Apa Saja Kegiatan Mekanik Fixed Plant Setiap Hari-Tambangan Batu Bara

 https://www.pernando413.com/2021/12/apa-saja-kegiatan-mekanik-fixed-plant.html

Kegitan kegiatan keseharian yang di jalankan di mekanik fixed plant jika tidak ada schedule service maupun maintenance unit serta overhaule crusher agak santai dan rilex, namun bila ada pekerjaan seperti yang tertera pada 3 item diatas maka bisa jadi pekerjaan berat, karena tidak ada waktu bersantai.

Dalam keseharian kegiatan yang di lakukan yakni:

1. Daily check unit

* Pengecekan unit pendukung/alat berat
Yakni setiap awal shift para kru mekanik melakukan pengecekan harian unit baik itu unit support maupun alat pendukung. Mekanik mengecek alat berat, melakukan inspeksi jika ada temua kerusakan, daily greasing pin agar unit terlindungi dari debu batu bara yang sangat tajam merusak pin alat berat. 

Kemudian ada pengecekan level oli, baik itu mesin, hidraulic, check kekencangan battery, juga pengecekan ban maupun track alat berat tersebut. 

* Pengecekan unit crusher:
- Apakah ada sobekan atau track kedor sehingga bisa di action agar unit siap untuk operasi.

- Untuk pengecekan crusher dengan mengecek permukaan conveyor apakah ada yang robek atau terkelupas, juga pada area sambungan conveyor apakah masih bagus atau tidak. 

- Melakukan pengecekan plat dingding hopper, pengecekan gigi drum hopper, pengecekan level oli gearbox dan motor listrik, juga kebersihannya.

- Melakukan pengecekan pada semua roller apakah ada bearing yang rusak maupun roller patah, karena patahan roller akan bisa merobek conveyor jika di biarkan tanpa di lakukan penggantian.

- Pengecekan magnet conveyor yakni dengan membuang material besi yang tertangkap dan membuangkan di tempat pembuangan material besi yang di siapkan, bila ini tidak di bersihkan maka bisa material besi yang menumpuk jika terlalu banyak akan jatuh kembali dan bisa merusak atau merobek conveyor.

- Mengecek kebersihan conveyor dan menyiramnya dengan sprayer air agar bersih, karen jika dibiarkan debu batu bara yang menumpuk, apalagi cuaca panas bisa terbakar yang akan menimbulkan kebakaran yang fatal.

* Pengeekan genset untuk penggerak crsher dan penerangan lampu
Unit genset setiap hari di lakukan pengecekan seperti: cek level oli mesin, cek radiator (cek kebocoran, level air radiator dan kebocoran air radiator), pengecekan minyak untuk bahan bakar penggerak mesin genset tersebut, mengecek semua komponen dan memeriksa secara visualisasi kelainan, memastikan semuanya bagus dan siap operasi.

2. Service unit

Pada unit alat berat maupun crusher ada jadwal untuk pekerjaan service, seperti penggantian oli dan komponen rusak yang bisa di lakukan cepat sehingga tidak memperparah lainnya. Untuk schedule service pada unit (ada service unit 250 Hrs, ada 500 Hrs, 1000 Hrs hingga service 2000 Hrs), sedangkan untuk crusher juga sama serta ada juga jadwal schedule pekerjaan khusus penggantian komponen crusher bila tidak ada loading batu bara.

3. Overhaule

Pekerjaan ini tergolong pekerjaan berat dan waktu lama sesuai dengan jadwal yang telah di schedulekan. Sebelum melakukan overhaule terlebih dahulu disiapkan terlebih dahulu spearpart, dan alat pendukung lainnya baik itu untuk crusher, menyiapkan area yang bersih dan menyiapkan manpower.

Inilah pekerjaan harian yang dilakukan oleh mekanik fixed plant setiap hari, baik itu pekerjaan pada shift siang maupun pada shift malam.