8 Tips Mudah Agar Usia Pemakaian Baterai Mobil Anda Lebih Lama

 https://www.pernando413.com/2022/03/8-tips-mudah-agar-usia-pemakaian.html

1. Melakukan pengecekan bulanan pada terminal aki untuk memastikannya bersih dan bebas korosi.
Memperpanjang umur aki mobil, masalah pertama yang dihadapi kebanyakan orang dengan aki mobil mereka yaitu penumpukan korosi di sekitar terminal. Korosi merusak hubungan antara baterai dan kendaraan, juga banyak baterai diganti karena terlalu banyak penumpukan korosif. Namun seringkali, ini bisa dengan mudah diatasi hanya dengan menuangkan sedikit cola atau pasta anti-korosi (satu bagian air hingga tiga bagian soda) di atas area yang terkorosi. 

Asam dalam cola atau sifat basa dalam pasta anti-korosi akan menghilangkan korosi. Setelah korosi hilang, gunakan lap atau spons basah yang bersih untuk membersihkan sisa residu dan kelembapan. Memastikan untuk membiarkannya kering, lalu gosokkan sedikit petroleum jelly pada terminal untuk mencegah korosi di kemudian hari.

2. Tidak disarankan mengoperasikan aksesoris mobil seperti radio, lampu, atau elektronik sebelum menghidupkan mobil dan mengemudikan mobil. 

Saat mobil menyala, alternator mobil menghasilkan listrik dan mengisi baterai mobil sesudah baterai mengalami kekurangan tegangan. Membiarkan lampu mobil menyala ketika mobil mati menguras aki mobil, namun jika mobil tidak menyala, dan anda menggunakan elektronik mobil, anda hanya mengandalkan aki mobil untuk memberi daya pada elektronik tersebut. Hal ini merugikan aki mobil karena aki mobil tidak dimaksudkan untuk penggunaan jenis ini.

Sebaliknya, baterai mobil dimaksudkan untuk memberikan ledakan daya tiba-tiba untuk pengapian. Aki tidak dibuat untuk menyediakan daya yang lama untuk elektronik dan perangkat lain, itulah fungsinya dalam siklus baterai. Menggunakan aki mobil anda sebagai baterai yang memberi daya pada elektronik, alih-alih baterai yang hanya memberi anda sumber daya untuk pengapian, akan merusak baterai dan sangat memperpendek umurnya bila digunakan berulang kali dengan cara ini. Jadi, hindari mengoperasikan aksesori mobil atau elektronik apapun saat mobil mati.

3. Pastikan aki mobil aman dan memiliki kabel aki yang baik.
Memperpanjang umur aki mobil harus diamankan setiap saat, bila baterai berdesak-desakan maka akan terganggu dan bisa korsleting. Ini akan merusak baterai dan bahkan menyebabkan kerusakan pada mobil anda sekaligus menimbulkan risiko keselamatan.

Hal yang sama bisa terjadi jika anda memiliki kabel baterai yang jelek atau tidak terhubung dengan benar. Jadi periksa kabel anda dan pastikan mereka memiliki sambungan yang aman juga.

4. Lindungi aki mobil anda dari perubahan suhu yang ekstrem
Melindungi aki mobil anda dari perubahan suhu yang besar akan membantu memaksimalkan masa pakai baterai. Untuk melakukan ini, anda bisa menggunakan alat isolasi aki mobil, model baru ini biasanya sudah memasang alat ini. Tetapi jika mobil anda tidak memilikinya, bisa dengan mudah memasangnya sendiri.

Pastikan itu sesuai dengan kompartemen baterai mobil anda. Umumnya, perusahaan yang menjual alat insolasi baterai ini akan memiliki daftar di label mereka di mana, bisa memasukkan model dan tahun mobil anda, dan itu akan memberi tahu anda apakah baterai anda sesuai dengan alat mereka. Pelindung baterai ini biasanya terbuat dari plastik atau bahan tahan asam dan tahan panas. Alat isolasi aki mobil ini akan melindungi aki anda dan melindunginya sambil tetap memberikan ruang udara yang baik.

5. Isi penuh baterai mobil anda setidaknya seminggu sekali
Gunakan pengisi daya baterai mobil atau ganti baterai jika perlu, baterai mobil anda habis meskipun mobil dalam keadaan mati. Hal ini terjadi karena arus diambil dari baterai oleh aksesoris mobil seperti radio, lampu, dan lainnya atau komputer mobil. Inilah sebabnya mengapa orang pulang dari liburan panjang dan menemukan aki mobil mereka ngedrop atau mati.

Namun untuk mencegahnya, anda bisa menggunakan charger aki mobil atau charger aki solar. Charger aki mobil (biasa atau solar) akan menjaga tingkat pengisian optimal aki mobil anda saat mobil tidak dipakai. Mereka melakukan ini dengan menyediakan daya yang cukup untuk aksesori mobil dan komputer mobil, sehingga tidak terus-menerus menarik arus dari aki mobil saat mobil mati. Seperti yang bisa kita bayangkan, charger ini sangat berguna terutama bila anda bepergian atau meninggalkan mobil anda untuk sementara waktu.

Ini juga berguna bila anda melakukan banyak perjalanan dengan mobil seperti bekerja dan kembali setiap hari dan tidak pernah memberi baterai anda waktu untuk mengisi ulang sepenuhnya. Melakukan hal ini berulang kali akan mempersingkat masa pakai baterai anda secara cepat, kecuali bila anda menggunakan pengisi daya baterai mobil atau mengganti baterai, meninggalkan satu di rumah untuk terisi penuh.

Yang paling utama untuk diingat dengan cara ini, pastikan anda mengisi penuh baterai mobil setidaknya seminggu sekali sebab itu akan sangat meningkatkan umur baterai anda. Lakukan ini dengan pengisi daya, menukar baterai atau hanya menggunakan mobil cukup lama untuk mengisi ulang baterai.

6. Periksa ketinggian air aki mobil anda
Sebagian besar aki mobil memperlihatkan bila ada kebutuhan akan air. Jadi periksa indikator ketinggian air aki mobil secara teratur dan bila air diperlukan, isi ulang aki dengan air suling dan yang penting, hanya gunakan air suling atau air murni untuk mengisi ulang aki mobil anda.

7. Jangan overcharge aki mobil anda
Jangan pernah mencharge aki mobil anda secara berlebihan, baterai timbal-asam melepaskan oksigen dan gas hidrogen ketika diisi dayanya secara berlebihan. Ini menyebabkan dua masalah, bisa meledak. Ini juga memecah komposisi air dalam baterai yang memperpendek umurnya. 

8. Periksa alternator mobil anda
Bila aki mobil tidak mengisi, periksa alternator mobil anda semua bekerja seperti yang di sarankan lebih awal, anda mau memeriksa alternator mobil anda atau minta mekanik untuk memeriksanya. Bila alternator kurang baik, itu akan menghasilkan pengisian ulang baterai yang tidak efektif dan secara dramatis mempersingkat masa pakai baterai anda.