Jenis Mentoring Apa Yang Sesuai Dalam Hal Kepemimpinan

https://www.pernando413.com/2022/05/jenis-mentoring-apa-yang-sesuai-dalam.html

Bila anda mempertimbangkan untuk membimbing orang yang lebih muda, berikut adalah beberapa hal yang harus dipikirkan. Memastikan bahwa mentoring adalah untuk anda. Mentor paling efektif benar-benar, sangat menikmati membantu orang muda tumbuh serta berkembang. 

Pastikan anda menikmati prosesnya sebelum melakukannya, pastikan anda memiliki waktu dan fleksibilitas. Jika jadwal anda sudah kelebihan beban atau anda sedang stres di rumah, atau mungkin ingin mempertimbangkan untuk menunda komitmen pendampingan sampai keadaan tidak terlalu sibuk.

Pastikan anda tahu apa yang di dapatkan

Tak satupun dari kita yang pandai dalam segala hal, namun masing-masing dari kita benar-benar pandai dalam sesuatu. Bila anda tahu apa yang anda kuasai dan hal-hal lain apa yang mungkin anda dapatkan, kemungkinan besar anda akan berhasil. Ada banyak mentor yang tepat, dari sudut pandang anda, itu berarti anda tidak harus melakukan semuanya. Anda bukan satu-satunya tempat anak didik anda harus mendapatkan bantuan. 

Pastikan anda tahu orang seperti apa yang di sukai untuk diajak bekerja sama dan mana yang sulit bagi anda. Mentoring seharusnya jadi hubungan yang menyenangkan untuk anda berdua. Pastikan agar tahu apa yang anda harapkan dari anak didik anda. Sebaiknya beri tahu dia apa yang anda harapkan dari mereka. Dengan harapan yang jelas sangat penting dalam hubungan mentoring. 

Selalu memastikan anda tahu apabila hubungan mentoring yang baik harus menjadi pengalaman yang baik untuk anda berdua. Anda berdua harus menikmatinya, serta harus tumbuh dan berkembang. Dan kalian berdua harus berteman seumur hidup. Mentoring bisa menjadi salah satu pengalaman paling berharga dalam karier anda atau bisa menjadi cobaan yang membuat frustrasi dan menghabiskan waktu, pastikan anda tahu apa yang di hadapi.