Pelajari Jenis Pelumas Yang Digunakan Pada Mobil

 https://www.pernando413.com/2022/01/pelajari-jenis-pelumas-yang-digunakan.html 

Terdapat banyak macam-macam pelumas mobil dan memilih yang tepat dapat membantu Anda memastikan bahwa komponen-komponen mobil tidak rusak. Bila ingin melakukan analisa dan memilih perusahaan pelumas yang tepat untuk menemukan pilihan yang tepat.

Oli mesin

Oli mesin merupakan jenis oli otomotif yang sangat umum digunakan. Pabrikan kendaraan menyarankan untuk mengganti oli mesin setiap 10.000 km. Ada aditif tertentu yang digunakan yang membantu mencegah kerusakan dan korosi pada komponen. Ada juga berbagai jenis viskositas, yang merupakan kekentalan oli. 

Angka kecil menunjukkan oli lebih encer, yang membuatnya lebih mudah mengalir. Disarankan ketika melakukan penggantian oli agar memilih oli multi-grade supaya dapat menjaga nilai viskositas saat oli berada pada suhu yang berbeda. Cukup banyak saat ini yang jadi pemasok oli pelumas untuk jadi pilihan, sehingga di pastikan  memilih oli yang sesuai untuk kendaraan.

Oli roda gigi

Oli ini biasanya digunakan dalam transmisi manual, dan ketika pelumas suhu tinggi diperlukan. Minyak jenis ini memiliki bau yang sangat mencolok sehingga Anda dapat mendeteksi kebocoran.

Cairan Transmisi

Jenis cairan ini dapat membantu mencegah banyak masalah. Ini bisa membantu melumasi komponen-komponen dalam transmisi dan juga bisa membantu mendinginkan transmisi guna mencegah korosi pada mesin. 

Direkomendasikan supaya melakukan pemeriksaan cairan pada transmisi untuk kendaraan di atas serta pada mobil di permukaan yang rata. Ada warna cerah untuk membantu mendeteksi kebocoran. Bisa mengecek cairan transmisi memakai dipstick yang terdapat didekat komponen belakang kompartemen mesin.

Bantalan roda dan gemuk sasis

Ini merupakan pelumas otomotif biasa yang digunakan serta mungkin yang cukup mudah dikenali. Ini dapat ditemukan pada suspensi dan sambungan kemudi. Untuk pelumas ini diperlukan guna mencegah dari keausan yang berlebihan di bagian suspensi. Dalam melumasi suspensi dengan benar, Anda bisa menemukan gemuk ini dalam tabung yang dapat ditambahkan ke pispot gemuk. 

Pispot gemuk ini kemudian akan dilekatkan pada alat kelengkapan gemuk, dan alat kelengkapan gemuk pada adalah area yang perlu dilumasi. Pelumas ini tidak boleh digunakan pada kendaraan dengan rem cakram karena bukan gemuk suhu tinggi.

Gemuk Bantalan Roda Suhu Tinggi

Gunakan jenis ini pada daerah yang memiliki suhu tinggi. Ini adalah jenis gemuk yang harus di gunakan dengan rem cakram. Gemuk ini akan mengandung aditif yang membantunya tetap licin, bahkan saat gemuk dikeringkan.

Lemak putih

Gemuk ini dipergunakan untuk dipakai pada logam di mana air bisa menjadi masalah. Air tidak dapat membersihkan minyak ini dan tidak dapat diencerkan, sehingga baik digunakan untuk area bersuhu tinggi.

Gemuk elektronik

Disebut juga heat sink grease, grease ini tidak menghantarkan listrik sehingga digunakan pada sambungan elektronik.

Pelumas penetrasi

Fungsi dari minyak pelumas ini dapat membantu untuk melonggarkan baut serta mur yang berkarat dan bisa ditemukan pada kaleng aerosol. Itu harus direndam setelah aplikasi. Setelah terendam, tapak harus bersih dan kemudian harus dioleskan kembali agar baut dan murnya bebas.

Grafit    

Ini harus digunakan untuk membantu melumasi bagian mana pun yang tidak boleh terkena minyak. Tempat umum di mana ini harus digunakan adalah kunci dalam ruangan.

Penting untuk memahami rekomendasi produsen oli otomotif mengenai pelumas apa yang harus digunakan dan di mana. Cukup penting dalam memilih jenis serta grade pelumas yang diperlukan. Untuk merek tidak berpengaruh, namun ada beberapa merek bagus yang harus dipertimbangkan.