Perbedaan Specialist dan Generalist yang Perlu Anda Ketahui

https://www.pernando413.com/2022/11/perbedaan-specialist-dan-generalist.html

Perbedaan Specialist dan Generalist yang Perlu Anda Ketahui - Mungkin Anda sering mendengar tentang specialist dan generalist. Apa yang dimaksud dengan perbedaan ini? Anda pasti pernah melihat atau mendengar kata specialist dan generalist di portal pekerjaan atau lowongan pekerjaan.

Jika dilihat secara lebih detail, maka biasanya kedua kata ini digunakan setelah kata posisi jabatan, bukan? Misalnya, ada lowongan pekerjaan seperti specialist media sosial dan generalist media sosial. 

Berikut adalah perbedaan Specialist dan Generalist yang perlu Anda ketahui pada sebelumnya:

Apa Itu Specialist?
Specialist adalah ahli dalam bidang studi atau pekerjaan tertentu.Karyawan seperti ini biasanya dipekerjakan untuk fokus melakukan satu hal dalam bidang karir tertentu. Posisi specialist membutuhkan sekolah atau kursus tertentu agar bisa mendapatkan keterampilan khusus dan juga sertifikasi. Uniknya, posisi specialist menjadi posisi yang banyak dicari dan berkembang di tahun lalu.

Ini terjadi karena biasanya orang akan mencari seseorang yang ahli dalam suatu hal ketika seseorang ingin ditanya seperti seorang ahli. Contoh karir specialist adalah seorang insinyur perangkat lunak yang bekerja di bidang khusus pengembang front-end atau pengembang back-end tertentu.

Apa itu Generalist?
Seorang generalist memiliki pengetahuan yang luas tentang berbagai topik dan tertarik pada banyak hal. Deneralis disebut sebagai “jack of all trades” yang berarti seseorang dapat melakukan banyak hal dan memiliki pengetahuan yang luas. Kekuatan seorang generalist adalah kemampuannya untuk mengerjakan berbagai tugas dan melihat gambaran yang lebih luas. Jika ingin memasuki bidang ini, Anda harus siap menghadapi kondisi kerja yang dinamis dan mengerjakan banyak tugas sekaligus. 

Selain itu, posisi generalist yang satu ini biasanya hanya membutuhkan keterampilan dasar dalam suatu bidang sehingga karir yang bisa ditempuh juga lebih luas. Karena itu, tidak jarang posisi generalist menjadi posisi di level manajerial atau kepemimpinan yang harus memiliki pengetahuan yang luas dan terus berkomunikasi dengan divisi lain. Namun, seorang generalist akan kesulitan untuk memasuki posisi karir specialist yang membutuhkan keahlian mendalam dalam satu hal.

Apa Saja Perbedaan Specialist dan Generalist yang Perlu Anda Ketahui?

Perbedaan Specialist dan Generalistt

Tingkat Pengetahuan
Dari segi tingkat pengetahuan, specialist ini merupakan jabatan yang membutuhkan pengetahuan yang mendalam dan sempit dalam suatu bidang. Sedangkan generalist memiliki pengetahuan yang lebih luas dalam berbagai bidang sehingga mampu memberikan gambaran yang luas.

Keterampilan yang Dibutuhkan
Dari segi keterampilan, seorang specialist membutuhkan keterampilan tertentu untuk dapat melakukan pekerjaannya secara efektif. Biasanya keterampilan ini diperoleh dari belajar atau kursus sertifikasi. Sedangkan lowongan generalist biasanya membutuhkan berbagai keterampilan, namun tidak perlu memahaminya secara mendalam karena hanya akan digunakan secara dasar.

Prospek Karir
Posisi pekerjaan untuk posisi specialist biasanya hanya dapat diterapkan oleh pencari kerja dengan keterampilan tertentu. Kemudian, jalur karir yang harus diikuti juga tetap. Sedangkan generalist memiliki sebuah prospek karir yang jauh lebih fleksibel karena memiliki berbagai macam keterampilan. Oleh karena itu, jenjang karir yang diperoleh juga bervariasi dan tidak tetap.

Gaji
Dalam hal gaji, pekerjaan specialist memiliki gaji yang lebih tinggi karena membutuhkan latar belakang dan kualifikasi yang lebih tinggi. Sementara itu, pekerjaan generalist memiliki gaji yang relatif lebih rendah karena latar belakang dan kualifikasi yang dibutuhkan lebih rendah.

Apakah yang Dimaksud Menjadi Seorang Specialist atau Generalist?
Specialist adalah seseorang yang memiliki keahlian tertentu (Spesifik) dan sangat ahli dalam hal itu. Pengetahuan seorang specialist umumnya lebih spesifik tetapi sangat dalam. Perkembangan baru untuk industri apa pun dapat menjadi tantangan bagi industri lain tanpa keahlian mendalam dari seorang specialist di dalamnya. 

Dengan demikian, specialist memiliki peran penting dalam industri. Sedangkan generalist yang satu ini adalah salah satu orang yang sangat pandai dalam segala hal. Keahlian generalist cenderung relatif luas dan mempekerjakan seorang generalist bisa sangat bermanfaat. 

Jika suatu pekerjaan tidak memerlukan keahlian mendalam dari keterampilan tertentu, maka seorang generalist dapat memberi perusahaan lebih banyak fleksibilitas, yang dapat menjadi keuntungan besar bagi perusahaan. Itulah ulasan tentang perbedaan Specialist dan Generalist yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat untuk Anda dan saya ucapkan banyak sekali terima kasih.