Tantangan Terberat yang Harus Dihadapi Fresh Graduate Saat Mencari Kerja

 https://www.pernando413.com/2023/01/tantangan-terberat-yang-harus-dihadapi.html

Tantangan Terberat yang Harus Dihadapi Fresh Graduate Saat Mencari Kerja - Baik faktor internal maupun eksternal, fresh graduate menghadapi banyak tantangan saat mencari kerja. Pekerjaan pertama sebagai fresh graduate akan berdampak signifikan pada jenjang karir. Hal ini juga menjadi tantangan saat mencari kerja, sekaligus menjadi alasan sulitnya mendapatkan pekerjaan pertama.

Tidak Berpengalaman

Dari sekian banyak Fresh Graduate yang melamar pekerjaan, perekrut biasanya lebih memilih kandidat dengan sedikit pengalaman kerja di industri atau bidang yang sama. Tidak dapat disangkal bahwa mendapatkan nilai bagus dan lulus dari universitas ternama akan membantu. Namun, pengalaman kerja yang nyata akan membuat Anda lebih cepat dilirik dan mudah diterima. Anda bisa mendapatkan pengalaman ini melalui magang dan/atau berpartisipasi dalam proyek dengan dosen.

Harapan yang Berlebihan

Saat Anda baru mecari kerja, fresh graduate biasanya sudah memiliki posisi ideal atau pekerjaan impian yang ingin dicapai.Bahkan jika Anda mendapatkan gelar dan nilai bagus, dengan kurangnya pengalaman dan sedikit koneksi, tidaklah realistis untuk langsung terjun ke pekerjaan impian Anda. Mendapatkan pekerjaan yang Anda impikan adalah hal yang baik dan bisa menjadi kenyataan. Namun itu adalah ekspektasi, bukan aturan dan Anda harus realistis dalam menentukan pilihan karir.

Sedikit Atau Tidak Ada Arah

Biasanya para fresh graduate mengalami kesulitan dan kebingungan akan melakukan apa setelah lulus. Kebingungan seperti melanjutkan studi atau bekerja dan mencari pengalaman terlebih dahulu biasanya terjadi setelah Anda resmi menjadi fresh graduate. Kebingungan ini bukanlah sesuatu yang mudah dipecahkan dan diberi solusi. Ini karena jalur karir dan titik awal setiap orang berbeda.

Sebagai seorang fresh graduate, sebelum terjun ke dunia kerja, maka Anda bisa mulai mempelajari hal-hal baru dengan bergabung ke komunitas, mengikuti kelas pengembangan keterampilan tertentu, dan menjalin koneksi sehingga Anda lebih percaya diri untuk melangkah ke mana.

Persaingan Ketat

Salah satu tantangan paling terbesar bagi fresh graduate saat mencari kerja adalah tingginya persaingan. Banyaknya fresh graduate yang lulus sekaligus membuat peluang kerja semakin sulit akibat ketatnya persaingan. Beberapa industri bahkan memiliki persaingan yang lebih ketat, sehingga tidak mudah bagi fresh graduate untuk menonjol dan memiliki kesempatan untuk dipilih.

Apa Saja Tantangan Terberat yang Harus Dihadapi Fresh Graduate Saat Mencari Kerja?

Sulit Untuk Dinegosiasikan
Hal penting yang lainnya dalam dunia kerja tentunya adalah salah satu kompensasi pendapatan dan gaji dari perusahaan. Besaran gaji pertama yang Anda dapatkan akan menjadi titik awal, karena keuntungan pekerjaan setelahnya juga dipengaruhi oleh besaran gaji Anda sebelumnya.

Banyak fresh graduate yang tidak paham cara negosiasi gaji.Fresh graduate cenderung tidak menegosiasikan gaji dengan baik karena takut dianggap tidak sopan. Padahal sebenarnya mereka juga ingin tahu bagaimana Anda memahami sejauh mana nilai dan keterampilan Anda.

Kurang Percaya Diri dan Keterampilan Wawancara
Keyakinan penting bagi fresh graduate yang telah mencapai tahap wawancara. Seseorang dengan kepercayaan diri yang tinggi akan dianggap lebih inovatif dan dapat menghadapi situasi kritis. Banyak fresh graduate tidak dapat menghadapi tantangan ini dengan baik. Jangan sampai karena tidak merasa percaya diri, Anda melepaskan kesempatan besar untuk mendapatkan pekerjaan.

Perubahan Wilayah Kerja
Sebagai fresh graduate, Anda akan rentan untuk berpindah industri atau bidang pekerjaan. Sebab, jika mengandalkan gelar dan minat pada bidang tertentu, belum tentu banyak peluang kerja dan karir. Pertimbangan pindah lapangan kerja menjadi tantangan bagi fresh graduate. Selain harus beradaptasi, tentunya Anda harus melatih keterampilan baru untuk bisa mendapatkan pekerjaan.

Kesulitan dalam Fase Dewasa
Pintar-pintar kuliah saja tidak menjamin bisa melewati fase transisi dan pendewasaan dengan baik atau lancar. Selama fase pendewasaan ini, Anda akan merasakan kurangnya arah dan batu loncatan yang membuat Anda tetap termotivasi dalam mencari pekerjaan. Perusahaan cenderung memiliki lebih banyak tuntutan pada karyawannya dan keseimbangan kehidupan kerja menjadi sulit dicapai.

Belum lagi kewajiban tambahan lainnya seperti membayar biaya hidup sendiri, proses pendewasaan ini bisa menjadi tantangan terberat bagi fresh graduate saat mencari kerja. Itulah ulasan tentang tantangan terberat yang harus dihadapi Fresh Graduate saat mencari kerja. Semoga bermanfaat.