6 Tips Sederhana Supaya Tetap Aman di Jalan Raya

 https://www.pernando413.com/2022/04/6-tips-sederhana-supaya-tetap-aman-di.html

Biasanya memasuki akhir pekan, musim liburan dan hari-hari besar, pengguna jalan akan sangat ramai sekali, sehingga kendaraan banyak di jalan yang memadati jalan raya.  Apa yang kita tahu yakni ada banyak kendaraan dengan berbagai kecepatan di jalan, dengan membawa keluarga untuk jalan-jalan, liburan berkemah dan berbagai acara lainnya, kita ingin selalu aman di diwaktu berkendaraan dimanapun.

Berikut beberapa tips untuk menjaga dan orang yang anda cintai tetap aman di jalan:

1. Memastikan cukup tidur
Apabila anda lelah, jangan mengemudi. Sebaiknya menepi dan tidur sebentar atau biarkan orang penting anda mengemudi dan berhenti sejenak di kursi penumpang. Konsekuensi dari tertidur saat mengemudi bisa menjadi bencana dan itu tidak sebanding dengan risikonya. Pengemudi yang lelah juga sering membuat penilaian yang buruk. Anggap saja itu sebagai bentuk penurunan nilai. Anda tidak akan mengemudi dalam keadaan kelelahan, dan itu tidak di sarankan.

2. Ikuti semua aturan lalu lintas dan batas kecepatan
Mengikuti arus lalu lintas, jangan berkendaraan dengan masuk dan keluar dari lalu lintas untuk membuat waktu lebih baik, atau kecepatan yang lambat yang mengganggu lalu lintas. Kedua jenis pengemudi tersebut merupakan penyebab utama terjadinya tabrakan. Ingatlah bahwa polisi akan selalu mengecek untuk memastikan bahwa semua orang sudah mematuhi semua batas kecepatan dan undang-undang.

3. Tetap fokus dan matikan ponsel
Gangguan mengemudi yang menjadi salah satu penyebab utama tabrakan akhir-akhir ini. Jika anda benar-benar harus menelepon atau membaca atau mengirim pesan teks, sebaiknya menepi. Apapun yang membuat konsentrasi penuh anda mengganggu dari jalan harus ditangani sebelum melanjutkan mengemudi. Juga, memeriksa beberapa aplikasi dengan membuat settingan otomatis untuk membalas pesan teks, memberi tahu pengirim bahwa anda sedang mengemudi dan akan membalas teks mereka nanti.

4. Tetap sadar
Bila anda berencana untuk minum pada suatu acara, pastikan perayaan anda menyertakan pengemudi sebagai cadangan. Gangguan mengemudi dalam bentuk apapun tidak ditoleransi. Jika anda berpikir bahwa anda mungkin terlalu banyak minum dan bisa mengemudi, anda telah menjawab pertanyaan anda sendiri. Ini tidak sesuai dengan risiko kehilangan lisensi atau SIM berkendara anda atau lebih buruk lagi, mencelakai diri sendiri, orang yang dicintai, atau bahkan orang lain di jalan.

5. Pertimbangkan semua lalu lintas dan kondisi jalan
Menjaga jarak aman antara kendaraan anda dengan kendaraan di depan anda. Bila  hujan, perpanjang jarak antar kendaraan. Hindari menginjak gas atau rem terlalu keras yang bisa mengakibatkan anda kehilangan kendali atas kendaraan anda. Berkendara secara aman dan ekstra hati-hati dalam cuaca buruk. Jika cuaca buruk, jangan terburu-buru. Berencana untuk pergi sedikit lebih awal dan memungkinkan untuk berhenti di arean istrahat.

6. Memeriksa kendaraan anda
Sebelum berangkat dalam perjalanan, berikan waktu tambahan untuk memeriksa level oli mesin dan lainnya, wiper, tekanan ban dan keausan tapak ban kendaraan. Jangan lupa juga untuk membawa kabel jumper, selimut, baterai, senter, radio, kotak P3K, dan beberapa makanan yang tahan lama seperti air minum kemasan, kacang-kacangan dan makanan cemilan di waktu istrahat.