5 Tips Penting Untuk Merawat Ban Mobil Anda Agar Awet Dan Aman

 https://www.pernando413.com/2022/04/5-tips-penting-untuk-merawat-ban-mobil.html

Bagian yang sangat penting dari perawatan mobil yaitu menjaga ban anda dalam kondisi yang selalu baik. Ketahuilah bahwa mengemudi dengan ban rusak itu sangat berbahaya dan tidak di bolehkan. 

Ketika mengunjungi ke perawatan ban, ada banyak hal yang harus anda pertimbangkan:

1. Rotasi
Ban biasanya dipindahkan dari satu posisi di mobil ke posisi lain untuk memastikan bahwa semuanya sudah aus. Ingatlah bahwa ban depan membawa lebih banyak bobot mobil. Juga, ban lebih cenderung aus sekitar dua kali lipat dari yang ada di belakang. Oleh sebab itu, dengan merotasi ban bisa membantu memperpanjang umurnya. Pabrikan akan bervariasi dalam rekomendasi mereka umumnya, pertimbangkan untuk memutarnya setiap 8.000-10.000 km. Jenis rotasi ban yang umum yakni rotasi silang, rotasi lurus, penggerak 4 roda, dan rotasi ban 5.

2. Tekanan atau pressure
Ini sangat penting karena dua alasan dasar, yang pertama ban yang dipompa dengan benar akan melindungi dari kerusakan ban. Kedua, ini mengurangi kemungkinan mobil akan lepas kendali. Sangat disarankan supaya anda memeriksa tekanan ban sebulan sekali dan selalu sebelum berangkat. Anda tidak boleh memeriksa tekanan saat ban panas karena 4-5 Psi akan ditambahkan ke tekanan yang disarankan.

3. Kedalaman Ulir
Kedalaman ulir atau kembangan ban mengukur kedalaman di atas permukaan ulir yang bersentuhan dengan jalan. Ini sangat penting sebab akan membantu menghilangkan air di antara jalan serta ban, memastikan mobil tetap terkendali. Seiring waktu akan ban aus, faktanya ini bisa dipercepat karena permukaan jalan yang tidak rata, desain ban serta cara mengemudi seperti pengereman keras dan mengemudi dengan kecepatan tinggi.

4. Ketinggian ban yang sama
Ini merupakan proses menyelaraskan roda dan as secara benar. Ini akan memastikan bahwa mobil anda akan secara efisien menangani tingkat optimalnya, meningkatkan keselamatan, menghemat bahan bakar serta melindungi ban dari keausan dini.

5. Keseimbangan putaran
Ini akan menyeimbangkan roda dan ban. Ini akan melindungi bantalan dan suspensi, dengan demikian akan menghentikan getaran dan mencegah keausan dini pada ban. Ketika mengemudi dengan kecepatan tinggi, getaran yang diakibatkan oleh roda yang tidak seimbang terlihat. Kapanpun anda ragu dengan kelayakan ban anda, hal ini harus membawanya ke spesialis ban tepercaya. Para ahli ini bisa memeriksa kondisi internal dan eksternal ban. 

Disamping itu, mereka akan memeriksa apakah itu sesuai dengan semua prosedur yang tepat untuk memperbaiki, membongkar serta memasang kembali. Yang paling utama, mereka akan memastikan jika ban dipasang kembali secara maksimal. Terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memiliki mobil. Tentu saja, anda harus memeriksa semua bagiannya setiap kali anda mengendarainya di jalan dan ini termasuk pada bannya.