Tips untuk Memilih Karir yang Akan Anda Cintai

 https://www.pernando413.com/2023/07/tips-untuk-memilih-karir-yang-akan-anda.html

Pekerjaan disebut pekerjaan karena suatu alasan. Namun, profesi terbaik bisa membantu membuat hidup Anda lebih memuaskan. Membuat pilihan yang bijak bisa memungkinkan Anda menghindari banyak kesengsaraan serta mendanai gaya hidup yang Anda sukai. Ya, bekerja merupakan kata empat huruf jahat yang dibenci kebanyakan orang. Bila Anda bisa menemukan sesuatu yang Anda sukai dan melakukannya, Anda tak akan pernah bekerja di hari lain dalam hidup Anda.

Beikut pilihan yang salah bisa menyebabkan kendala keuangan, dan tidak menyenangkan untuk datang ke pekerjaan yang tidak Anda sukai hari demi hari.

Pakai ide-ide ini untuk memilih karier yang tepat untuk Anda

Apa yang Anda suka kerjakan? Kecuali Anda beruntung, Anda akan bekerja untuk waktu yang lama. Akan cerdas untuk menemukan profesi yang berpusat pada sesuatu yang Anda sukai. Bayangkan menghabiskan 40 tahun lebih melakukan sesuatu yang tidak Anda sukai.

Walaupun Anda tak harus mempertahankan karier yang sama persis selama sisa hidup Anda, Anda dapat kehilangan pijakan setiap kali Anda beralih. Apa yang Anda suka kerjakan? Apa saja minat anda? Apa yang dapat Anda lihat sendiri berikan selama satu tahun atau lebih dan nikmati?

Apa yang benar-benar tidak Anda sukai? Kekhawatiran ini sama pentingnya. Apa kekuatan Anda? Profesi terbaik memuaskan serta memanfaatkan kekuatan Anda sebaik-baiknya. Apa yang Anda kuasai secara alami? Apa yang menjadi keahlian Anda sebab Anda sudah menghabiskan banyak waktu untuk belajar atau berlatih?

Tak semua kekuatan Anda bisa ditransfer ke suatu profesi, namun beberapa di antaranya akan ditransfer dengan cukup baik. Tanyakan pada diri Anda apa yang bisa Anda lakukan lebih baik dari pada banyak orang. Apa alternatif jangka panjangnya? Beberapa karier mempunyai pelanggan potensial jangka panjang yang jauh lebih baik dari pada yang lain. 

Memikirkan apa yang bisa Anda lakukan selama 20 tahun dalam jalur karir tertentu. Apakah ada kemungkinan untuk maju? Bisakah Anda memanfaatkan keterampilan yang Anda bangun dalam tugas itu dan memindahkannya ke tugas lain? Hindari hanya memikirkan beberapa tahun ke depan. Anda kemungkinan besar akan bekerja lebih dari sekadar 3-5 tahun.

Lingkungan kerja seperti apa yang Anda pilih? Apakah Anda menyukai nuansa komunitas dari rangkaian bilik yang tak terbatas? Tempat kerja Anda sendiri? Apakah Anda mau bekerja di luar ruangan? Dalam pengaturan manufaktur? Sebuah laboratorium? Jas dan dasi? Jeans dan kaos? Lingkungan apa yang menarik untuk Anda?

Gaya hidup apa yang Anda sukai? Ini terdiri dari penghasilan, kota atau negara, tinggal di luar koper versus masuk ke lokasi kerja yang sama setiap hari. Apakah Anda suka bekerja malam hari, sehingga hari-hari Anda benar-benar gratis? Bayangkan cara hidup Anda yang sempurna dan pertimbangkan berbagai profesi yang tersedia untuk Anda.

Pertimbangkan kualifikasi pendidikan Anda versus apa yang dibutuhkan oleh karir. Dokter perlu berpartisipasi dalam sekolah kedokteran. Seorang guru di sekolah umum memerlukan lisensi mengajar. Cari tahu berapa banyak pendidikan tambahan yang Anda perlukan untuk karir tertentu dan apakah Anda mau mendapatkannya. Bila Anda memprotes sekolah tambahan, maka Anda akan menghadapi batasan khusus.

Karier apa yang cocok dengan jawaban Anda? Mempertimbangkan semua hal di atas, karir apa yang tampaknya cocok untuk Anda? Karir yang sempurna akan menjadi sesuatu yang Anda sukai, yang Anda kuasai, yang juga sesuai dengan gaya hidup serta lingkungan kerja impian Anda. Anda juga akan mempunyai banyak peluang di masa depan.

Bila tidak ada alternatif yang menarik untuk Anda, Anda mungkin mau berpikir untuk kembali ke sekolah untuk pendidikan tambahan. Beberapa tahun bersekolah lagi mungkin terdengar buruk, namun beberapa tahun adalah penurunan dalam wadah dibandingkan dengan sisa hidup Anda. Pilihan karir yang buruk dapat mahal di jalan, luangkan waktu untuk membuat keputusan yang cerdas, ini akan menghabiskan waktu dengan baik. Semoga bermanfaat.