Definisi, Tugas, dan Skill yang Dibutuhkan Oleh Seorang Surveyor

 https://www.pernando413.com/2022/11/definisi-tugas-dan-skill-yang.html 

Definisi, Tugas, dan Skill yang Dibutuhkan Oleh Seorang Surveyor - Surveyor ini sendiri merupakan profesi yang sangat erat kaitannya dengan bidang teknik, misalnya teknik sipil, arsitektur, hingga perencana kota. Bekerja langsung di lapangan, mulai dari pembuatan sketsa desain, hingga pengumpulan data elektronik, surveyor memiliki berbagai macam kemampuan dan keahlian.

Definisi Surveyor

Seorang Surveyor adalah salah satu orang yang bertugas menentukan batas-batas suatu properti secara legal. Mereka menyediakan data dan menyusun dokumen hukum berdasarkan hasil survei. Proyek ini dapat berupa konstruksi, pembuatan peta, real estate, dan masih banyak proyek yang lainnya. Surveyor ini juga dapat menjelajahi berbagai bidang dan industri secara sekaligus.

Tugas dan Tanggung Jawab Surveyor
Tugas dari surveyor adalah mengumpulkan informasi atau data melalui site survey atau survey langsung ke lapangan dengan menggunakan berbagai alat. Perusahaan konstruksi membutuhkan surveyor untuk memastikan tidak ada kendala terkait penggunaan lahan dan legalitas.

Sementara itu, instansi pemerintah juga menggunakan surveyor untuk memastikan pembangunan infrastruktur berjalan sesuai regulasi. Namun, tugas utama surveyor kembali bergantung pada industri/bidangnya.

Jadi, berikut adalah beberapa tugas umum seorang surveyor:

•    Melakukan survei di lapangan dengan menggunakan peralatan tertentu

•    Menyiapkan laporan survei berupa sketsa, catatan, dan data

•    Mengoordinasikan staf lapangan dan mengelola data

•    Bekerjasama dengan berbagai pihak di lapangan

•    Memastikan keakuratan data yang diperoleh dari survei, termasuk pengukuran dan perhitungannya

•    Menghitung area survei atau cakupan menggunakan perangkat lunak

•    Menyiapkan dokumen terkait survei lapangan dan mempresentasikan temuan di lapangan kepada klien

•    Lihat data historis dari lokasi survei untuk menyelesaikan analisis

•    Up to date dengan teknologi yang dapat mendukung kegiatan survey

Skill yang Harus Dimiliki Surveyor

Memperhatikan Detail
Surveyor harus memperhatikan pekerjaannya dengan tepat dan akurat. Di lapangan mereka harus mengumpulkan data yang tepat dengan pengukuran. Selain itu, surveyor membutuhkan kemampuan ini untuk dapat mengidentifikasi perbedaan data dan kondisi saat melakukan survey.

Kemampuan Fisik yang Baik
Bekerja sebagai surveyor mengharuskan Anda berada di lapangan, mengunjungi lokasi proyek, hingga melakukan survei langsung.Lingkup pekerjaan surveyor membutuhkan ketahanan fisik yang baik. Aktivitas lainnya seperti berjalan cukup jauh, navigasi, hingga pengukuran langsung.
Apa Saja Definisi, Tugas, dan Skill yang Dibutuhkan Oleh Seorang Surveyor?

Manajemen Waktu
Mampu mengatur waktu adalah hal salah satu hal krusial yang harus dimiliki seorang surveyor. Timeline kerja bagi seorang surveyor merupakan hal yang penting. Mereka harus mengatur waktu agar pekerjaan di lapangan bisa berlangsung sesuai jadwal dan bisa selesai sebelum deadline. Apalagi jika survei dilakukan pada jam-jam khusus, maka manajemen waktu tentu sangat penting.

Tips Menjadi Surveyor yang Baik

Berikut adalah beberapa tips untuk menjadi surveyor yang baik:

Memahami Tugas dan Karir Seorang Surveyor
Tips pertama untuk menjadi seorang surveyor yang baik adalah Anda harus memahami tugas dan karir surveyor pilihan Anda karena hal ini sangat penting sekali. Misalnya, tugas dan tanggung jawab pekerjaan yang akan Anda lakukan nanti. 

Anda juga harus tahu akan bekerja dimana nantinya, karena pada umumnya surveyor memang bekerja di lapangan, namun ada juga surveyor yang bekerja di kantor. Sangat penting juga untuk mengetahui jalur karir posisi surveyor pilihan Anda. 

Ikuti Pendidikan dan Sertifikasi yang Diperlukan
Pekerjaan sebagai seorang surveyor pada umumnya akan membutuhkan keterampilan dasar yang dapat diperoleh melalui pendidikan sehingga akan membutuhkan gelar dari universitas. Sedangkan untuk hal teknis yang lainnya bisa Anda dapatkan dengan cara lain seperti kursus atau sertifikasi untuk bisa mengasah kemampuan sebagai surveyor karena ini merupakan salah satu faktor penting.

Menambah Skill Tambahan untuk Menjadi Surveyor
Selain belajar dan mendapatkan gelar, menambah skill merupakan hal yang sangat disarankan untuk dilakukan agar bisa lebih baik dalam berkarir. Beberapa keterampilan tersebut adalah pengetahuan tentang bangunan dan konstruksi, teliti dan perhatian terhadap detail, keterampilan melayani pelanggan, mampu menggunakan inisiatif, keterampilan berpikir analitis dan kesabaran. Itulah ulasan tentang definisi, tugas, dan skill yang dibutuhkan oleh Seorang Surveyor. Semoga bermanfaat.