Tips Untuk Memilih Waktu Yang Tepat Untuk Mengubah Karir Anda

 https://www.pernando413.com/2022/01/tips-untuk-memilih-waktu-yang-tepat.html

Tahukah anda kebanyakan orang mengubah karir mereka hingga enam kali atau lebih dalam kehidupan kerja mereka? 

Ada beberapa alasan berbeda mengapa seseorang memutuskan untuk beralih karir, mereka mungkin diberhentikan di pekerjaan mereka saat ini, pekerjaan impian mungkin datang, orang-orang dalam hubungan berkomitmen mungkin harus mempertimbangkan masa depan baru karena perubahan lokasi pekerjaan dengan yang pasangan lain, atau seseorang mungkin telah bosan dalam karir mereka saat ini, hingga pada titik di mana rasanya tidak ada gunanya lagi.

Perubahan karir bukanlah hal yang buruk, namun perubahan tersebut perlu direncanakan sesuai dengan keadaan hidup anda sedemikian rupa, sehingga anda masih memiliki dana yang dibutuhkan untuk bertahan hidup. Sebagian besar dari kita akan menghabiskan hidup  dengan berharap untuk pekerjaan yang ideal, tetapi ini akan jarang terwujud. 

Faktanya adalah, hampir semua pekerjaan memiliki kesulitannya sendiri, kita mungkin mengejek orang lain yang mengeluh tentang hari kerja atau jadwal mereka yang panjang, melihat ke analisa gaji mereka yang tidak sesuai, tetapi kenyataannya banyak pekerjaan yang menawarkan pendapatan yang menguntungkan juga memerlukan banyak dedikasi dan kerja keras untuk mencapai puncak.

Saat akan mendefinisikan pekerjaan impian anda, ingatlah bahwa hampir setiap pekerjaan memiliki sisi negatifnya, bahkan jika sisi negatif hanyalah pengulangan hari itu. Perubahan karir tidak selalu memerlukan pelatihan ulang yang ekstensif. Banyak orang yang kehilangan pekerjaan karena PHK atau perampingan akan menemukan bahwa keterampilan mereka masih dibutuhkan, dan bahwa pengalaman mereka sangat berguna dalam menemukan karir baru.

Jika anda tidak ingin mengikuti pelatihan ulang, pertimbangkan pekerjaan di perusahaan lain yang sesuai dengan keahlian anda. Jika ingin keluar dari area perusahaan, kemungkinan besar anda dapat menemukan hak untuk diri sendiri sebagai pengalaman pada area lain di mana keahlian anda akan menambah daya jual. 

Beberapa orang memutuskan bahwa mereka sebenarnya menginginkan perubahan total 360 derajat dari jalur karir mereka saat ini. Dalam keadaan seperti itu, sekali lagi yang terbaik yaitu memulai dengan mempelajari keterampilan yang diperoleh di pekerjaan lama anda yang hanya diterapkan pada perusahaan yang baru.

Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan beberapa pelatihan ulang melalui program kuliah atau universitas. Ada banyak kursus pelatihan yang tersedia secara online, sehingga orang sering kali bahkan tidak perlu meninggalkan rumah mereka untuk memperoleh keterampilan yang diperlukan untuk karir baru mereka. Apapun keputusan anda, ingatlah bahwa selalu lebih mudah untuk menemukan pekerjaan baru ketika anda tidak putus asa untuk hal itu.

Luangkan waktu untuk memikirkan keputusan serta lamaran anda dengan hati-hati sebelum memutuskan hubungan dengan pekerjaan anda saat ini. Apakah mungkin sudah siap untuk perubahan, tetapi anda masih harus butuh makan untuk sementara itu. 

Jika perusahaan anda sudah dirampingkan atau dalam keadaan lain yang menyebabkan diberhentikan, cari tahu apakah ada rencana darurat untuk pelatihan ulang melalui perusahaan atau melalui salah satu tingkat pemerintahan. Ini dapat memberikan penyangga keuangan yang baik untuk waktu di antara itu.