Salah Satu Terbesar Penyebab Stres Yaitu Dari Tempat Kerja

 https://www.pernando413.com/2022/03/salah-satu-terbesar-penyebab-stres.html

Pekerjaan terkadang disebut sebagai faktor dari keberadaan kita. Pekerjaan adalah alasan kita bangun pagi dan pulang larut malam, pekerjaan yang menghabiskan sebagian besar energi. Kita perlu mempunyai pekerjaan agar kita tidak menganggur, sehingga bisa memiliki tujuan, dan agar kita bisa bertahan hidup di dunia saat ini. Pekerjaan memanfaatkan bakat kita, mendukung kebutuhan juga keinginan keluarga kita. 

Namun, pekerjaan juga merupakan tempat yang membuat kita cenderung stres, dengan masalah terkait yang membuat kita lemah, dan kadang-kadang, bahkan memberi kita beberapa perasaan panik dan kecemasan. Sebagian besar di kantor tempat kita menghabiskan waktu untuk berfokus. Di sana hingga tidak peduli seberapa banyak anda mencoba untuk menghindarinya, anda akhirnya merasa seperti mencoba berlari lebih cepat dari seorang pelari di jalan meskipun sudah mengetahui kesia-siaan akan tindakan tersebut, di sana potensi konflik cukup tinggi.

Anda bisa bertemu orang-orang yang sulit, juga memiliki bos yang payah dan mungkin bertemu seseorang yang mencoba untuk bergerak pada posisi yang sama yang sudah anda incar selama beberapa bulan terakhir. Di sanalah anda pertama kali mengalami krisis ini, juga di sanalah godaan banyak, baik dari kiri maupun kanan. Jam kerja yang panjang, ancaman pemutusan hubungan kerja, serta intimidasi di tempat kerja bisa mengakibatkan respons emosional dan fisik yang berbahaya. 

Hal-hal ini bisa terjadi setiap kali ada konflik antara tuntutan pekerjaan dan bekerja dengan orang lain. Dalam retrospeksi, tuntutan tinggi dari pekerjaan tertentu dan pengetahuan bahwa kita tidak mempunyai kendali atas situasi sering menyebabkan stres. Stres menimbulkan ketegangan, mengganggu keseimbangan, dan merupakan sumber dari sejumlah masalah emosional, fisik, ekonomi. dan masalah sosial.

Tekanan dari pekerjaan kita bisa berasal dari jam lembur yang tak terhitung jumlahnya, pengurangan hak kita, dan tekanan untuk melakukan standar yang ketat. Stres di tempat kerja yang berkepanjangan menyebabkan ketidakhadiran, penyakit, ketidakpuasan, perggantian karyawan yang tinggi, dan penurunan efisiensi kerja. Bahkan politik kantor bisa cukup untuk membuat seseorang mudah marah, membuat mereka mudah tersinggung dan terburu-buru dengan keputusan mereka. 

Menurut laporan National Institute For Occupational Mental Health mengutip berikut tentang stres di tempat kerja, 25% memandang pekerjaan mereka sebagai penyebab stres nomor satu dalam hidup mereka. 3/4 karyawan percaya bahwa pekerja mempunyai lebih banyak stres di tempat kerja dari pada diluar pekerjaan? 26% pekerja mengatakan mereka sering merasa jenuh dengan pekerjaan mereka. Stres kerja lebih kuat dihubungkan dengan keluhan kesehatan dari pada masalah keuangan.

Gejala stres tempat kerja? 

Otot sakit? 

Tidur gelisah? 

Kelelahan ? 

Kehilangan selera makan? 

Sifat mudah marah? 

Moral rendah? 

Sakit kepala? 

Sakit perut?

Managemen stres

Jangan meraih sesuatu untuk kenyamanan atau makan yang banyak untuk mengatasi stres. 

Berikut tips mengelola stres di tempat kerja:
1. Yoga atau latihan meditasi
Sebaiknya di gym dekat kantor anda. 

2. Perencanaan yang tepat
Jadwalkan perjalanan bisnis anda dan hal-hal lain, namun biarkan sedikit ruang untuk penyesuaian.

3. Keseimbangan
Temukan waktu untuk fokus pada kehidupan pribadi dan keluarga anda.

4. Jejaring sosial
Buat diri anda dengan teman-teman yang bisa anda andalkan.

5. Pandangan positif
Biarkan masalah yang berhubungan dengan pekerjaan berhenti mengganggu anda di tempat kerja. Ada kebutuhan untuk memiliki metode manajemen stres, perusahaan harus memperhatikan kesehatan mental karyawan mereka serta fisik, sebab stres bisa menghambat produktivitas. 

Mereka harus membantu memecahkan situasi kerja yang sulit juga mencapai intinya. Metode manajemen stres mengajarkan pekerja tentang sifat dan sumber stres, serta akibatnya pada kesehatan mereka. Sebuah metode bisa diterapkan dengan mudah, dengan banyak manfaat potensial bagi pemberi kerja serta karyawan.