5 Tips Perawatan Kaca Depan Mobil Yang Sangat Penting Dan Sederhana

 https://www.pernando413.com/2022/02/5-tips-perawatan-kaca-depan-mobil-yang.html

Kaca depan mobil merupakan beberapa bagian kendaraan yang sangat penting tetapi masih banyak orang tidak menyadari pentingnya kaca depan sampai sesuatu terjadi pada mereka dan membuat tidak berfungsi seefektif yang seharusnya. 

Selain membuat kendaraan tampak hebat, sehingga bagian penting ini melindungi pengemudi dari berbagai elemen, menyelamatkan nyawa ketika terjadi kecelakaan, memberikan pandangan jalan yang jelas tanpa halangan dan juga menopang bagian atas agar tidak ambruk saat terjadi kecelakaan.

Juga, bahkan dengan perannya yang penting, kaca depan bisa rusak disebabkan situasi berbeda yang membutuhkan perbaikan atau penggantian kaca mobil. Tetapi dengan sedikit perawatan, anda bisa mengurangi pengeluaran uang anda dari perbaikan dan penggantian.

Berikut tips sederhana tetapi penting untuk memperpanjang umur kaca depan mobil seperti:

1. Selalu parkir mobil di area yang teduh atau jauh dari sinar matahari langsung
Dengan membiarkan kaca depan ke sinar matahari langsung bisa berbahaya dan pada akhirnya memperpendek umurnya. Sinar matahari tidak hanya merusak warna, namun bisa mengganggu integritas struktural kaca. Bila kaca sudah memiliki serpihan kecil maka suhu panas akan memperburuknya sehingga perlu memarkir mobil di tempat teduh atau garasi.

2. Menutup pintu mobil anda dengan hati-hati
Membanting pintu mobil bisa membuat kaca depan anda rusak sebab getaran hebat yang dialami di dalam. Membanting sekali mungkin tak akan berpengaruh apa-apa tapi lama kelamaan membanting akan membuat kaca kehilangan pegangan. Tidak perlu banyak usaha untuk menutup pintu dengan benar, jadi hindari membanting pintu yang tidak perlu.

3. Jauhkan pembersih berbahan dasar amonia
Bahan kimia yang salah pada kaca mobil anda bisa mengakibatkan kerusakan, memperpendek umur dalam proses. Pembersih kaca berbahan dasar amonia hanya cocok untuk rumah anda dan bukan untuk kaca depan. Jika harus membersihkannya maka gunakan alkohol, cuka atau pembersih kaca khusus pada mobil. Penting juga untuk menghindari spons abrasif dan handuk kertas dan sebagai gantinya pilih handuk microfiber. Handuk microfiber bersifat penyerap dan tidak meninggalkan goresan juga tidak akan menggores kaca atau merusak warna.

4. Perbaiki chips sesegera mungkin
Betapapun kecilnya mereka mungkin terlihat, membiarkannya tidak diperbaiki hanya meningkatkan peluang mereka untuk menjadi lebih buruk. Ingatlah bahwa membiarkannya di sana juga mengurangi kekuatan kaca mobil sehingga mengurangi perlindungan. Layanan perbaikan dapat memakan waktu hanya satu jam dan anda bahkan bisa merasakan perbaikan dan penggantian ponsel dari perusahaan terkemuka. Semakin cepat anda memperbaiki ketidak sempurnaan, semakin banyak anda menghemat dan semakin lama umur kaca mobil tersebut.

5. Memeriksa kaca depan secara rutin
Terkadang masalahnya tidak terlihat dan anda mungkin tidak tahu kondisi kaca tersebut. Dengan meminta teknisi bersertifikat memeriksa kaca secara teratur, masalah mendasar seperti retakan kecil dan lubang atau bahkan kelemahan bisa diatasi dengan tepat waktu sebelum berkembang menjadi masalah yang serius.