7 Tanda Baterai Atau Aki Mobil Akan Mati Dan Perlu Diganti (Direkondisi)

 https://www.pernando413.com/2022/02/7-tanda-baterai-atau-aki-mobil-akan.html

Tanpa baterai, mobil anda tidak berfungsi, salah satu hal yang paling merepotkan dalam hidup yaitu ketika aki mobil anda tiba-tiba mati secara tidak terduga. Ini bisa menghambat anda untuk bekerja atau membuat anda melewatkan sesuatu yang penting.

Namun solusi baiknya yaitu ada beberapa cara untuk mengetahui apakah aki mobil anda hampir habis dan perlu diganti. Dan dalam ulasan ini, akan mengulas tanda-tanda aki mobil anda akan mati dan perlu diganti atau direkondisi.

Sesuatu yang perlu diperhatikan sebelum kita memualai aktivitas, sebelum kita membahas  tanda kritis ini, penting untuk diketahui bahwa disaat mengalami masalah pada aki mobil anda, pastikan untuk memeriksa sambungan aki dan kabelnya terlebih dahulu sebab terkadang koneksi yang salah bisa muncul sebagai masalah yang lebih besar.

1. Menghidupkan mesin lambat

Ketika memutar kunci, jika mesin mobil anda berputar lebih lama dari biasanya atau membutuhkan waktu untuk hidup, sering kali karena daya baterai rendah. Sementara starter bisa menjadi penyebabnya, sebagian besar yang diperiksa adalah baterai. Jika ini terjadi secara terus menerus, itu pertanda pada aki mobil anda rusak dan mungkin sudah waktunya untuk mengganti aki anda atau merekondisinya.

2. Periksa mesin/lampu

Peringatan baterai lampu mesin anda bisa berarti masalah baterai lampu mesin selalu merupakan indikasi yang baik dari sesuatu yang tidak beres dengan kendaraan anda. Daya baterai yang lemah akan membuat lampu check engine trip. 

Jika lampu periksa engine menyala, pastikan untuk memeriksa level daya baterai. Disamping itu, mobil yang lebih baru memiliki lampu baterai, mirip dengan lampu check engine. Ini hanya akan menyala jika ada masalah dengan baterai.

3. Umur baterai/aki

Umur aki mobil, dalam kondisi sempurna adalah sekitar lima tahun, tetapi bisa lebih lama lagi jika anda rajin mengganti air aki. Jika baterai anda akan terlihat pada tanda lima hingga enam tahun, inilah saatnya untuk mulai mencari pengganti atau rekondisi untuk memberi baterai dengan yang baru.

4. Masalah komponen listrik

Salah satu tanda pasti bahwa baterai anda mulai meredup adalah jika komponen listrik sulit dioperasikan, seperti lampu, wiper kaca depan, power lock, dan jendela.

5. Tempat baterai bengkak

Bila anda melihat ke bawah kap dan wadah baterai anda terlihat bengkak, kembung, atau cacat, itu adalah tanda bahwa suhu sudah mempengaruhi komponen kimia baterai, memperpendek umur baterai.

6. Bau belerang

Jika anda mencium bau belerang atau telur busuk di bawah kap anda, ini sering merupakan gejala asam baterai bocor. Hal ini bisa merusak komponen mesin lainnya jika tidak segera diatasi.
Bila melihat ini, anda dapat membawa baterai ke toko dan meminta mereka melihatnya atau anda bisa menggunakan langkah-langkah penggantian dan melakukannya sendiri.

7. Melakukan jump start

Diperlukan jump start baterai mobil bila untuk memulai hidupkan mobil anda lebih dari tiga kali seminggu, saatnya untuk mengganti baterai atau rekondisi itu. Lompatan yang berlebihan juga dapat merusak sistem lain, jadi sebaiknya ganti baterai atau perbaiki sendiri baterainya

Perawatan rutin penting dilakukan untuk memperpanjang umur aki mobil anda dan juga kendaraan. Bila aki mobil menunjukkan salah satu dari beberapa tanda ini, anda tahu bahwa aki harus diganti atau direkondisi sebelum mobil anda tidak berfungsi lagi.