Tips Untuk Berburu Pekerjaan dan Apa yang Dicari Perusahaan

 https://www.pernando413.com/2023/07/tips-untuk-berburu-pekerjaan-dan-apa.html

Mempunyai kesadaran akan harapan pemberi kerja cukup penting untuk mencari pekerjaan. Teknik berburu pekerjaan yang lebih tua berfokus pada anda, orangnya. Mereka memberi penekanan pada riwayat pekerjaan Anda, prestasi, latar belakang akademis, serta kredensial lainnya. 

Ini berfokus pada kualifikasi Anda dan tujuan. Namun itu sudah mengalami perubahan besar. Sekarang ini, pemberi kerja berharap Anda mengetahui apa kebutuhan mereka dan memberi tahu mereka bagaimana Anda bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

Berikut beberapa poin yang di butuhkan pengusaha, yakni:

Energi
Memperlihatkan energi yaitu langkah pertama yang sangat penting. Orang yang energik memancarkan antusiasme, semangat dorongan, dan itulah yang diinginkan oleh pemberi kerja, mereka mau Anda aktif. Mereka bisa dengan mudah merasakan kualitas ini pada seseorang segera sesudah mereka memasuki ruangan. 

Jadi, bila Anda bukan tipe orang yang energik, disarankan untuk mempraktekkan cara berpenampilan dan bertindak energik supaya bisa memberikan kesan pertama yang baik. Itu dapat membuat perbedaan besar, serta terkadang kesempatan kerja dapat dimenangkan atau hilang tergantung pada cara Anda memasuki ruangan.

Keahlian khusus
Setiap pekerjaan akan melibatkan seperangkat keterampilan khusus, serta latar belakang pendidikan atau pelatihan khusus yang diperlukan untuk itu. Paling sering, keahlian ini akan disebutkan dalam iklan. Namun, bila mereka tak disebutkan secara spesifik, mencari informasi mengenai perusahaan dan struktur hierarkisnya akan memberikan petunjuk yang baik. 
 
Ini juga akan menunjukkan kemampuan penelitian Anda serta inisiatif dan hanya bisa berdampak positif. Perhatian utama Anda, sesudah Anda mempunyai daftar keterampilan yang diperlukan, harus menunjukkan bukti kepemilikan Anda atas keterampilan tersebut. Ini dapat berupa kualifikasi akademik, proyek, dan pencapaian Anda. 
 
Ditambah lagi dengan tanggung jawab Anda selama pengalaman kerja atau kegiatan sukarela, dan tugas dalam pengelolaan masyarakat atau kegiatan olahraga. Poin kuncinya yaitu mencoba mencocokkan bukti dalam aplikasi Anda selengkap mungkin dengan apa yang diinginkan pemberi kerja, sorot area yang relevan. Perekrut mungkin tidak mempunyai banyak waktu dan tentunya akan mempunyai banyak lamaran yang harus dilalui. 
 
Mereka hanya mau membaca mengenai keahlian tertentu yang menarik bagi mereka. Buat keahlian ini terlihat, ketepatan dan keringkasan itu penting, namun penting juga untuk menjelaskan bagaimana Anda mempunyai keterampilan yang dibutuhkan dan bagaimana Anda bisa menggunakannya untuk kepentingan perusahaan. Daftar sederhana tak cukup untuk perekrut disaat mereka melihat kedua kalinya.

Keterampilan yang bisa dipindah tangankan
Ada seperangkat keterampilan yang dicari sebagian besar pemberi kerja yang tidak ada hubungannya dengan kompetensi yang dibutuhkan untuk pekerjaan tertentu. Keterampilan ini merupakan indikator potensi pengembangan Anda serta bukan pengetahuan Anda. Apa yang disebut keterampilan yang bisa ditransfer ini termasuk komunikasi, kerja tim, kepemimpinan, inisiatif, pemecahan masalah, kemampuan beradaptasi, motivasi, serta terkadang keterampilan numerik. 

Disamping itu, perusahaan sektor swasta lebih memilih kandidat untuk mengetahui bagaimana perusahaan beroperasi mengenai berita dan tren bisnis sekarang ini, dan dampaknya terhadap organisasi. Kursus Anda, pengalaman kerja sebelumnya juga hobi sudah memberi Anda keterampilan yang mungkin dihargai oleh calon pemberi kerja. 
 
Bersiaplah untuk menjawab dengan jelas bila ditanya dalam wawancara kerja mengenai bagaimana pendidikan Anda mempersiapkan Anda untuk pekerjaan tertentu. Anda bisa bersiap dengan jawaban yang tepat serta ringkas bila Anda memikirkannya terlebih dahulu. Semoga bermanfaat.