Apa Yang Harus Disertakan di Resume Anda Ketika Bekerja di Perusahaan Tertentu

 https://www.pernando413.com/2022/07/apa-yang-harus-disertakan-di-resume.html

Apa yang harus dicantumkan pada resume anda ketika bekerja di perusahaan. Seringkali, bagian tersulit dari pencarian kerja bukanlah lamaran atau bahkan wawancara, namun mengetahui apa yang harus dimasukkan ke dalam resume ketika anda bekerja. Namun, resume tetap menjadi landasan pencarian pekerjaan anda, terutama bila bekerja di perusahaan industri, pertambangan dan lainnya. 

Mereka memungkinkan calon pimpinan masa depan anda untuk melihat sekilas pekerjaan hidup anda, keterampilan anda, proyek yang sudah anda kerjakan dan pencapaian, juga bahkan sesuatu dari kepribadian anda. Di bidang yang sangat terspesialisasi atau terampil, resume bisa membedakan anda dari semua individu berkualifikasi tinggi serta terlatih yang bersaing untuk posisi yang sama.

Sebagai berikut beberapa hal yang mungkin bisa untuk di pertimbangkan:

Kata kunci
Di era mesin pencari dan algoritme, perusahaan lebih sering mengandalkan komputer mereka untuk menyingkirkan kandidat yang tidak diinginkan berdasarkan kata kunci yang dipakai atau tidak digunakan. Saat menulis seluruh resume anda, ingatlah pengalaman masa lalu anda dan tujuan pekerjaan sekarang ini untuk memasukkan kata kunci sebanyak mungkin. 

Judul pekerjaan
Mintalah apa yang anda inginkan, dengan nama dan informasi kontak anda di bagian atas resume, ada baiknya juga untuk mencantumkan posisi atau jabatan yang anda inginkan. Jika anda melamar beberapa posisi berbeda yang tidak membawa judul yang sama, meluangkan waktu tambahan untuk mengubah resume anda dan menyesuaikannya untuk setiap aplikasi bisa menyorot anda sebagai kandidat. Namun, pastikan resume anda menunjukkan bahwa anda benar-benar bisa melakukan pekerjaan yang diminta dari posisi yang anda daftarkan.

Pengalaman kerja
Bagian resume anda ini kemungkinan besar akan menjadi bagian terbesar dari resume anda atau jika anda baru lulus, mungkin tidak dalam hal ini, ganti bagian ini dengan bagian riwayat akademik anda. Bila anda sudah mengerjakan banyak pekerjaan di masa lalu, beberapa di antaranya tidak terkait dengan bidang anda saat ini, atau bila anda membuat perubahan karir, anda mungkin mau mempertimbangkan untuk menghilangkan pengalaman kerja yang tidak relevan. 

Namun, jangan jujur, bila anda meninggalkan pengalaman kerja karena anda mempunyai hubungan yang buruk dengan perusahaan, itu mungkin terungkap dengan pemeriksaan latar belakang nanti serta membuat anda dalam kondisi yang tidak menguntungkan. Biasanya lebih baik menjelaskan secara berlebihan dari pada kurang menjelaskan.

Keterampilan
Bagian keterampilan pada resume anda yaitu tempat yang tepat untuk menggunakan kata kunci yang sudah anda putuskan pada profesi anda. Banyak orang membuat daftar hal-hal umum, seperti mahir dalam komputer microsoft atau pemain tim, namun untuk kandidat dalam karir di perusahaan, daftar ini tidak akan menyoroti keterampilan khusus yang sering dimiliki individu di bidang tersebut. Buat daftar keterampilan yang berguna serta spesifik yang akan membedakan anda dari yang lain.

Prestasi dan kontribusi akademik
Penting untuk pengusaha agar mengetahui bahwa karyawan mereka sudah dilatih secara menyeluruh, terutama untuk pekerjaan terampil. Jelas, anda harus mencantumkan universitas yang dihadiri atau bersama dengan IPK kumulatif dan program pelatihan yang sudah diselesaikan. 

Selain itu, jika anda sudah ahli di bidang anda, atau melakukan penelitian akademis di bidang tertentu atau ini mungkin terutama berlaku untuk profesional, anda mungkin mau menyertakan curriculum vitae atau setidaknya daftar beberapa publikasi anda untuk membuktikan keahlian anda.

Sedikit waktu serta perhatian tambahan yang dihabiskan untuk menyempurnakan resume anda bisa berarti perbedaan antara tawaran pekerjaan juga penolakan yang sopan, mungkin anda tidak mau menghabiskan beberapa jam, namun hasilnya sepadan dengan usaha untuk mendapatkan peluang kerja yang bagus di beberapa perusahaan.