Tips Dalam Membangun Kepercayaan Di Tempat Kerja

https://www.pernando413.com/2022/06/tips-dalam-membangun-kepercayaan-di.html

Anda mungkin seorang pimpinan yang terampil dan efektif, namun bila anda tidak memercayai personel anda dan sebaliknya, maka peluang untuk meningkatkan dan memperluas bisnis yang anda tangani sangat terbatas. Tidak penting bagi karyawan untuk menyukai bos, namun mereka harus mempercayainya. Jika tidak, dia tidak akan bisa memimpin mereka serta para pekerja akan mempunyai sedikit motivasi di tempat kerja.

Kebenaran dan kepercayaan terhubung bersama

Anda bisa jujur selama bertahun-tahun namun satu kebohongan bisa menghancurkan kepercayaan yang sudah anda bangun selama ini dan tidak ada keraguan bahwa mendapatkan kembali kepercayaan itu sangat sulit.

Anda harus jujur

Jangan katakan, saya tidak tahu, ketika anda tahu. Bersikaplah lurus dan katakan dengan tepat apa yang ada dalam pikiran anda. Ketika anda mengatakan "Tidak" berarti itu, kita harus menyadari bahwa tempat kerja bukanlah kontes popularitas. Tugas harus diselesaikan dan tujuan pekerjaan harus diselesaikan dengan sukses. Oleh sebab itu, berusaha untuk menjadi menyenangkan sepanjang waktu akan membangun hambatan pada pekerjaan dan membuat anda bingung dari tujuan anda yang sebenarnya di tempat kerja.

Buka telinga dan terima kritik dari karyawan atau rekan kerja

Sulit bagi setiap orang untuk menerima komentar, terutama yang negatif, namun untuk memimpin anda harus melakukannya. Selalu dengarkan ide, saran serta dorong diskusi terbuka. Itu bukan berarti, bila anda adalah manajer yang tidak anda putuskan berdasarkan fakta anda.

Tunjukkan kepercayaan

Hanya mengatakan, saya percaya anda, tidak cukup. Anda harus menunjukkannya dengan menetapkan tanggung jawab dan menyediakan semua alat yang mereka butuhkan untuk berhasil dalam tugas yang anda berikan kepada mereka. Ketika kita mengatakan alat yang di maksud yaitu pelatihan, informasi, dan sebagainya.

Mengenali pekerjaan yang dilakukan dengan baik

Orang perlu dihargai terutama di tempat kerja, ketika seorang karyawan produktif dan menyelesaikan tugas dengan sukses, tunjukkan penghargaan anda secara langsung. Orang membutuhkan persetujuan untuk tampil di depan umum juga komentar negatif secara pribadi. Itu sifat manusia, kita tidak bisa mengubahnya, jadi penting untuk mengikuti aturan itu. Penelitian terbaru menganalisis bahwa pekerja tidak hanya peduli dengan uang, mereka ingin dididik di tempat kerja, mengambil inisiatif dan juga berperan dalam menyelesaikan masalah yang terjadi. 

Singkatnya, anda harus melakukan apa yang anda katakan dan jelas dengan tindakan anda. Ketika anda mengatakan, Tidak atau Ya berarti mereka dan tentu saja anda harus memberikan contoh. Bila anda menegakkan aturan di perusahaan anda namun anda adalah satu-satunya yang melanggarnya, jangan berharap aturan itu bertahan lama. Terutama kepercayaan akan hilang dan memimpin tim anda akan menjadi tugas yang lebih sulit.