Manfaat Jangkos Untuk Kebun Kelapa Sawit

https://www.pernando413.com/2023/04/manfaat-jangkos-untuk-kebun-kelapa-sawit.html

Kelapa sawit merupakan tumbuhan yang banyak manfaatnya dan memberikan penghasilan yang tinggi pada perusahaan perkebunan maupun pada petani lokal. Jangkos adalah sisa-sisa atau janjangan kosong yang di hasilkan dari treasher. Setelah di lakukan pemisahan brondolan sesudah di rebus.

Jangkos banyak manfaatnya meskipun sudah menjadi sampah. Sebagian besar perusahaan ada yang masih mengolah atau memanfaatkan jangkos kembali. Karena masih terdapat minyak sebesar 1%. Jadi lumayan bila di olah kembali untuk mendapatkan minyak tersebut.

Namun banyak juga perusahaan-perusahaan yang tidak mengolah kembali jangkos tersebut. Dan tidak memanfaatkan minyak yang tersisa di janjangan kosong atau jangkos tersebut.

Berikut beberapa manfaat dari jangkos, yakni:

* Sebagai pupuk kelapa sawit
Jangkos masih di manfaatkan oleh pihak kebun sebagai pupuk tanaman. Karena jangkos yang masih terdapat minyak akan berjamur dan membusuk sehingga sangat baik untuk kesuburan tanaman sebagai pengganti pupuk.

Pada perkebunan kelapa sawit jangkos di gunakan sebagai pupuk organik dan mengurangi biaya untuk penggunaan pupuk kimia sehingga menghemat pengeluaran kebun dan meningkatkan pendapatan perusahaan.

* Untuk tanaman
Jangkos juga sangat bagus untuk tanaman-tanaman. Kalau anda pernah jalan-jalan ke perumahan-perumahan perkebunan pasti pernah lihat tanaman seperti pepaya atau kates, sayuran dan lainnya di pakai pupuknya jangkos. Karena itu sangat bagus untuk meningkatkan kesuburan tanaman.


* Jangkos sebagai sayuran
Eitss..ss...jangan salah arti ya, maksudnya bukan jangkos yang dimasak menjadi sayuran, namun jangkos yang sudah di hampar di sela-sela batang sawit di kebun yang sudah lebih dari seminggu. 

Pada saat hujan besoknya akan akan tumbuh jamur dan jamur itulah yang di jadikan sayuran. Para masyarakat dan karyawan kebun sangat suka sekali berburu jamur tersebut karena sangat enak di masak untuk di jadikan sebagai sayuran.

* Manfaat lainnya
Manfaat lainnya pada jangkos yakni di gunakan oleh masyarakat sebagai bahan bakar misalnya untuk membakar batu, tembikar atau kerajinan tangan dari tanah liat. Karena jangkos yang mengandung minyak dan sangat bagus bila di gunakan sebagai bahan bakar.

Itulah beberapa manfaat dari jangkos dan fungsinya. Semoga bermanfaat.