Jenis-jenis Ban Yang Wajib di Ketahui Dan Penggunaannya Pada Mobil Anda

 https://www.pernando413.com/2022/04/jenis-jenis-ban-yang-wajib-di-ketahui.html

Terdapat banyak hal penting yang perlu diketahui oleh pemilik mobil untuk memperpanjang umur kendaraan mereka. Mengetahui dasar-dasar ban sangat penting, para profesional akan berbagi beberapa fakta tentang bagian penting mobil ini.

Jenis- jenis ban seperti:

Ban untuk cuaca panas
Pengemudi harus sangat berhati-hati di tempat-tempat yang terkena hujan musim panas karena penumpukan oli bisa bercampur dengan air, membuat permukaan licin. Untuk memastikan bahwa kontak ban dengan jalan masih kaku, umumnya ban ini akan mempunyai pola tapak berbentuk balok yang sederhana. Ini akan membantu memastikan cengkeraman yang optimal sehingga gesekan antara permukaan jalan serta ban dimaksimalkan setiap saat.

Ban untuk cuaca basah
Ini dikenal sebagai ban hujan, ban tersebut dimaksudkan untuk mengatasi dengan sangat baik dalam kondisi hujan dan basah. Ia mampu mengusir hujan di sepanjang tapaknya dari bidang kontak jalan. Jadi sangat penting untuk memeriksa kedalaman tapak secara teratur. Bila kedalamannya lebih besar, ini berarti bisa mengevakuasi air dengan lebih efisien.

Ban disemua kondisi
Ini cocok untuk semua penggunaan musim. Namun, performanya mungkin bukan yang terbaik dalam kondisi cuaca yang sangat kering atau basah maupun di atas es. Karena fakta bahwa ban bisa digunakan hampir sepanjang tahun, anda bisa menghemat banyak uang dengan mengganti ban saat musim berganti. 

Polanya lebih kompleks dibandingkan dengan yang anda pakai selama cuaca panas. Juga, ia memiliki lebih banyak celah kecil di blok tapak. Ini memberikan traksi serta stabilitas yang sangat baik. Tapaknya menggigit permukaan sehingga dapat memberikan grip ketika kondisi basah. Ingatlah bahwa jenis ini bukan yang paling cocok di pakai dalam medan bersalju maupun dingin.

Ban ferforma tinggi
Ini dimaksudkan untuk mobil sport atau untuk orang yang mengemudi dengan sangat cepat. Ini lebih lembut dan bisa mencengkeram lebih baik. Mereka bagus untuk menikung tetapi memiliki umur yang lebih pendek dibandingkan dengan ban normal. Apa kelebihan mengenai ban ini yaitu bisa menahan suhu yang lebih tinggi. Ban ini juga sangat baik untuk kondisi kering karena benangnya tidak menghilangkan air. Ketahuilah bahwa ban tersebut tidak baik dalam kondisi basah karena ban tidak bisa menyingkirkan air di jalanan yang basah.

Ban untuk semua medan
Blok tapak memiliki lebar yang cukup untuk menahan penyumbatan lumpur. Ban tersebut dibangun sedemikian rupa sehingga mereka bisa menghasilkan tambalan kontak datar untuk keausan ban yang merata. Ban disemua medan ini memiliki traksi yang sangat kuat dalam kondisi off road. Pola tapaknya yang berani benar-benar bisa menahan penyumbatan. Yang terpenting, ia bisa membersihkan dirinya sendiri serta memberikan kualitas berkendara yang sangat nyaman.