6 Cara Agar Tidak Sakit Ketika di Kantor

https://www.pernando413.com/2023/06/6-cara-agar-tidak-sakit-ketika-di-kantor.html

Ini merupakan waktu yang paling ditakuti tahun ini lagi, musim flu. Dengan sebagian besar dari kita menghabiskan sebagian besar waktu kita di tempat kerja dengan rekan kerja kita, kemungkinan tertular flu dari rekan kerja yang sakit cukup mungkin terjadi. Meskipun solusi termudah tampaknya yaitu dengan membagikan sebotol pembersih tangan di sekitar kantor.

Terdapat beberapa langkah lain yang bisa Anda dan orang lain lakukan untuk menghindari sakit ketika berada di kantor:

1. Tidak boleh menyentuh wajah anda
Cara ini mungkin yang paling gampang untuk dilupakan, namun juga merupakan cara termudah dan tercepat untuk sakit. Menyentuh wajah Anda merupakan salah satu gerakan bawah sadar yang Anda bahkan tidak menyadarinya sebab sudah menjadi kebiasaan sehingga penting untuk mencoba melakukan upaya sadar untuk menghindarinya. 

Anda mungkin tergoda untuk mengistirahatkan wajah di tangan ketika hari semakin larut, tetapi ketia kuman bersentuhan dengan mulut, mata, atau hidung Anda, sebaiknya Anda bersiap untuk mengaku sakit keesokan harinya.

2. Jaga kebersihan ruang kerja Anda
Ini mungkin lebih mudah diucapkan dari pada dilakukan, namun penting untuk melakukan upaya sadar untuk menjaga ruang kerja Anda tetap bersih dan rapi. Keyboard dan mouse Anda bersentuhan dengan banyak orang selama minggu kerja dan mudah untuk melupakan bahwa orang-orang ini bisa dengan mudah lupa mencuci tangan setelah bersin atau bahkan lebih buruk menggunakan kamar kecil. 

Pakai lap Lysol untuk membersihkan keyboard, mouse, telepon meja, dan ruang meja Anda setidaknya seminggu sekali untuk menghindari kuman yang tidak diinginkan. Bahkan bila Anda tidak berbagi aksesori kantor Anda dengan rekan kerja Anda, masih ada kemungkinan untuk menularkan kembali diri Anda dengan penyakit dan kuman sebelumnya yang mungkin tanpa Anda sadari berada di tangan Anda saat bekerja. 

Alih-alih memakai alasan lama bahwa Anda terlalu sibuk, luangkan waktu untuk bersih-bersih ketika Anda dengan cemas menatap jam menghindari pekerjaan Anda untuk mengisinya dengan bersih-bersih karena waktu akan berlalu lebih cepat.

3. Mencuci tangan Anda lebih sering
Tangan Anda merupakan pembawa utama kuman dan virus, oleh karena itu yang paling penting untuk dijaga kebersihannya. Bentuk kebiasaan mencuci tangan setiap kali makan, sesudah menggunakan kamar kecil, setelah menyentuh barang milik orang lain, menangani sampah, dan membuang ingus. 

Bila Anda mau ekstra hati-hati, sebelum mencuci tangan, tarik handuk kertas Anda dan siap digunakan. Lalu lanjutkan untuk mencuci tangan setidaknya selama 20 detik, pastikan untuk menggosok kedua tangan dengan baik. Sesudah itu, gunakan handuk kertas Anda tidak hanya untuk menyeka tangan Anda namun juga untuk mematikan keran.

4. Berolahraga, tidur, dan makan sehat
Anda mendengarnya dari dokter Anda setiap kali Anda mengunjungi mereka bahwa makan sehat, tidur 8 jam penuh setiap malam, serta berolahraga merupakan pencegah utama penyakit. Dianjurkan untuk berolahraga setidaknya 1 jam sehari untuk mempertahankan gaya hidup sehat, meskipun itu berarti berjalan kaki singkat selama istirahat makan siang atau menghabiskan sejam di gym sesudah bekerja. 

Dilansir dari British Journal of Sports Medicine menemukan dalam sebuah penelitian terhadap 1.000 orang dewasa sampai di usia 85 tahun bahwa orang yang bugar secara fisik lebih jarang terkena pilek dan disaat mereka sakit, mempunyai gejala yang lebih ringan. Minum 8 gelas air dan makan makanan seimbang juga disarankan. Berpura-pura alergi terhadap sayur serta buah tidak lagi berlaku sesudah Anda berusia di atas 5 tahun, jadi ingatlah hal itu ketika memilih makanan untuk hari itu.

5. Bersikap Sopan santun
Hal ini kemungkinan tampak masuk akal, namun kebanyakan orang tampaknya lupa bahwa disaat mereka sakit, orang lain juga bisa sakit. Bila Anda bersin atau batuk di tempat kerja, ingatlah untuk menutup mulut agar menghindari penyebaran kuman. 

Cara terbaik untuk menutupi mulut Anda yaitu dengan menemukan tisu di dekatnya, namun bila Anda kehabisan tisu atau sedang batuk, pakai lengan Anda atau bukan tangan Anda. Sangat mudah untuk lupa sesudah itu Anda perlu mencuci tangan dan mungkin melanjutkan pekerjaan Anda.

6. Tinggal di rumah
Semua orang tahu perasaan tidak nyaman bekerja di ruangan yang sama dengan seseorang yang batuk paru-paru atau bersin seperti sedang mengalami reaksi alergi. Tanggapan pertama Anda yaitu memberi tahu mereka untuk pulang, namun sebagai individu yang sopan seperti Anda, Anda biasanya harus melanjutkan hari kerja. Bila Anda merasa mungkin membuat orang sakit ketika Anda bekerja, mungkin yang terbaik adalah tinggal di rumah. 

Sebagian besar perusahaan menawarkan karyawan penuh waktu sakit dan hari libur sebab suatu alasan, sehingga di pastikan untuk memanfaatkan waktu libur itu untuk beristirahat dan membuat diri Anda lebih baik. Seperti yang selalu dikatakan dokter, lebih baik istirahat dan rileks dari pada mencoba bekerja melalui hari kerja yang penuh tekanan dan jam kerja yang panjang. 

Bila Anda tidak mempunyai waktu sakit, tanyakan kepada atasan Anda apakah Anda bisa mengambil cuti beberapa jam atau bekerja 1/2 hari. Dia kemungkinan besar akan mengerti sebab semua orang pernah berada di posisi Anda sebelumnya. Dengan mengikuti cara di atas dan Anda mungkin akan lebih jarang sakit, atau setidaknya menjadi lebih kebal terhadap rekan kerja Anda yang sakit. Semoga bermanfaat.