Pertanyaan Yang Sering Di Tanyakan Mengenai Kepemimpinan

 https://www.pernando413.com/2022/05/pertanyaan-yang-sering-di-tanyakan.html

Kita sering mendengar beberapa pertanyaan yang diajukan mengenai kepemimpinan. Hal ini akan memberikan ulasan pada setiap pertanyaan penting tersebut seperti:

Mengapa kepemimpinan itu penting?    

Orang tua secara umum berharap bahwa anak-anak mereka mengembangkan kualitas kepemimpinan. Mereka tahu bahwa pemimpin yaitu orang-orang yang efektif dalam apa yang mereka lakukan, dihormati oleh orang lain dan biasanya dihargai untuk keterampilan tersebut dalam berbagai cara. 

Di tahun-tahun pembentukan inilah, melalui orang tua kita, awalnya kita melihat kepemimpinan sebagai hal yang diinginkan dan penting. Sebagai orang muda, kita memandang orang-orang di sekitar kita yang memotivasi serta mendengarkan kita, orang-orang yang tampak seperti pahlawan dalam kehidupan nyata. Kita menganggap orang-orang ini sebagai pemimpin.

Ketika kita tumbuh, kita mulai menghubungkan pemimpin dengan pekerjaan mereka seperti menteri, guru, petugas polisi, dan kemudian Walikota, Presiden, dan CEO perusahaan. Sebagai orang dewasa, semua pemikiran serta pengalaman ini menentukan mengapa kita berpikir bahwa para pemimpin mempunyai sifat yang diinginkan dan memainkan peran yang kita kagumi dan mengapa kita menginginkan hal ini untuk anak kita. 

Semua pengalaman dan pemikiran ini membantu kita menentukan mengapa kepemimpinan itu penting, karena para pemimpin membuat perbedaan dan bisa membentuk masa depan. Itu penting karena pemimpin dihargai dan berharga. Dalam benak setiap orang, kepemimpinan, terutama bila itu baik dan penting.

Apa itu pemimpin?

Seorang pemimpin yaitu orang yang melihat sesuatu yang perlu dilakukan, tahu bahwa mereka bisa membantu mewujudkannya dan memulai. Seorang pemimpin melihat peluang dan menangkapnya. Seorang pemimpin melihat masa depan yang bisa berbeda dan lebih baik dan membantu orang lain melihat gambaran itu juga. Seorang pemimpin tahu bahwa mereka tidak bisa melakukannya sendiri. 

Seorang pemimpin yaitu pelatih, seorang pemimpin sebagai pemberi semangat. Seorang pemimpin memandang perubahan sebagai sekutu mereka. Seorang pemimpin bersedia mengambil risiko hari ini untuk sesuatu yang lebih baik besok. Seorang pemimpin merupakan seorang pembelajar, seorang pemimpin yaitu seorang komunikator, seorang pemimpin yaitu seorang koordinator. 

Seorang pemimpin yaitu pendengar, seorang pemimpin mengambil pandangan panjang,  membiarkan visi mereka menjaga langkah harian mereka tetap di jalurnya. Seorang pemimpin bersemangat. Seorang pemimpin memotivasi juga menginspirasi. Seorang pemimpin menghargai hasil. Seorang pemimpin lebih peduli pada hasil, dia peduli dengan orang-orang yang mengikuti jejaknya. Seorang pemimpin membuat perbedaan dalam kehidupan orang lain, seorang pemimpin yaitu semua hal ini dan banyak lagi.

Apakah orang lahir pemimpin?    

Tentu mereka, maksudnya disini semua orang dilahirkan, bukan? Anda mungkin mengatakan bahwa jawaban seperti teka-teki tidak sesuai sasaran. Anda mengatakan jawaban sebenarnya yaitu bahwa beberapa orang benar-benar dilahirkan untuk memimpin. Dan ini akan menjawab bahwa pernyataan umum anda menyiratkan bahwa orang lain tidak dilahirkan untuk menjadi pemimpin. 

Jadi mari kita menganalisa perbedaan pendapat itu, ketika orang menggambarkan seseorang sebagai terlahir pemimpin, mereka biasanya mengartikan bahwa orang tersebut memotivasi, komunikator yang baik dan karismatik. Dan itu benar, beberapa orang diberkati ketika lahir dengan kemampuan yang lebih alami dengan cara ini. 

Namun pemimpin bisa menjadi hebat dengan karakteristik bawaan yang berbeda juga. Dan tidak ada satupun keahlian kecil yang mendefinisikan pemimpin yang sempurna atau menjamin kesuksesan. Setiap orang dilahirkan dengan seperangkat kemampuan alami yang unik. Dan kita semua bisa mengembangkan keterampilan serta gaya untuk melengkapi kemampuan alami itu.

Siapa pemimpin?

Pertanyaan di atas ini sebagai sebuah pertanyaan termudah yang di tanyakan sejauh ini. Lagi pula, kita sudah memberikan beberapa contoh. Orang-orang dalam peran tertentu yaitu pemimpin, apakah mereka sudah belajar untuk peran tersebut, seperti dokter, pengacara, guru atau menterti, terpilih untuk peran tersebut, seperti anggota dewan daerah, walikota, senator atau presiden atau bekerja di organisasi seperti supervisor, manajer, wakil presiden atau CEO. 

Anda bisa menanyakan kepada kebanyakan orang pertanyaan, siapakah seorang pemimpin? dan jawaban seperti itulah yang akan mereka berikan kepada anda. Mereka benar, tentu saja. Namun mereka hanya sebagian benar, pemimpin bukanlah pemimpin karena jabatan. Pemimpin yaitu pemimpin karena mereka memimpin, yang membawa kita kembali ke pertanyaan sebelumnya, apakah orang terlahir sebagai pemimpin? Ya, memang begitu, namun bukan hanya beberapa yang dipilih oleh pencipta kita atau genetika acak. 

Kita semua sudah dipilih, genetika sudah memilih kita semua, kita semua dilahirkan menjadi memimpin, dengan cara diri kita sendiri. Kita mungkin bukan ketua dewan, kita mungkin bukan orang di atas panggung, kita mungkin tidak memimpin dengan pidato atau bakat, kita bisa memimpin dengan belas kasih. Kita bisa memimpin dengan memberi contoh, kita semua bisa memimpin, kita semua mempunyai kemampuan untuk menjadi pemimpin yang luar biasa.

Kepemimpinan bukan tentang posisi, kepemimpinan bukan tentang kekuasaan. Kepemimpinan yaitu tentang potensi-potensi anda. Anda adalah seorang pemimpin, menyatakan dan percaya ini benar, sebab memang demikian. Pertaruhkan pernyataan tersebut dan buat perbedaan di sekitar anda. Peluang untuk kepemimpinan tidak terbatas, imbalannya tidak terbatas, jawaban kita untuk empat pertanyaan mengarah ke pertanyaan untuk anda,  ke mana anda akan memimpin.