Tips Penting Untuk Membantu Anda Menciptakan Kesan Baik Pada Hari Pertama Anda Bekerja di Perusahaan

 https://www.pernando413.com/2023/07/tips-penting-untuk-membantu-anda.html

Untuk mendapatkan pekerjaan impian tidaklah mudah. Anda sudah berjuang keras untuk mendapatkan pekerjaan impian. Anda sudah menghadapi banyak penolakan dari pewawancara. Akhirnya, Anda sudah menyelesaikan wawancara di perusahaan impian Anda. 

Jadi, apa rencana Anda untuk hari yang berharga ini?

Kita tahu bahwa sebagian besar dari Anda mencari tahu apa yang akan dikenakan dan bagaimana membuat bos dan kolega terkesan. Benar? Anda sadar bahwa kesan pertama sangat penting untuk tampil menonjol di hari pertama bekerja. Sekarang apa selanjutnya?

Apakah Anda siap untuk pekerjaan baru Anda?
Anda bersemangat untuk hari ini. Mungkin, Anda akan stres dan agak gugup, ini mungkin menakutkan seperti hari pertama sekolah atau kuliah. Namun tahukah Anda bahwa perasaan tegang serta bersemangat itu normal.

Berikut beberapa tips yang akan membantu Anda membuktikan keterampilan Anda di tempat kerja serta menjadikan diri Anda produktif pada hari pertama, yakni:

Persiapkan dokumen Anda

Di hari pertama Anda mungkin dihabiskan untuk menyelesaikan semua formalitas, mengisi formulir, pelantikan, mengirimkan dokumen, dan sebagainya. Jadi, akan lebih baik dari departemen sumber daya manusia untuk meminta terlebih dahulu semua dokumen yang diperlukan yang harus Anda serahkan. Sesudah Anda mendapatkan daftar, simpan saja di folder dokumen untuk menghindari kerepotan di saat-saat terakhir.

Mempelajari mengenai pimpinan baru Anda

Sebelum menghadiri wawancara, Anda sudah banyak mencari tahu mengenai perusahaan Anda. Namun pembelajaran Anda tak harus berakhir di sini. Anda harus berusaha mengumpulkan sebanyak mungkin informasi mengenai perusahaan Anda. Baca saja brosurnya atau periksa halaman perusahaan LinkedIn atau Facebook dan lainnya.

Berpakaianlah dengan tepat

Tak diragukan lagi, seseorang selalu dinilai dari pakaiannya. Sehingga, pendatang baru harus memilih pakaiannya dengan hati-hati. Anda harus mencoba memahami pakaian apa yang cocok untuk industri Anda. Alangkah baiknya, bila Anda mengetahui kode berpakaian dan kebijakan SDM. Bila perusahaan Anda mempunyai kode berpakaian, Anda harus mengikutinya.

Hadir tepat waktu

Pada hari pertama, Anda harus tiba di kantor tepat waktu, tidak terlalu cepat atau terlambat. Tinggalkan tempat Anda lebih awal sebab Anda tidak tahu rute atau kekacauan lalu lintas. Ada banyak orang di seluruh dunia yang datang terlambat ke kantor. Alasan utamanya yaitu mereka tak menyadari dampak ketepatan waktu. Bila Anda tiba di tempat kerja tepat waktu, Anda bisa memperoleh perhatian dan rasa hormat dari senior Anda.

Mendengarkan baik-baik

Selama minggu-minggu pertama, Anda mesti menjadi pendengar yang baik. Keterampilan mendengarkan yang baik akan membuat Anda memahami hal-hal secara cepat dan menghindari kesalahan. Ini merupakan waktu disaat Anda bisa menyerap informasi sebanyak yang Anda bisa. Namun, banyak pertanyaan akan menghantui pikiran Anda. Namun Anda harus memilihnya dengan bijak dan meminta dari orang lain dengan penuh keyakinan.

Membawa pena dan kertas

Dengan serius, ini penting, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan alat tulis seperti pulpen dan notepad dari pimpinan baru Anda. Namun sebaiknya persiapkan diri Anda dengan alat tulis sendiri. Anda bisa mencatat semua poin penting dengan cepat yang dibagikan oleh orang lain. Jangan lupa untuk meninjau semua catatan di penghujung hari.

Selalu berpikir positif

Menjadi karyawan baru, mungkin saja Anda harus menghadapi banyak tantangan selama minggu pertama bergabung. Namun jangan kecewa ketika ini, kita semua tahu bahwa tidak ada yang mustahil di dunia ini sebab dunia yang tidak mungkin itu sendiri mengatakan Saya mungkin. Sehingga, teruslah berusaha dan Anda pasti akan mengatasi situasi ini.

Bekerja secara proaktif

Banyak perusahaan memberikan proyek kecil kepada karyawan baru mereka sehingga mereka bisa dengan mudah menanganinya. Jadi, bila Anda sudah menyelesaikan pekerjaan Anda tepat waktu dan mempunyai waktu ekstra, maka Anda bisa meminta beberapa pekerjaan dari atasan Anda. Ini akan membantu Anda menciptakan citra yang baik di perusahaan.

Selalu bersosialisasi

Di tempat kerja Anda, kolega Anda akan mengundang Anda makan siang atau minum kopi. Jadi, Anda harus bergabung dengan mereka, kita tidak akan menyarankan Anda untuk menghambat pekerjaan Anda. Namun Anda harus mencoba mencari teman baru dan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.

Jauhi politik kantor

Urus saja urusanmu. Ya, benar sekali, ketika Anda bergabung dengan sebuah perusahaan, Anda hanya mengenal senior serta rekan kerja Anda, namun tidak banyak. Waktu berubah ketika gosip kantor dimulai. Beberapa orang akan membagikan perasaan pribadi mereka mengeni perusahaan dan memperhatikan kesan Anda. Jaga diri Anda netral dalam kasus ini. 

Bila ada sesuatu yang mengganggu Anda, maka akan sangat baik untuk menanyakannya kepada senior atau departemen sumber daya manusia Anda. Contohnya, bila Anda mau tahu mengenai gaji Anda, maka langsung ke orang yang bersangkutan agar memahami pembagian gaji Anda, struktur gaji serta komponennya.

Jangan ragu untuk bertanya

Ketika Anda bergabung dengan perusahaan baru, Anda akan mengetahui mengenai proyek mereka. Anda akan mendapatkan kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru dari senior Anda. Bila Anda mempunyai pertanyaan mengenai pekerjaan Anda, maka jangan ragu untuk bertanya. Tak ada yang akan mengharapkan kinerja luar biasa dari Anda sejak hari bergabung. Jadi, lebih baik mengklarifikasi semua keraguan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan tanpa melakukan kesalahan apapun.

Jaga kesopanan kantor

Sebagai seorang karyawan, Anda harus menjaga kesopanan kantor, apakah itu mengenakan kartu ID, menjaga keheningan atau istirahat. Ada kemungkinan Anda tidak akan mendapatkan semua fasilitas di tempat kerja baru Anda seperti kantor lama Anda. Namun ada sesuatu yang membuat Anda bertekad untuk beralih.

Selalu terorganisir

Cukup siapkan sistem untuk melacak semua janji temu, rapat, tenggat waktu proyek, dan tugas. Anda bisa memakai kalender online untuk mengatur pengingat untuk semua tenggat waktu. Atau, Anda bisa membuat daftar tugas di awal dan akhir hari.

Pertahankan bisnis pribadi terbatas

Menurut sebuah penelitian, setiap orang melakukan bisnis pribadi selama waktu resmi seperti berbelanja online, membuat reservasi, mengirim SMS, memeriksa pesan WhatsApp, atau email pribadi. Jadi, Anda harus melakukan batas jumlah waktu. Fokus saja untuk pekerjaan Anda. Bila ada panggilan telepon yang mendesak, maka menjauhlah untuk hadir.

Santai

Santai, tetap tersenyum dan dapatkan pengalaman hebat. Ingatlah bahwa setiap orang mempunyai hari pertama di tempat kerja. Jadi, mereka mungkin akan memahami situasinya dan membantu Anda menyesuaikan diri dengan lingkungan tersebut. Semoga bermanfaat.