Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Dicari di Dunia Kerja

https://www.pernando413.com/2023/02/jurusan-kuliah-yang-paling-banyak.html

Mencari jurusan dalam perkuliahan yang biasanya langsung dicari perusahaan dan peluang kerjanya melimpah. Memilih jurusan kuliah cukup penting, terutama yang punya peluang karir besar. Ternyata ada beberapa jurusan kuliah yang punya peluang kerja yang besar dan lulusannya langsung dicari perusahaan.

Jadi kalau ini langsung bekerja setelah kuliah. Coba pilih jurusan yang punya peluang kerja besar saat ini. Memilih jurusan sebelum masuk perguruan tinggi memang harus pikiran yang matang dan tidak boleh buru-buru dan jangan sampai setelah lulus anda malah sulit mendapatkan pekerjaan karena bidang yang anda ambil hanya punya sedikit peluang karir.

Apalagi kalau misalnya anda tidak minati, ada beberapa jurusan yang menjanjikan, ada juga yang cenderung sulit mendapatkan pekerjaan di masa depan karena apa? Dengan berkembangnya zaman beberapa jurusan kuliah memang sulit mendapatkan pekerjaan. Namun demikian ada juga jurusan yang justru memiliki prospek kerja sesuai dengan apa yang sedang tren dimasa depan. Jadi satunya anda perlu melihat prospek kerja jurusan kuliah di masa depan.

Apakah jurusan yang diambil akan sangat dibutuhkan di masa depan atau tidak atau nanti itu digantikan oleh robot. Meskipun jurusan penting tapi, tetap tidak 100% karir seseorang ditentukan oleh jurusan kuliah. Ingat ya selain memilih jurusan, softskill juga sangat menentukan seorang mudah atau tidaknya saat mendapatkan pekerjaan. Anda bisa tetap mengasah kemampuan agar bisa bersaing di dunia pekerjaan, banyak pelatihan yang bisa membantu meningkatkan soft skill dan hard skill anda.

Berikut beberapa jurusan yang diminati di masa mendatang, yakni:

1. Ilmu komputer dan teknik komputer

Semakin berkembangnya zaman dan teknologi terutama komputer, perusahaan sangat banyak membutuhkan tenaga ini. Hal tersebut membuat jurusan ini menjadi jurusan yang dibutuhkan dimasa depan. Berkembangnya teknologi membuat perusahaan berlomba-lomba memperbaiki layanan elektroniknya.

Banyak perusahaan yang meluncurkan website hingga aplikasi untuk mempermudah layanan konsumen. Untuk membuat dan memelihara website dan aplikasi perlu tenaga ahli dibidangnya. Banyaknya komponen dalam website dan aplikasi membuat lulusan ini banyak dicari. Lowongan untuk posisi seperti web developer dan Android developer ditujukan untuk lulusan ilmu komputer dan teknik komputer.

2. Matematika dan statistik

Dua jurusan ini juga paling dibutuhkan di dunia kerja, lulusan matematika dan statistik dibutuhkan dalam menganalisis data. Hal-hal yang berkaitan dengan data sangat penting di berbagai industri tersebut digunakan menentukan solusi hingga cara pemasaran yang tepat. Data yang didapat perusahaan bermacam-macam, tapi kebanyakan berupa data penjualan hingga konsumen, data tersebut kemudian diolah sedemikian rupa agar memunculkan sebuah kesimpulan. Kesimpulan tersebut kemudian digunakan untuk masalah penjualan atau produksi. Bagaimana solusi yang bisa diambil secara tepat, oleh karena itu Jurusan Matematika dan statistik akan banyak dibutuhkan di masa depan.

3. Keperawatan

Di bidang kesehatan, jurusan Keperawatan paling banyak dicari. Selama manusia masih bisa sakit, kebutuhan tenaga kesehatan akan selalu dibutuhkan. Selain dokter juga sama pentingnya dalam menangani pasien yang sakit. Keberadaan perawat sangat membantu tugas dokter serta pasien. Perawat banyak dibutuhkan di berbagai instansi kesehatan Rumah Sakit hingga klinik membutuhkan tenaga keperawatan dalam operasionalnya.

4. Jurusan akuntansi

Untuk menjaga keuangan perusahaan, akuntan sangat berperan penting. Selama instansi dan perusahaan ada lulusan akuntansi akan selalu dibutuhkan. Lulusan akuntansi juga memiliki pilihan profesi yang sangat luas. Mereka bisa berkiprah sebagai pegawai bank, auditor hingga konsultan pajak.

5.  Marketing

Jurusan marketing juga memiliki potensi pekerjaan yang sangat menjanjikan, lulusan jurusan ini diarahkan menjadi seorang marketer yang andal. Tugas dari marketer adalah membuat strategi pemasaran sebuah produk marketer. Juga bertugas memaksimalkan pendapatan dengan berbagai strategi marketing.

Seorang marketer harus jeli melihat pasar, penjualan produk sekarang bergeser ke online. Para staf marketing dituntut untuk menguasai pasar dari ini maka muncul profesi baru yaitu digital marketer. Profesi ini sekarang banyak dicari perusahaan. Profesi ini juga memanfaatkan banyak platform online dalam pemasaran produk perusahaan.

6. Jurusan psikologi

Lulusan psikologi memiliki beragam pilihan karir yang menjanjikan, di perusahaan-perusahaan psikologi dibutuhkan sebagai bagian dari personalia atau Human Resource. Dibidang kesehatan lulusan jurusan ini bisa menjadi seorang psikolog membantu pasien yang memiliki gangguan mental.

Untuk bisa sembuh melalui sebuah konsultasi beberapa sekolah juga membutuhkan lulusan psikologi sebagai bagian dari konseling siswa. Banyaknya pilihan profesi membuat jurusan psikologi banyak dibutuhkan di masa depan.

Itulah beberapa jurusan kuliah yang banyak diminati di masa depan. Bila anda bukan bagian dari jurusan yang di sebutkan diatas. Anda juga jangan khawatir, tetap tingkatkan softskill pengalaman dan kemampuan agar anda bisa siap dalam menghadapi dunia kerja. Semoga bermanfaat.