Pertimbangan Sebelum dan Saat Meminta Surat Rekomendasi

 https://www.pernando413.com/2023/01/pertimbangan-sebelum-dan-saat-meminta.html

Pertimbangan Sebelum dan Saat Meminta Surat Rekomendasi - Saat melamar pekerjaan, Anda mungkin diminta untuk menyertakan surat rekomendasi. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat meminta surat rekomendasi dari seseorang. Salah satunya adalah dengan mempertimbangkan apakah seseorang layak dan cocok untuk memberikan rekomendasi.

Pertimbangan Sebelum Meminta Surat Rekomendasi

Kelayakan untuk Memberikan Rekomendasi
Hal terpenting untuk diperiksa sebelum meminta Surat Rekomendasi kepada siapa pun adalah apakah mereka memenuhi syarat untuk memberi Anda rekomendasi. Surat rekomendasi adalah dokumen yang ditulis oleh orang-orang yang lebih senior di dunia akademis atau profesional.

Oleh karena itu, surat rekomendasi harus ditulis oleh dosen atau supervisor perguruan tinggi Anda selama magang. Dosen atau atasan ini tentu mampu menjamin bahwa Anda memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk bisa bekerja sehingga layak memberikan rekomendasi untuk Anda.

Apa Saja yang Bisa Direkomendasikan
Selain mempertimbangkan kelayakan seseorang untuk memberikan rekomendasi, Anda juga harus memperhatikan apa saja yang bisa direkomendasikan. Secara umum, rekomendasi yang bisa Anda minta adalah mengenai hard skill dan soft skill. 

Meski begitu, ingatlah bahwa keterampilan yang divalidasi harus relevan dengan keterampilan yang akan digunakan di tempat kerja nanti. Jangan meminta rekomendasi keterampilan yang tidak akan digunakan dalam pekerjaan yang Anda lamar.

Lamanya Waktu yang Dihabiskan Bersama
Jika Anda menghabiskan waktu lama dengan seseorang, orang itu juga akan mengenal Anda lebih dalam juga. Orang yang cocok sebagai pemberi rekomendasi adalah mereka yang banyak menghabiskan waktu bersama Anda. 

Mungkin ketika Anda kuliah Anda mengerjakan penelitian dengan pembimbing atau mengerjakan proyek jangka panjang dengan pembimbing. Orang-orang ini lebih cenderung memberikan rekomendasi karena mereka berhubungan langsung dengan Anda.

Banyak Proyek Dikerjakan Bersama
Jumlah proyek yang dikerjakan harus menjadi salah satu pertimbangan. Surat rekomendasi digunakan untuk memvalidasi bahwa Anda benar-benar memiliki keahlian seperti yang tertulis di CV atau surat lamaran. Jika memiliki banyak proyek yang Anda kerjakan dengan pemberi rekomendasi, maka perekrut akan percaya bahwa rekomendasi mereka dibuat dengan pengalaman langsung. 

Apa Saja Pertimbangan Sebelum dan Saat Meminta Surat Rekomendasi?
Terlebih lagi, mungkin Anda juga pernah mengerjakan proyek yang melebihi target atau selesai sebelum tenggat waktu yang diberikan. Hal positif ini bisa menjadi poin plus yang bisa ditonjolkan. Oleh karena itu, rekomendasi yang baik datang dari orang yang mengetahui kualitas terbaik Anda.

Pertimbangan Saat Meminta Surat Rekomendasi

Isi Pesannya Meminta Surat Rekomendasi
Surat rekomendasi tentu tidak bisa dilakukan sembarangan. Banyak yang masih bingung dengan struktur dan isi surat rekomendasi. Dalam surat rekomendasi, Anda bisa mulai dengan menceritakan bahwa pengalaman Anda dengan profesor atau atasan Anda adalah waktu yang berharga. Setelah itu, tuliskan alasan Anda mengapa dosen atau atasan Anda cocok untuk memberikan rekomendasi.

Untuk memberikan gambaran, maka Anda bisa membuat poin-poin penting yang perlu dituliskan dalam surat rekomendasi. Jangan pernah  lupa juga untuk memberikan informasi seperti deadline pengiriman agar para pemberi rekomendasi dapat mengatur jadwal penulisannya. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari meminta surat rekomendasi yang terlalu dekat dengan tenggat waktu.

Kata-Kata yang Digunakan
Setelah selesai menulis pesan yang akan dikirim, Anda harus memperhatikan sekali lagi kata-kata yang Anda gunakan. Hindari kata-kata yang tidak sopan dan dapat membingungkan dosen atau atasan Anda. Ingat juga untuk mengecek apakah gaya bahasa yang digunakan formal atau tidak. Tak lupa kami ucapkan terima kasih atas waktu dan kesediaannya untuk menulis surat rekomendasi.

Platform untuk Meminta Surat Rekomendasi
Pertimbangan lain ketika ingin meminta surat rekomendasi adalah mengetahui platform yang digunakan. Umumnya pengiriman surat rekomendasi menggunakan email karena merupakan hal yang formal. Namun, ada juga yang meminta melalui WhatsApp. Jika Anda tidak memiliki alamat email atau nomor WhatsApp pemberi rekomendasi, Anda dapat mencoba mencari terlebih dahulu.

Saatnya Mengirim Surat Rekomendasi
Menghubungi pemberi rekomendasi juga sebaiknya dilakukan pada jam kerja, seperti menghubungi dosen atau atasan. Waktu untuk menghindari pengiriman pesan adalah akhir pekan dan setelah bekerja atau setelah jam lima sore. Itulah ulasan tentang pertimbangan sebelum dan saat meminta Surat Rekomendasi. Semoga bermanfaat untuk Anda dan saya ucapkan banyak sekali terima kasih.