Tahukah Anda Apa Arti Pertanyaan Wawancara Itu Sebenarnya

 https://www.pernando413.com/2022/03/tahukah-anda-apa-arti-pertanyaan.html

Apakah anda baru saja melalui wawancara yang cukup melelahkan. Pertanyaan-pertanyaannya sulit serta beberapa hanya tampak tidak masuk akal juga beberapa sangat sederhana. Apa yang sebenarnya dicari pewawancara? Apa yang dia maksud dengan pertanyaan-pertanyaan itu? 

Anda bisa yakin bahwa jika anda diwawancarai oleh pewawancara berpengalaman, setiap pertanyaan mempunyai tujuan yang sangat berbeda. Mungkin seperti ini adalah beberapa pertanyaan biasa dan tidak terlalu umum dengan tujuan potensial dari pertanyaan tersebut. Pertanyaan umum serta apa yang sebenarnya dicari pewawancara. 

Pertanyaan, Misalnya: ceritakan tentang diri anda? Jawaban: Pewawancara mencari anda untuk berbicara tentang diri anda serta mengungkapkan apapun yang mungkin tidak bisa ia tanyakan. Misalnya, apakah anda punya anak? sudah menikah? Hobi? Minat? Orang tua tunggal? Katakanlah pekerjaan itu berhubungan dengan kerja shift, kebutuhan untuk bekerja pada jam 7:00 setiap hari atau fleksibilitas untuk dipanggil? Kandidat dengan anak-anak dianggap lebih sulit masuk kerja tepat waktu, lebih banyak bolos kerja karena anak sakit, acara sekolah, dan sebagainya. 

Apakah ini adil? Tidak. Apakah ini kenyataan untuk beberapa manajer perekrutan? Sangat. Jadi apa yang harus dilakukan. Bicarakan secara spesifik tentang pekerjaan sebelumnya, keinginan anda untuk bekerja, dan lain-lain. Satu-satunya pengecualian yaitu bila anda mengetahui fakta bahwa anda dan manajer perekrutan memiliki kesamaan yang bisa anda gunakan untuk membangun minat dengannya dan bahwa anda akan menjadi sangat cocok. 

Pertanyaan: Ceritakan tentang orang tersulit yang pernah anda hadapi? Jawaban: pewawancara tidak terlalu peduli dengan orang tersulit yang harus anda hadapi. Apa yang dia cari di sini yaitu kemampuan anda untuk bergaul dengan orang-orang. Jangan terlalu cepat menjawab yang satu ini. Menjawab dengan cepat menunjukkan anda harus berurusan dengan kesulitan orang yang benar-benar menunjukkan bahwa anda adalah orang yang sulit. 

Pendekatan yang lebih baik mungkin memberi tahu pewawancara bahwa anda bergaul dengan semua orang dan bahwa anda tidak mempunyai masalah dengan orang-orang yang sulit. Dengan asumsi bahwa pernyataan itu benar, perluas kemampuan anda untuk menarik berbagai kelompok orang bersama-sama untuk menyelesaikan sebuah proyek. 

Pertanyaan: Jika anda bisa memiliki pekerjaan apapun dimana saja, apakah itu? Jawaban: meskipun jawaban yang jelas tampaknya adalah pekerjaan ini, anda mungkin juga berbicara tentang keinginan anda untuk mengambil langkah berikutnya sehingga membuat pewawancara berpikir bahwa anda adalah seorang yang berprestasi dan bersedia bekerja keras. Itu selalu mengherankan kita berapa banyak orang yang di wawancarai bingung dengan pertanyaan ini atau menjawabnya dengan mengatakan pekerjaannya. 

Pertanyaan: ceritakan apa yang anda sukai dari pekerjaan terakhir anda serta apa yang tidak anda sukai? Jawaban: ini satu lagi yang harus diperhatikan, jangan melanjutkan tentang semua hal yang tidak anda sukai, ini membuat wawancara berpikir anda tidak menyukai apapun. Bahkan jika pekerjaan terakhir anda benar-benar buruk, fokuslah pada aspek positif dari pekerjaan seperti hal-hal yang anda pelajari, paparan yang diberikannya kepada anda, dan sebagainya. Bila anda berbicara lebih banyak tentang apa yang tidak anda sukai, kemungkinan anda akan mengatakan bahwa anda tidak suka sesuatu yang mungkin menjadi bagian penting dari pekerjaan yang anda lamar. 

Pertanyaan: ceritakan tentang manajer favorit serta paling tidak favorit anda? Jawaban: sekali lagi, ini adalah pertanyaan yang rumit, bila anda mulai membicarakan hal-hal yang tidak anda sukai dari manajer anda sebelumnya, manajer perekrutan akan percaya bahwa anda memiliki masalah dengan wewenang. Konsentrasi pada hal-hal yang sudah anda pelajari dari manajer sebelumnya. Juga bicarakan tentang bagaimana anda dan manajer sebelumnya tidak setuju pada suatu pendekatan dan bagaimana anda menyelesaikan masalah tersebut.

Seperti yang sudah dibahas, wawancara yang berpengalaman mempunyai alasan untuk setiap pertanyaan. Meskipun pertanyaannya mungkin terlihat sangat sederhana, bagaimana anda menjawabnya bisa menentukan apakah anda mendapatkan pekerjaan itu atau tidak. Selalu ingat untuk berkonsentrasi pada aspek positif dari masa lalu anda. Berfokus pada hal negatif akan memberi kesan bahwa anda adalah orang yang negatif juga mungkin bukan orang yang paling cocok untuk posisi yang ada tersebut.