Tips Terbaik Mencegah Stres Yang Tidak Perlu Di Tempat Kerja Anda

https://www.pernando413.com/2022/04/tips-terbaik-mencegah-stres-yang-tidak.html

Stres sangat berperan penting dalam kehidupan, ini bisa membantu anda menyelesaikan pekerjaan tepat waktu serta sesuai target, menunjukkan persaingan yang sehat dan memaksa anda untuk mengevaluasi masalah serta merumuskan solusi kreatif. 

Hal ini juga bisa menghambat kemampuan anda untuk melakukan pekerjaan secara efektif, sehingga mengurangi peluang untuk dipromosikan, mengganggu kemampuan anda untuk mempertahankan hubungan dan menyebabkan penyakit fisik. Jadi, bagaimana anda menemukan keseimbangan tersebut. Mulailah dengan mencegah maupun menghilangkan stres yang tidak perlu.

1. Mengelola harapan

Apakah orang lain jelas tentang apa yang Anda harapkan dari mereka? Apakah mereka vendor, bawahan, atau anggota komite, pastikan mereka mengerti persis apa yang Anda inginkan, dan kapan dan bagaimana Anda ingin menyelesaikannya. Ini akan mencegah kesalahpahaman bagi Anda dan orang lain.

2. Berkomunikasi dengan efektif

Banyak masalah muncul disebabkan kurangnya atau tidak efektifnya komunikasi. Jangan hanya fokus pada komunikasi verbal dan tertulis anda. Mendengarkan adalah seni yang hilang bagi sebagian besar orang dan seni yang bisa dipertahankan untuk ditingkatkan. Tidak peduli apa posisi anda, keterampilan komunikasi yang kuat sangat penting.

3. Melepaskan kendali

Apakah anda seseorang yang berpikir bahwa tidak ada orang lain yang bisa melakukan tugas yang paling sederhana sekalipun sebaik yang anda bisa? 

Jika demikian, anda bisa menghilangkan banyak stres hanya dengan belajar melepaskan. Banyak perusahaan mereorganisasi departemen menjadi tim beberapa tahun yang lalu, sebab mereka menyadari bahwa ini merupakan cara yang lebih efisien serta efektif untuk melakukan bisnis. Tidak perlu bagi satu orang untuk melakukan semua tugas yang terkait dengan pekerjaannya. Bahkan, anda lebih efektif ketika berkonsentrasi pada apa yang anda lakukan yang terbaik dan membiarkan orang lain mengurus sebagian.

4. Menghindari penundaan

Tetap di atas segalanya akan mengurangi stres ketika hal yang tidak terduga terjadi. Penundaan sering muncul ketika anda dihadapkan pada tugas yang tidak ingin anda lakukan. Alih-alih menundanya, tentukan apakah pantas untuk mendelegasikan proyek atau sebagian darinya kepada orang lain, jika tidak, singkirkan dulu.

5. Luangkan waktu berlibur dengan rutin

Mereka memberikannya kepada anda karena suatu alasan, beberapa perusahaan bahkan mengharuskan anda untuk mengambil cuti. Ini memberi anda waktu untuk bersantai, mendapatkan perspektif baru serta menjadi lebih fokus. Orang-orang yang bekerja terlalu banyak jam tanpa istirahat menemukan diri mereka lebih rentan terhadap penyakit. Ini adalah cara tubuh anda memberi tahu bahwa anda butuh istirahat.

6. Mengatasi masalah yang timbul

Jangan memaksakan masalah karena anda tidak ingin menghadapinya. Hadapi masalah yang timbul untuk menghindari stres menumpuk serta melepaskan diri pada waktu yang tidak tepat.

7. Anda bisa mengatakan tidak

Banyak orang mengalami kesulitan untuk mengatakan tidak. Namun, anda tidak bisa mengambil setiap proyek, tugas dan peran yang diberikan pada anda. Untuk proyek di luar lingkup tanggung jawab anda, pertimbangkan apakah itu akan membantu anda mencapai tujuan karir anda. Bila tidak, tolak dengan sopan tawaran tersebut dan lanjutkan ke sesuatu yang mau.