Tips Ketika Berkomunikasi Secara Efektif Disaat Wawancara Telepon

 https://www.pernando413.com/2022/07/tips-ketika-berkomunikasi-secara.html

Banyak perusahaan memulai proses wawancara kerja dengan melakukan wawancara melalui telepon untuk mengenal kandidat sebelum wawancara langsung. Hal ini memungkinkan pewawancara untuk memilih karyawan potensial terbaik untuk langkah selanjutnya dalam proses wawancara serta menghemat banyak waktu. Beberapa orang kurang memenuhi persyaratan diri mereka sendiri dengan baik melalui telepon.

Berikut beberapa tips untuk membuat anda selangkah lebih dekat untuk dipekerjakan:

Kenali perusahaannya
ketika anda melakukan wawancara via telepon, teliti perusahaan yang mungkin mempekerjakan anda dan perusahaan mereka. Setiap perusahaan mulai dari konstruksi, teknik, tambang hingga migas memiliki jargon dan fokus tersendiri. Pelajari beberapa frasa yang akan diterapkan pada posisi baru anda sampai anda bisa menggunakannya selama percakapan.

Mendengarkan
Banyak orang di wawancara telepon berpikir bahwa mereka harus melakukan semua pembicaraan. Sangat penting untuk membiarkan orang lain berbicara di telepon. Paling penting yaitu, anda harus memberikan waktu untuk mendengarkan apa yang dikatakan orang tersebut. Pewawancara bahkan mungkin menguji keterampilan mendengarkan anda sebagai bagian dari proses. Pertimbangkan untuk mengulangi hal-hal kembali ke pewawancara serta selalu menunggu untuk berbicara sampai mereka benar-benar menyelesaikan apa yang mereka katakan.

Eh atau em
Sadarilah apa yang anda katakan, bila anda merasa perlu berpikir sejenak, hindari menggunakan kata eh, em. Pertimbangkan untuk mengheningkan cipta sebagai gantinya. Cobalah untuk menghilangkan kata-kata yang kurang profesional lainnya dalam bahasa anda, seperti suka.

Latihan jadi sempurna
Untuk mengawali dalam proses wawancara anda, agar terleboh dahulu untuk melatih jawaban anda atas kemungkinan beberapa pertanyaan. Seperti pertanyaan wawancara umum yakni:

* Mengapa anda ingin bekerja di perusahaan kami?

* Apa yang akan anda anggap sebagai kekuatan serta kelemahan terbesar anda?

* Dimana anda akan melihat diri anda untuk  5 tahun yang akan datang ?

* Sebutkan waktu di posisi terakhir anda di mana anda harus bekerja sebagai sebuah tim?

Mengetahui pertanyaan populer akan bisa membantu anda dalam mempersiapkan diri, namun anda juga ingin siap menghadapi apapun yang menghadang. Anda juga harus berlatih menjaga ketenangan diri anda dengan meminta teman maupun kerabat untuk mengajukan pertanyaan yang kurang jelas untuk melihat bagaimana anda menangani tekanan.

Hindari gangguan selama wawancara
Wawancara cukup sulit seperti itu, anda tidak butuh gangguan. Ketika tiba waktunya untuk wawancara kerja anda, carilah tempat yang nyaman serta tenang yang memberi anda sambutan yang baik. Pastikan setiap anak atau hewan peliharaan tidak menjadi gangguan. Anda juga ingin memastikan bahwa anda mempunyai pikiran yang jernih, jadi minumlah secangkir kopi pagi anda terlebih dahulu. 

Terakhir, tutup jendela untuk menghindari kebisingan dari luar yang menarik perhatian anda. Anda ingin pewawancara fokus pada anda, bukan kekacauan di sekitar anda. Mendapatkan wawancara pertama yaitu setengah dari pertempuran, memastikan ada sesuatu yang mereka sukai dari anda berdasarkan resume maupun lamaran anda, jadi percayalah. Baik itu pekerjaan apapun, gunakan tips seperti ini ketika wawancara langsung.