Cara Terbaik untuk Membuat CV Fungsional yang Menarik

https://www.pernando413.com/2023/01/cara-terbaik-untuk-membuat-cv.html

Cara Terbaik untuk Membuat CV Fungsional yang Menarik - Tahukah Anda bahwa sebenarnya ada lebih dari satu jenis CV? Contoh CV yang sering kita lihat adalah CV kronologis, namun ada juga jenis CV lainnya seperti CV fungsional. Saat ini CV fungsional merupakan jenis CV yang lebih banyak digunakan oleh pencari kerja yang ingin melamar posisi entry level dan juga kalangan fresh graduate.

Apa Itu CV Fungsional?
Secara umum, CV Fungsional adalah daftar riwayat hidup yang dapat digunakan untuk pencari kerja atau lulusan baru yang kurang atau tidak memiliki pengalaman kerja formal. CV jenis ini memiliki fokus untuk menunjukkan keahlian atau keahlian seseorang di bandingkan dengan lamanya bekerja. 

Dengan fokus tersebut, maka bisa dibilang bahwa CV jenis ini pasti akan sangat cocok untuk para pencari kerja yang takut dianggap tidak berpengalaman karena tidak memiliki riwayat kerja formal. Namun, keahlian yang akan dituliskan pada CV ini harus tetap relevan dengan posisi yang dilamar.

Cara Menulis CV Fungsional

CV Tidak Kalah Pentingnya dengan Keterampilan dan Pengalaman. Mencoba mencari pengalaman kerja sana sini hanya untuk memperbaiki isi CV. Mengapa CV menjadi hal terpenting dalam mencari pekerjaan? Bukankah keterampilan lebih penting? Jangan salah, skill dan CV memiliki peran yang sama pentingnya. Namun perlu Anda ketahui bahwa tanpa CV, perusahaan tidak akan mengetahui pengalaman dan keahlian apa yang Anda miliki sebelumnya. 

Apakah relevan dengan posisi yang mereka cari atau sebaliknya. Bisa dibilang CV adalah garis besar ringkasan dari identitas dan pengalaman kerja yang Anda miliki pada sebelumnya. Tidak mungkin kalau Anda harus unjuk kebolehan secara langsung ketika ada di depan HRD? Dan saat itulah CV berperan penting dalam menciptakan citra kualitas diri Anda untuk pertama kali di hadapan HRD. 

Itulah mengapa akan sangat penting sekali bagi Anda untuk mulai membangun CV Anda dari sekarang. Namun Anda jangan pernah khawatir, bagi Anda yang masih bingung harus mulai dari mana dalam menyusun CV. Berikut penjelasan tutor cara membuat CV fungsional yang menarik.

Bagaimana Cara Terbaik untuk Membuat CV Fungsional yang Menarik?

Sertakan Informasi Kontak
Saat melamar pekerjaan, tentunya Anda tidak ingin perusahaan menghubungi orang yang salah? Oleh karena itu akan sangat penting bagi Anda untuk mencantumkan informasi kontak yang jelas dan detail. Anda juga harus menyertakan nama, nomor telepon, dan alamat email profesional. 

Sebisa mungkin, gunakan email Anda dengan nama pengguna formal, bukan email dengan nama pengguna konyol yang penuh tanda baca. Jika ingin memudahkan HRD untuk melihat portofolio Anda, boleh banget Anda menyertakan link website portofolio yang Anda miliki di bagian ini.

Buat Resume
Bagian ini tepat di bawah informasi kontak. Lebih sering disebut sebagai ringkasan profesional atau sorotan karier. Di sini Anda dapat membuat ringkasan singkat yang membangun keingintahuan dan minat pemberi kerja. 

Bisa dibilang Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 6 detik saja, untuk membuat si pemilik karya melirik Anda. Manfaatkan bagian ini dengan baik. Karena bisa jadi perusahaan langsung terkesan melihat lebih lengkap CV Anda karena diksi Anda diolah di sini.

Sertakan Keterampilan
Banyak orang mengatakan bahwa keterampilan sangat penting. Tidak heran jika anak-anak generasi milenial kini berlomba-lomba untuk mendaftarkan diri untuk mengikuti magang atau bahkan ikut magang. Untuk apa itu dilakukan? 

Ya betul sekali, untuk membangun skill dan pengalaman yang akan dituangkan dalam CV ini. Ada tiga jenis keterampilan yang dapat dicantumkan dalam CV, yaitu keterampilan terkait pekerjaan, keterampilan pribadi, dan keterampilan yang dapat dialihkan. 

Tuliskan Prestasi
Sangat penting bagi Anda untuk membuat daftar pencapaian yang telah dicapai. Ini bisa menjadi senjata ampuh untuk memenangkan hati para perekrut kerja. Bisa dibilang jika pencapaian ini bisa menjadi gambaran bagaimana usaha Anda dalam mencapai tujuan yang ada beserta hasilnya. 

Karena tanpa disadari, perekrut kerja juga perlu melihat seberapa kompeten Anda. Atau bahkan ini bisa dijadikan jalan pintas bagi para perekrut untuk mengenal kepribadian Anda lebih dalam. Itulah ulasan tentang cara terbaik untuk membuat CV Fungsional yang Menarik. Semoga bermanfaat.