Cara Terbaik Untuk Menanyakan Hasil Interview Lewat Whatsapp

https://www.pernando413.com/2023/01/cara-terbaik-untuk-menanyakan-hasil.html

Cara Terbaik untuk Menanyakan Hasil Interview Lewat Whatsapp - Sudah melakukan wawancara, tapi belum ada jawaban? Artikel pada kali ini akan menjelaskannya. Hasil wawancara akan diberikan oleh perusahaan dalam beberapa hari setelah wawancara

Meski begitu, ada juga perusahaan yang tidak akan memberikan informasi hasil wawancara selama berminggu-minggu atau bahkan lebih. Disinilah pencari kerja bisa proaktif dengan menanyakan langsung kepada perekrut bagaimana hasil wawancaranya. Namun, ada beberapa hal yang masih perlu diperhatikan. 

Berikut adalah cara terbaik untuk menanyakan Hasil Interview Lewat Whatsapp yang perlu Anda ketahui pada sebelumnya:

Cara Meminta Hasil Wawancara Melalui Whatsapp
Beberapa pelamar kerja bahkan tidak sabar untuk menunggu kabar baik secara berlebihan, sehingga ketika mengetahui dirinya ditolak, maka mereka akan merasa sangat kecewa sekali. Semua masalah tentu ada solusinya, termasuk kejelasan tentang nasib Anda. 

Menanyakan kepada HRD tentang kejelasan dan kelanjutan wawancara tidak hanya memberikan kejelasan dan ketenangan. Namun hal ini juga akan memberikan kesan bahwa seseorang sangat antusias bekerja di suatu perusahaan.

Tanyakan di Akhir Sesi Wawancara
Langkah-langkah untuk menindaklanjuti wawancara kerja sebaiknya dimulai pada saat sesi berakhir, dengan memanfaatkan kesempatan untuk bertanya. Biasanya semua HRD akan berkata 'ada pertanyaan?'. Ini adalah waktu yang sangat tepat sekali untuk menanyakan alur penerimaan ke tahap selanjutnya, pastikan HRD memberikan informasi kapan harus dihubungi kembali. 

Jangan hanya duduk menunggu dan tidak melakukan apa-apa. Dengan begitu, seseorang akan tahu kapan waktu yang tepat menghubungi HRD untuk kejelasan nasib. Tentunya setiap orang tidak ingin digantung terus menerus tanpa kepastian yang jelas karena hal ini akan sangat merugikan bagi Anda.

Menggunakan Email, Whatsapp, atau Telepon
Padahal, media yang paling santun untuk menyampaikan pertanyaan dan informasi lainnya adalah dengan menggunakan email. Jika tidak memungkinkan untuk disampaikan melalui email, maka gunakan saja WhatsApp atau telepon. 

Karena perusahaan profesional biasa akan lebih menggunakan email sebagai sarana berkomunikasi dengan sesama karyawan atau dengan pihak eksternal. Jangan langsung menelepon karena hal yang satu bisa dianggap tidak sopan oleh pihak kantor yang dilamar.

Bagaimana Cara Terbaik untuk Menanyakan Hasil Interview Lewat Whatsapp?

Gunakan Bahasa yang Sopan
Pencari kerja tidak akan rugi jika bisa meminta hasil wawancara. Hal yang perlu diingat adalah gunakan kata atau kalimat yang sopan. Anda tidak boleh bertanya secara gamblang “apakah saya diterima?” atau "apakah saya ditolak". 

Sama seperti menulis dokumen formal, Anda harus menyertakan salam pembuka dan penutup serta ucapan terima kasih. Dengan begitu, Anda tetap dianggap sebagai pencari kerja profesional dan dapat meningkatkan peluang Anda untuk dilamar.

Tulis Salam Anda dengan Nada Sopan
Anda harus menyebutkan kata pembuka seperti “good morning, Mr/Ms X” atau “dear Mr./Ms. X”. Kemudian dilanjutkan dengan mengucapkan terima kasih atas kegiatan wawancara yang sudah dilakukan, setelah itu barulah Anda masukkan maksud dari pesan tersebut yaitu menanyakan hasil wawancara dengan nada santun. Anda bisa bertanya dengan kalimat seperti: "Melalui pesan ini, saya bermaksud menanyakan kelanjutan proses seleksi saya setelah melakukan wawancara kerja."

Masukkan Salam Penutup
Cara menanyakan hasil wawancara lewat whatsapp yang selanjutnya tentunya tidak berakhir dengan tujuan pesan tersebut. Sebelum mengirim pesan, pastikan ada surat semangat kerja dan juga salam penutup. 

Kalimat semangat dan salam penutup yang dapat dituliskan adalah sebagai berikut: “Dengan minat saya di bidang ini. Saya berharap segera mendapatkan keputusan Bapak/Ibu. Demikian yang ingin saya sampaikan. Kepada Tuan/Nyonya. X saya ucapkan terima kasih.

Kirim Pesan Pada Waktu yang Tepat
Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah waktu yang tepat untuk mengirim pesan. Harus diingat bahwa Anda dapat menindak lanjuti atau meminta hasil wawancara jika waktu yang diberikan oleh perekrut sudah lewat.Tindak lanjut atas hasil wawancara sebaiknya dilakukan satu atau dua hari kerja. 

Selain itu, kandidat disarankan untuk mengirimkan pesan kepada perekrut selama jam kerja. Itulah ulasan cara terbaik untuk menanyakan Hasil Interview Lewat Whatsapp. Semoga bermanfaat.