Pengertian Blockchain Lengkap dengan Cara Kerjanya

 https://www.pernando413.com/2022/11/pengertian-blockchain-lengkap-dengan.html

Pengertian Blockchain Lengkap dengan Cara Kerjanya - Blockchain adalah cara penyimpanan data secara digital yang saling terhubung dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Perkembangan teknologi ini populer karena banyak digunakan. Penggunaan blockchain sendiri tidak terlepas dari cryptocurrency, meskipun sebenarnya banyak bidang lain yang menggunakan teknologi ini. 

Salah satu alasan yang paling mendasar mengapa teknologi yang satu ini memiliki banyak pengguna adalah karena ada banyak orang yang menganggap sistemnya lebih transparan, serta mampu menghasilkan keuntungan. Berikut adalah Pengertian Blockchain lengkap dengan cara kerjanya:

Pengertian Blockchain

Dilihat dari namanya sendiri, blockchain adalah salah satu hal yang terdiri dari dua kata, yaitu block yang berarti kelompok dan chain yang berarti rantai. Jika melihat dari kedua kata tersebut, arti dari blockchain adalah sebuah kelompok yang saling terhubung seperti sebuah rantai. Blockchain ini sendiri merupakan salah satu teknologi penyimpanan data digital yang media penyimpanannya akan saling terhubung. Data yang disimpan bisa bermacam-macam, tergantung kebutuhan.

Cara Kerja Blockchain

Penjelasan singkat tentang cara kerja blockchain adalah di mana satu perangkat akan terhubung ke perangkat lain untuk merekam dan memeriksa data satu sama lain. Penggunaan paling sering dan populer dari teknologi ini adalah dalam kripto. 

Untuk lebih jelasnya berikut adalah alur dan cara kerja dari teknologi blockchain yang satu ini:

• Pertama, toko menerima pembayaran melalui Bitcoin.

• Kemudian, datanglah sebuah pelanggan yang ingin membeli dan membayar dengan menggunakan Bitcoin.

• Pemilik toko memberikan alamat dompetnya. Kemudian pembeli melakukan pembayaran ke alamat tersebut. Transaksi itu terjadi.

Transaksi yang satu ini akan segera dikirimkan dalam bentuk permintaan yang nantinya akan segera dikirimkan ke rekening dari para penambang Bitcoin. Penambang Bitcoin ini sendiri adalah orang atau kelompok yang memiliki perangkat khusus untuk melakukan perhitungan matematis dari setiap transaksi bitcoin. Mereka juga adalah salah satu bagian dari blok dan akan membentuk rantai.

Apa Pengertian Blockchain Lengkap dengan Cara Kerjanya?

Para penambang akan menghitung nilai Bitcoin yang baru dikirim berdasarkan kombinasi dan konversi yang ada. Setelah mendapatkan nilai, maka blok baru akan dibuat. Blok ini akan digunakan sebagai tempat untuk menyimpan data transaksi antara pembeli dan pemilik toko. Setelah itu, transaksi akan diverifikasi. Dan jumlah Bitcoin di dompet pemilik toko akan meningkat.

Keuntungan Blockchain

Sistem Lebih Transparan
Salah satu keunggulan paling terbaik dari teknologi ini yang membuatnya memiliki banyak peminat adalah karena sistemnya yang lebih transparan. Ini terutama benar dalam masalah kripto. Setiap transaksi yang menggunakan teknologi blockchain dapat dilihat oleh masyarakat umum.

Masyarakat bisa leluasa mengecek transaksi yang terjadi. Mereka dapat memeriksa bahkan lebih bebas karena tidak perlu memiliki akses untuk login. Sistem seperti itu juga membuat uang logam milik seseorang tidak dapat digunakan untuk keperluan apapun tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Sistem Perlindungan Lebih Baik
Di banyak sistem yang ada, blockchain adalah salah satu hal yang dianggap memiliki struktur sistem yang lebih aman. Ini juga membuat perlindungan data yang disimpan menggunakan blockchain menjadi lebih aman. Dalam penerapannya, teknologi blockchain ini menggunakan sistem verifikasi oleh penambang atau miner sebelum data atau transaksi masuk ke proses selanjutnya.

Bahkan jika Anda melihat jauh lebih dalam, struktur database blockchain ini memiliki fitur untuk bisa menambahkan data dan tidak ada fitur untuk mengedit. Dengan tidak adanya fitur edit, ini berarti tidak ada yang dapat mengubah data. Dengan demikian, potensi peretas untuk masuk lebih kecil.

Sistem Audit yang Lebih Baik
Jika melihat dua keunggulan sebelumnya, maka ini juga akan menghasilkan sistem audit yang jauh lebih baik.Ini juga salah satu keunggulan teknologi blockchain. Ketika semua orang dapat melacak dan melihat semua data transaksi, audit juga dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Selain itu, potensi kehilangan data juga lebih kecil. Ini karena data base hanya dapat menambahkan data. Basis data tidak dapat dihapus dan tidak ada fitur untuk mengedit atau mengubah data. Itulah ulasan tentang Pengertian Blockchain lengkap dengan cara kerjanya. Semoga bermanfaat.