Manfaat Terbaik dari Financial Check Up dan Cara Melakukannya

 https://www.pernando413.com/2022/11/manfaat-terbaik-dari-financial-check-up.html

Manfaat Terbaik dari Financial Check Up dan Cara Melakukannya - Seperti halnya kesehatan tubuh, kondisi keuangan juga perlu diperiksa kesehatannya. Dimana kegiatan audit keuangan ini dikenal dengan istilah financial check up. Sekalipun Anda memiliki siklus keuangan yang baik dan disiplin dalam mengelola tabungan, Anda tetap perlu memeriksa kondisi keuangan Anda minimal setahun sekali. Ini akan membantu Anda mengetahui setiap uang yang akan Anda belanjakan sebelumnya.

Apa Itu Financial Check Up?
Financial Check Up adalah upaya untuk memeriksa atau mengecek kondisi keuangan dalam jangka waktu tertentu. Upaya pengecekan ini bertujuan untuk meninjau kondisi keuangan dalam 12 bulan terakhir dan melihat apakah Anda masih berada di jalur yang benar dalam mengelola keuangan. Ada beberapa hal yang perlu diperiksa saat melakukan audit keuangan, seperti pendapatan dan pengeluaran rutin, utang, aset, aset dan investasi, rasio aset lancar, hingga rasio tabungan. 

Anda juga perlu memastikan bahwa dana darurat Anda masih aman. Seperti yang telah disebutkan pada sebelumnya, pemeriksaan keuangan sangat perlu untuk dilakukan setidaknya setahun sekali atau setelah peristiwa besar, seperti pernikahan atau persalinan. Jika Anda tinggal bersama pasangan atau keluarga, maka Anda bisa melakukan sebuah pemeriksaan keuangan bersama. Sedangkan jika Anda tidak tinggal bersama orang lain, maka Anda bisa melakukannya sendiri.

Manfaat Melakukan Financial Check Up

Dengan melakukan financial check up, setidaknya Anda akan mendapatkan tiga manfaat, yaitu:

Mengetahui Pengeluaran Secara Detail
Anda mungkin merasa uang dari gaji Anda cepat habis. Misalnya, ketika Anda dibayar pada tanggal 1 setiap bulannya, tetapi telah kehabisan uang di tengah bulan. Ini bisa jadi karena Anda tidak rutin mencatat pengeluaran. Pemeriksaan keuangan akan membantu Anda mengetahui pengeluaran. Anda juga dapat mengetahui item pengeluaran mana yang banyak menghabiskan anggaran.

Mengontrol Pengeluaran
Dengan mengetahui rincian pengeluaran yang Anda miliki, maka Anda dapat mengontrol dan menyesuaikan item pengeluaran Anda agar lebih sesuai dengan pendapatan Anda. Anda juga bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan pengeluaran yang dianggap kurang penting pada selama ini. Dengan begitu, maka Anda akan bisa menyisihkan anggaran untuk hal lain yang lebih penting.

Apa Saja Manfaat Terbaik dari Financial Check Up dan Cara Melakukannya?

Mempersiapkan Keuangan Masa Depan
Ketika Anda mampu dalam mengontrol pengeluaran Anda, maka keuangan masa depan Anda akan cenderung lebih aman. Sebab, Anda bisa menyisihkan dana dengan tepat untuk kebutuhan masa depan. Apalagi jika Anda berencana untuk menikah, memiliki anak, membeli rumah, atau membeli mobil, dimana rencana tersebut dapat menjadi bagian dari perencanaan keuangan.

Cara Melakukan Pemeriksaan Keuangan

Periksa Semua Pendapatan dan Pengeluaran
Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mencatat semua sumber pendapatan. Kumpulkan semua entri ke dalam satu catatan, termasuk entri rutin dan non-rutin. Kumpulkan juga semua pengeluaran, baik rutin maupun non-rutin, dan gabungkan menjadi satu catatan juga. 

Uraikan semua pengeluaran yang Anda miliki, termasuk sebuah pengeluaran untuk perumahan, makanan, internet, sekolah, dan lain sebagainya. Anda juga dapat menandai barang-barang dengan pengeluaran paling terbesar agar bisa dievaluasi dan disesuaikan pada nantinya.

Periksa Jumlah Hutang dan Tanggungan
Dari total pengeluaran, ketahuilah berapa hutang atau tanggungan yang Anda miliki. Jika Anda masih memiliki utang, periksa secara berkala progres pembayaran utang tersebut. Pastikan utang menjadi prioritas utama yang dibayar agar tidak membengkak terus, apalagi utang yang disertai bunga.

Periksa Penggunaan Asuransi
Penggunaan asuransi tentunya akan dapat membantu Anda ketika menghadapi sebuah kondisi yang tidak menyenangkan, seperti sakit, operasi, atau kecelakaan. Kondisi ini bisa membuat rencana keuangan Anda berantakan jika tidak menggunakan asuransi. Asuransi tergolong sebagai beban, namun di sisi lain juga berfungsi sebagai investasi untuk menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Karena itu, periksa apakah Anda telah mengalokasikan dana untuk asuransi. Jika tidak, Anda dapat mendaftar untuk program asuransi, tetapi pastikan jumlahnya tidak melebihi anggaran. Itulah ulasan tentang manfaat terbaik dari Financial Check Up dan cara melakukannya. Semoga bermanfaat.