10 Tips Menjawab Pertanyaan Yang Sering di Ajukan Saat Wawancara Kerja

 https://www.pernando413.com/2022/03/10-tips-menjawab-pertanyaan-yang-sering.html

1. Bisakah anda menceritakan sesuatu tentang diri anda?

Ini mungkin pertanyaan wawancara yang paling menakutkan sepanjang masa dan juga yang paling sulit untuk dijawab. Sebagai pelamar untuk pekerjaan tertentu, anda akan bertanya-tanya apa yang mau diketahui oleh para perekrut. Apa gunanya menanyakan pertanyaan semacam ini? 

Di sarankan kepada anda agar santai dan menganggap situasi ini sebagai peluang bagus untuk mengesankan atasan anda. Nah, tekniknya di sini yaitu harus menjawabnya dengan sesuatu yang mendukung tujuan karir anda. Hindari menceritakan hal-hal itu tentang nama anda, tanggal lahir anda, tempat tinggal anda, hobi dan kegiatan tambahan lainnya. Akan lebih baik bila anda memberi tahu mereka sesuatu yang relevan tentang kualifikasi dan riwayat pekerjaan anda.

2. Apa kekuatan anda?

Pastikan anda menangani poin-poin yang akan membantu dalam melakukan pekerjaan yang anda lamar. Ceritakan sesuatu tentang keterampilan teknis dan kualifikasi anda dan pastikan untuk mendukungnya dengan contoh spesifik.

3. Apa kelemahan anda?

Sehubungan dengan kelemahan anda, juga anda harus menjawabnya dengan hal-hal yang anda perbaiki serta pastikan itu terkait dengan pekerjaan. Jangan hanya memberi tahu titik lemah anda, harus mendukung pernyataan dengan hal-hal yang anda lakukan untuk memperbaiki titik lemah anda.

4. Bagaimana anda menangani stres atau tekanan?

Beberapa perusahaan mempunyai jenis wawancara di mana dalam sebagian pewawancara mengajukan serangkaian pertanyaan kepada anda. Beberapa pewawancara sengaja membangkitkan respons emosional dengan mengajukan pertanyaan dengan cara yang menantang. 

Tujuan mereka yaitu untuk mengetahui bagaimana anda menangani stres. Jika anda ditanya tentang pertanyaan ini, santai saja serta tetap tenang karena mereka sudah mengamati anda. Jelaskan saja bagaimana anda menangani tekanan dengan bersikap jujur dan langsung, namun hindari kecemasan.

5. Apa yang anda ketahui tentang perusahaan kami?

Sebelum anda bisa menjawab pertanyaan ini, harus memiliki riset tentang perusahaan tempat anda melamar. Mengetahui misi dan visi mereka bisa membantu anda membuat wawancara lebih interaktif. Akan lebih baik bila anda memberi tahu mereka bahwa anda ingin tahu lebih banyak tentang perusahaan. Ini menunjukkan bahwa anda tertarik pada perusahaan dan benar-benar ingin menjadi bagian dari tim.

6. Mengapa anda ingin bekerja di perusahaan kami?

Jika ditanya tentang pertanyaan ini, hal pertama yang akan muncul di benak anda yaitu karena anda memiliki lowongan pekerjaan. Ya, itu merupakan jawaban yang jelas namun itu tidak akan memberi anda poin tambahan pada wawancara anda. Jawaban seperti itu mungkin terdengar sarkastik dan mungkin mengganggu pewawancara. 

Maksud mengajukan pertanyaan ini yaitu untuk menentukan apakah anda mempunyai gagasan tentang di mana anda ingin bekerja atau hanya melamar ke perusahaan manapun yang mempunyai lowongan pekerjaan. Melakukan riset singkat tentang perusahaan sebelum wawancara bisa membantu anda menonjol sebagai pelamar yang kompeten. Akan sangat membantu bila anda bisa memikirkan beberapa alasan tentang apa yang bisa anda sumbangkan untuk perusahaan.

7. Mengapa anda ingin keluar dari pekerjaan anda saat ini?

Tidak semua orang yang diwawancarai bisa memberikan jawaban langsung untuk pertanyaan ini. Tentu anda punya alasan sendiri mengapa ingin keluar dari pekerjaan anda saat ini, harus berhati-hati dalam menjawab pertanyaan ini. Dengan segala cara anda harus menyimpan jawaban dengan cara yang positif. 

Sebisa mungkin, jangan beri mereka petunjuk tentang seberapa besar anda membenci teman kantor atau atasan anda saat ini. Pada titik ini, pewawancara sedang menguji sikap anda. Perusahaan ingin mempekerjakan seseorang yang berpotensi menjadi bagian dari tim mereka dan bukan orang negatif yang dapat menjatuhkan mereka.

8. Apa yang bisa anda sumbangkan untuk perusahaan kami?

Beri tahu mereka kualitas anda yang terkait dengan posisi yang anda lamar. Beri mereka beberapa cara di mana anda bisa membantu perusahaan tumbuh serta menjadi produktif dengan membagikan pemikiran dan ide anda. Tunjukkan pada mereka dedikasi dan kesediaan anda untuk menjadi bagian dari perusahaan.

9. Mengapa perusahaan harus mempekerjakan anda?

Pada dasarnya, pertanyaan ini merupakan tentang menjual diri anda sendiri. Sama seperti pertanyaan pertama, menceritakan sesuatu tentang diri anda. Kembangkan pernyataan penjualan serta lebih detail sebanyak yang anda bisa. Beri tahu mereka sesuatu tentang apa yang membuat anda unik dan apa yang bisa anda sumbangkan untuk perusahaan. Pikirkan kualitas yang anda tawarkan yang cocok dengan apa yang dicari para rekrutmen.

10. Di mana anda melihat diri anda lima atau sepuluh tahun dari sekarang?

Dalam menjawab pertanyaan ini, anda harus fokus pada tujuan kemajuan karir anda yang terkait dengan pekerjaan yang di lamar. Pertanyaan wawancara sangat rumit dan anda harus lebih berhati-hati dalam menjawabnya. Karir masa depan bergantung pada bagaimana anda menyampaikan jawaban anda, tanggapi dengan tepat, santai saja serta jadilah diri sendiri.