Cara Terbaik Untuk Mendapat Kerja Saat Resesi Ekonomi

https://www.pernando413.com/2023/01/cara-terbaik-untuk-mendapat-kerja-saat.html

Cara Terbaik untuk Mendapat Kerja Saat Resesi Ekonomi - Isu resesi ekonomi di tahun ini menjadi perbincangan hangat karena diprediksi akan berdampak pada proses pencarian kerja. Namun, ada tips agar Anda tetap bisa mendapatkan pekerjaan saat resesi ekonomi. Sebelum membahas tipsnya, ada baiknya mempelajari lebih dalam tentang kemungkinan terjadinya resesi ekonomi di tahun ini.

Tips Dapat Kerja Saat Resesi Ekonomi

Bersabarlah Saat Mencari Pekerjaan
Saat lowongan pekerjaan semakin menipis, maka persaingan semakin ketat. Hal ini tetunnya mengakibatkan proses rekrutmen menjadi lebih lama dari biasanya. Jadi, mencari pekerjaan di masa resesi membuat Anda harus menjadi pencari kerja terkemuka untuk direkrut oleh perusahaan. 

Untuk menjadi pencari kerja saat Resesi Ekonomi, ada hal yang dapat Anda lakukan yaitu:

• Fleksibel dalam preferensi pekerjaan yang ingin Anda lakukan

• Memperoleh keterampilan dan kualifikasi baru dan mengembangkannya

• Menghabiskan lebih banyak waktu didedikasikan untuk mencari pekerjaan

• Buat resume dan surat lamaran yang menarik

• Memperluas network Anda

Perluas Opsi yang Anda Miliki
Terbuka untuk industri dan posisi yang biasanya Anda "hindari" adalah salah satu tips lainnya untuk mengatasi resesi ekonomi. Pertimbangkan untuk memasukkan pekerjaan lepas ke dalam kontrak dalam pencarian pekerjaan Anda. Biasanya, pekerjaan seperti itu juga akan bisa membantu Anda untuk memperluas network. Hal ini juga membuka kesempatan kerja yang lebih besar. Jadi, pastikan untuk selalu terbuka dengan berbagai pilihan agar Anda bisa mendapatkan lebih banyak peluang.

Perbarui Resume
Memperbarui resume Anda adalah sesuatu yang perlu dilakukan jika Anda ingin dapat bekerja selama resesi ekonomi. Perbarui resume Anda berdasarkan kata kunci yang sering ditemukan di deskripsi pekerjaan yang ingin Anda lamar. Jika pengalaman Anda mencakup berbagai industri. 

Buatlah beberapa versi resume Anda agar bisa sesuai dengan yang mereka inginkan. Misalnya, Anda pernah bekerja di bisnis yang fokus pada bidang B2B dan B2C. Jadi, buatlah resume berbeda yang menggambarkan kemampuan Anda di kedua bidang daripada harus menggabungkannya.

Bagaimana Cara Terbaik untu Mendapat Kerja Saat Resesi Ekonomi?

Bangun Koneksi dengan Perusahaan Impian
Resesi juga bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk membangun koneksi dengan perusahaan impian Anda. Jadi, meskipun perusahaan idaman Anda belum membuka lowongan kerja, cobalah untuk membangun koneksi dengan mereka terlebih dahulu. Beri tahu mereka minat Anda bekerja untuk mereka dan jelaskan apa yang dapat Anda berikan kepada perusahaan impian Anda. Ini membuat Anda selangkah lebih dekat dengan perusahaan impian Anda dari pada pesaing Anda. 

Tidak hanya itu saja, hal yang satu ini juga menunjukkan sikap proaktif Anda sebagai seorang pekerja. Membangun koneksi ke perusahaan impian memberi Anda banyak dampak positif. Hal ini tentunya merupakan kesempatan untuk memperkaya network Anda, meningkatkan karir Anda, serta mewujudkan impian Anda untuk bergabung dengan perusahaan impian Anda. Usaha Anda untuk membangun koneksi juga memperluas talent pool dan memperkuat branding perusahaan.

Tidak hanya itu saja, sikap proaktif ini juga akan membuat Anda dianggap sebagai salah satu aset berharga yang perlu diperoleh perusahaan pada nantinya. Sebab, Anda menunjukkan ketertarikan untuk bekerja di tempat mereka. Hal yang satu ini tentunya memberikan keyakinan perusahaan bahwa Anda akan menjadi karyawan yang memiliki sense of belonging dan loyalitas yang tinggi.

Ikuti Tren Industri
Tips lain untuk dapat bekerja selama resesi ekonomi adalah mengikuti tren industri yang ingin Anda jalani.Untuk melakukan ini, Anda dapat membaca berita. Melakukan hal ini akan memungkinkan Anda untuk bisa mendapatkan pengetahuan tentang industri Anda. Dengan begitu, Anda akan terbantu saat menyusun surat lamaran hingga menjawab pertanyaan wawancara. Memiliki pengetahuan tentang industri Anda juga membuat Anda lebih percaya diri saat mencari pekerjaan.

Mengikuti tren dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan industri. Jadi, Anda bisa menyesuaikan diri dengan menambahkan keterampilan yang di perlukan untuk bisa memenuhi kebutuhan industri. Itulah ulasan tentang cara terbaik untu mendapat kerja saat Resesi Ekonomi. Semoga bermanfaat untuk Anda dan saya ucapkan banyak sekali terima kasih.