapasitas 40 m³.

Vibrating feeder
Merupakan pengumpan getar untuk nut masuk ke ripple mill, agar jumlah dari nut yang akan di pecah di ripple mill terjaga banyak dan sedikitnya.

Ripple mill
Ripple mill berfungsi untuk melepaskan kernel dari cangkang dengan prinsip menekan atau menggiling nut. Nut yang telah di pecah dapat berupa kernel utuh, kernel pecah, kernel yang masih terdapat cangkang, dan cangkang (shell).

https://pernando413.blogspot.com/2019/08/stasiun-kernel.html
 
Spesifikasi: Elektro motor 10 HP, Kapasitas 6 ton, Rotor bar 19 mm/460 mm.

LTDS (Light Tenera Dry Separator)
LTDS berfungsi untuk memisahkan antara kernel dan cangkang dengan menggunakan sistem perbedaan berat antara kernel dan cangkang. Kernel yang utuh akan jatuh ke wet kernel conveyor, sedangkan kernel yang pecah dan masih menyatu dengan cangkang masuk ke LTDS 2. Pada LTDS 2 juga dilakukan pemisahan kernel dan cangkang yang lolos dari LTDS 1.

Spesifikasi: 
Elektro motor air lock = 1,1 KW/220-380 v/1450 RPM, LTDS fan = 22 kw

Claybath
Claybath berfungsi untuk memisahkan kernel dan cangkang yang lolos dari LTDS 1 dan LTDS 2 dengan menggunakan media air dan pencampuran larutan CaCo3 sebagai pengubah berat jenis cangkang dan kernel sehingga didapatkan pemisahan cangkang dan kernel yang maksimal.

https://pernando413.blogspot.com/2019/08/stasiun-kernel.html
 
Pada claybath terdapat 3 proses yaitu Claybath mixer, claybath pump, dan claybath vibrating screen.
* Mixer claybath berfungsi sebagai penggunaan larutan CaCo3 dengan air, yang bertujuan untuk membedakan berat jenis kernel dan cangkang.

- Elektro motor = 2 Hp, 1,5 kw, 1500 rpm

a. Claybath pump berfungsi untuk mengumpan kembali air dari vibrating claybath yang masih mengandung CaCo3 ke mixer claybath

b. kapasitas 15m³/h, Elektro motor 10 Hp, 7,5 kw

* Claybath vibrating screen berfungsi untuk menjatuhkan kernel ke wet kernel conveyor untuk di lanjutkan ke kernel silo.

- Elektro motor 3 Hp, 2,5 kw, 1500 rpm

Kernel Silo
Kernel silo berfungsi sebagai tempat menampung kernel sementara yang dihasilkan dengan pengeringan pada nut sebelum dipindah ke bulking kernel silo. Tujuan pengeringan pada kernel silo adalah menurunkan kadar air kernel melalui proses pemanasan agar tercapai standar moisture dan sterilisasi kernel dari bakteri-bakteri yang akan menaikkan kadar FFA dalam kernel. Kapasitas kernel silo = 40 m³. 

https://pernando413.blogspot.com/2019/08/stasiun-kernel.html

Bulking Kernel Silo
Bulking kernel silo berfungsi untuk menampung kernel hasil dari kernel silo selama belum dikirim ke pembeli. Perlakuan yang dilakukan pada bulking kernel silo adalah pemanasan menggunakan steam untuk menjaga mutu kualitas kernel tetap terjaga sampai kernel dikirim ke pembeli. 

https://pernando413.blogspot.com/2019/08/stasiun-kernel.html
 
Peralatan Transfer Conveyor Dan Elevator
 
Ada beberapa conveyor dan elevator yang terdapat pada stasiun pengolahan kernel, yang dimana semua conveyor dan elevator bertujuan untuk:

* Menjaga kapasitas pengolahan dari suatu alat ke alat pengolahan  dan pemisahan agar tidak overload

* Mengirim atau mentransfer bahan hasil pengolahan dari suatu alat ke alat pengolahan lain nya.
Bentuk susunan,letak dan macam dari elevator maupun conveyor disesuaikan dengan fungsi dan kebutuhan masing-masing.

* Wet nut conveyor, berfungsi untuk mentransfer nut output dari nut polishing drum menuju destoner
- Elektro motor teco 1,5 kw, 2 Hp

* Cracked mixture conveyor, berfungsi untuk mentransfer hasil dari ripple mill berupa campuran kernel dan cangkang ke cracked mixture elevator
- Kapasitas 6 ton, elektro  motor 2,2 kw.

* Cracked mixture elevator berfungsi untuk mengirim campuran kernel dan cangkang dari CM conveyor dan diteruskan ke LTDS 1
- Kapasitas = 6 ton, Elektro motor 1,5 kw

* Wet kernel conveyor dan shell, berfungsi untuk mengirim kernel dari LTDS 1 dan kernel dari hasil pemisahan claybath menuju wet kernel elevator, dan cangkang menuju shell transport fan menuju pembuangan.
- Elektro motor 3 Hp, 2,5 kw, 1500 rpm
- Kapasitas = 2 T/H, Elektromotor 3 Hp, 22 kw, 1500 rpm

* Dry kernel conveyor berfungsi untuk memindahkan kernel dari kernel silo menuju kernel fan transport untuk dikirim ke bulking kernel silo.
- Elektro motor = 30 Hp, 22 kw, 3000 rpm.