Perhatikan Beberapa Kesalahan Yang Anda Lakukan Disaat Perburuan Pekerjaan Impian Anda

 https://www.pernando413.com/2022/07/perhatikan-beberapa-kesalahan-yang-anda.html

Mencari pekerjaan merupakan salah satu aktivitas yang paling menegangkan dalam kehidupan seseorang. Apalagi kesulutinan bila apa yang anda cari membutuhkan tingkat pengalaman tertentu atau anda tidak memenuhi semua kualifikasi.

Bila anda sudah mengirim hingga ratusan lamaran, mengikuti banyaknya wawancara dan masih belum berhasil atau lebih buruk lagi, tidak mendapatkan wawancara, mungkin pasar kerja tidak ketat saat ini. Anda menginginkan pekerjaan yang bagus serta menyalahkan situasi anda tidak akan menghasilkan apa-apa untuk memperoleh pekerjaan itu.

Bila anda mengalami seperti, maka berikut beberapa alasan mengapa anda tidak di terima di perusahaan:

Anda kurang dalam berjejaring
Apakah anda sudah tahu bahwa jaringan adalah kekayaan bersih anda. Ini benar, hari ini tidak seperti dulu, meskipun munculnya internet sudah membuat pencarian peluang baru menjadi lebih mudah, anda tetap belum bisa menghindari interaksi manusia. Mengunjungi beberapa acara jaringan perekrutan dan bicaralah dengan orang yang bekerja di perusahaan tempat anda ingin bekerja. Membangun hubungan dengan orang yang mempunyai akses ke apa yang anda inginkan tidak akan pernah salah. 

Acara jaringan memiliki nilai luar biasa yang berhubungan dengannya karena koneksi yang bisa di lakukan. Jangan berhenti hanya berbicara dengan orang-orang yang bekerja di perusahaan impian anda juga. Berkomunikasilah bersama semua orang yang pergi ke sana. Menjadi ahli dalam berinteraksi dengan orang lain tidak ada salahnya dan anda mungkin menemukan peluang yang lebih baik dari pada yang anda pikirkan sebelumnya.

Anda kurang tahu cara menjual diri sendiri
Sebagian besar orang menerapkan konotasi negatif untuk menjual. Mereka memandang penjualan sebagai tindakan serakah serta kurang bisa dipercaya. Ini salah sebab setiap orang selalu menjual sesuatu. Apakah anda sedang dalam wawancara, berkencan atau mencoba menegosiasikan kenaikan gaji, anda menjual kepada orang lain mengapa harus mendapatkan apa yang anda mau.

Anda harus jelas juga percaya diri dengan apa yang anda sampaikan, baik dalam resume maupun dalam wawancara. Pengusaha ingin tahu bahwa anda benar-benar mempunyai keterampilan serta pengetahuan yang dibutuhkan untuk meningkatkan bisnis serta proyek mereka saat ini.

Resume anda kurang menggambarkan pencapaian yang terukur
Ini kemungkinan sesuatu yang pernah anda dengar sebelumnya. Ketika pimpinan memutuskan siapa yang akan dipekerjakan ke tim mereka, mereka terkesan dengan bukti kemampuan mereka. Bukti itu datang dalam bentuk hasil yang spesifik serta terukur yang sudah mereka dapatkan.

Masih belum mencukupi untuk mengatakan bahwa anda membantu perusahaan untuk mendapatkan lebih banyak penjualan atau menyelesaikan proyek. Anda perlu menggunakan analitik serta angka disaat berbicara mengenai apa yang sudah anda capai. Mengatakan bahwa anda meningkatkan penjualan sebesar sekian persen setiap kuartal tidak hanya lebih bisa dipercaya, namun anda menonjol di mata manajer perekrutan sebagai orang yang kemungkinan akan membawa mereka untuk sukses.

Anda jelas kurang tertarik dengan pekerjaan tersebut
Harus tahu, anda lebih suka bekerja di tempat lain melakukan sesuatu yang berbeda, jadi anda tidak bersemangat untuk melakukan sesuatu yang kurang dari itu. Ini berbahaya sebab pimpian perusahaan bisa merasakan kurangnya minat.

Sulit untuk memalsukan antusiasme mengenai sesuatu yang tidak anda pedulikan. Bila anda merasa tidak akan menikmati peran atau perusahaan anda, jangan melamar di sana. Ini akan menghemat waktu mereka juga anda untuk mewawancarai serta menunjukkan ketidaktertarikan.

Anda belum melakukan pekerjaan rumah anda
Salah satu pertanyaan yang sangat umum ketika wawancara yaitu mengapa anda ingin bekerja untuk perusahaan tersebut. Terutama bila anda masuk ke peran yang berhubungan dengan penjualan, mereka ingin melihat anda melakukan pekerjaan bahkan sebelum anda mulai.

Teliti perusahaan seolah-olah itu adalah klien potensial yang harus anda jual. Kemudian, ketika tiba saatnya untuk anda untuk menjawab pertanyaan ini, anda bisa dengan percaya diri menjawab dengan apa yang sudah anda pelajari mengenai perusahaan dan mengapa hal itu membuat anda terkesan. Anda juga bisa dengan percaya diri menjawab bagaimana anda akan membawa nilai bagi perusahaan tersebut.

Anda kurang memiliki kualifikasi
Yang satu ini sulit untuk dilewati. Terkadang, sulit untuk mempunyai kualifikasi yang di butuhkan yang diminta oleh pemberi kerja. Ingatlah bahwa keinginan mereka yaitu untuk melihat bahwa anda tahu bagaimana melakukan pekerjaan yang dimaksud, melakukannya dengan baik atau bisa mempelajarinya dengan cepat.

Terdapat beberapa cara dalam bermanuver di sekitar ini, katakanlah anda sedang melamar pekerjaan pada bagian penjualan. Mereka mau anda memiliki 3 tahun pengalaman, namun anda hanya mempunyai 1 tahun pengalaman. Anda bisa menjelaskan kepada mereka hasil terukur yang sudah anda capai ketika mengerjakan proyek-proyek perusahaan. Bila anda sudah bekerja untuk diri sendiri, anda bisa menunjukkan kepada mereka hasil yang sudah anda capai di sana serta itu yang membedakan anda sebagai orang yang rajin.

Anda tidak tampil percaya diri
Wawancara merupakan sebuah tantangan untuk siapa saja yang tidak mempunyai keterampilan berbicara pribadi yang terbaik. Anda mungkin dapat berbicara seperti biasanya saat berada di sekitar orang yang sudah lama anda kenal. Anda bahkan mungkin percaya diri di sebuah acara yang dikelilingi oleh orang-orang yang belum pernah anda temui. Di ruang wawancara, itu tidak masalah. Semuanya kembali kepada mereka yang mau mempekerjakan seseorang yang akan memberi mereka hasil. 

Bila anda masuk ke sana dengan telapak tangan berkeringat, lutut lemah dan lengan berat, maka anda tahu apa yang perlu anda kerjakan lain kali untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Kuncinya di sini yaitu latihan, praktik terbaik yang mungkin dilakukan yakni dalam situasi tempat anda berlatih, jadi melakukan beberapa wawancara akan membuat anda merasa nyaman melakukan wawancara. 

Jika anda tidak dapat melakukannya, anda bisa berlatih di depan cermin atau bersama teman. Namun, jangan menuliskan jawaban serta mencoba menghafalnya. Itu akan membuat anda bergantung pada pertanyaan spesifik tersebut. Jika mereka mengajukan pertanyaan yang berbeda maka anda akan menjadi gugup sebab anda tidak mempersiapkannya, latihan saja serta biasakan perasaan wawancara.

Anda dianggap berhak
Ada batas antara percaya diri dengan sombong, anda perlu memperlihatkan kepada para perekrut kerja bahwa anda bisa melakukan pekerjaan itu, namun jangan bertindak seolah-olah anda berhak mendapatkan pekerjaan tersebut.

Ini merupakan beberapa hal yang harus dipikirkan bila anda tidak beruntung mendapatkan pekerjaan yang anda mau. Sekarang sesudah anda mempunyai gagasan mengenai kesalahan yang mungkin anda buat, ambillah sendiri untuk belajar dari kesalahan tersebut, terserah anda untuk mengubah situasi anda.