Benar Atau Tidak Garis Warna Pada Telapak Ban Sebagai Penanda Ban Baru

 https://www.pernando413.com/2023/01/benar-atau-tidak-garis-warna-pada.html

Kali ini kita akan membahas mengenai garis berwarna pada telapak ban!!
 
Ketika Anda membeli ban baru coba perhatikan kenapa ada garis warna melingkar ke seluruh permukaan telapak ban. Sebetulnya apa fungsi dari garis warna tersebut?

Berikut penjelasannya, satu garis berwarna bukan untuk kepentingan konsumen. Apakah garis berwarna tersebut, artinya ban baru secara umum. Namun peruntukannya bukan sebagai penanda ban baru. Kebetulan saja pas beli ban baru garis tersebut ada di ban, sehingga seolah pertanda ban baru. Mengapa kebetulan, karena beberapa merk ban, walaupun baru tetapi tanpa garis berwarna.

Jadi penggunaan garis warna tersebut untuk kepentingan pabrikan saat membuat atau memproduksi ban, dua warna untuk identitas telapak ban. Setiap ban terdiri dari berbagai komponen, salah satunya adalah telapak. Proses pembuatan telapak atau extruding adalah proses awal pemberian kode warna yang nantinya akan digunakan juga pada proses berikutnya.

Kode telapak jika disamakan dengan ukuran ban maka akan terlalu panjang dan kemungkinan besar bisa salah dengan mengganti ukuran ban dengan kode warna akan memudahkan kontrol secara visual. Pada prakteknya setiap komponen telapak akan diberi warna yang berbeda untuk setiap ukuran. Jadi walaupun ada ratusan ukuran ban secara umum kode warnanya tidak akan sama.

Perakitan telapak pada proses perakitan atau building telapak akan disatukan dengan komponen lain. Telapak akan dipotong dan disambung membentuk lingkaran. Saat penyambungan ini haruslah tepat dan simetris dengan adanya warna pada telapak maka akan membantu saat proses penyambungan.

Selain itu pada proses building ini terdapat sensor untuk mengarahkan ke titik pusat atau center telapak ban. Hal ini dikarenakan warna pada telapak tidak mesti ada di tengah kelapa, tetapi bisa di pinggir tempat pemasangan ban untuk menghasilkan bahan seperti yang kita lihat.

Maka ban perlu dimasak dalam cetakan, pada saat pemasakan ban posisi bahan mentah atau berinteraksi haruslah cocok dengan cetakannya. Salah satu cara untuk menentukan posisi ban sudah benar pada cetakan sebelum dimasak adalah dengan melihat posisi warna telapaknya. Dengan demikian akan mempermudah saat proses pemasakan.

Penyimpanan ban di gudang

Ban bisa berisi ribuan ban dari berbagai ukuran, akan sangat memusingkan jika harus menghafalkan ukuran atau bentuk telapaknya. Dengan adanya warna ini akan sangat membantu saat penyusunan, penyimpanan dan pengambilan ban. Kode warna yang sama bisa dipastikan pasti ukurannya sama.

Demikian pula sebaliknya jika ada warna yang tidak sama dalam satu rak maka ban tersebut pasti terselip. Demikian tadi penjelasan singkat mengenai warna pada telapak ban baru. Semoga bermanfaat.