5 Faktor Penting Yang Perlu Jadi Pertimbangkan Ketika Memilih Oli Mesin

 https://www.pernando413.com/2022/01/5-faktor-penting-yang-perlu-jadi.html

Ketika akan mau membeli jenis oli mesin yang tepat, Anda butuh mempertimbangkan beberapa hal utama. Didalam artikel ini, akan dibahas 5 hal penting yang dapat membantu untuk memilih jenis oli yang tepat untuk mesin mobil Anda. 

Salah memilih jenis oli bisa berdampak buruk pada performa mobil. Disamping itu, juga dapat mengurangi umur mesin. Oleh sebab itu, cukup penting agar selalu memakai jenis oli yang tepat. Simak terus untuk mengetahui lebih lanjut:

1. Jenis minyak

Setelah Anda mempertimbangkan merek dan model mesin mobil, tentu bisa memilih oli mineral atau sintetis. Semua jenis merek oli mempunyai beberapa kelebihan juga kekurangannya sendiri. Seperti, pada minyak sintetis memerlukan lebih banyak uang namun bisa bertahan lebih lama.

2. Seri dan pabrikan mobil

Pertama-tama, harus mempertimbangkan merek dan model mobil Anda. Pada mesin dengan performa yang tinggi saat ini didesain supaya efisiensinya tinggi. Jika membaca manual mobil Anda, akan mengetahui tentang jenis oli yang tepat yang direkomendasikan oleh pabrikan.

3. Lingkungan mengemudi

Anda juga harus mempertimbangkan lingkungan mengemudi disaat membuat pilihan. Contohnya, mungkin memiliki iklim panas atau dingin. Demikian pula, kondisi jalan dapat bervariasi, mungkin harus mengemudi di jalan beraspal atau tidak beraspal secara teratur.

Berdasarkan faktor-faktor ini, mesin mobil harus mentolerir berbagai tingkat ketegangan. Jika Anda berkendara di jalan yang tidak beraspal, harus lebih sering mengganti oli mesin. Beberapa jenis oli dirancang untuk mengurangi ketegangan pada mesin.

4. Tingkat viskositas atau kekentalan oli

Bila Anda membandingkan beberapa produk yang berbeda, akan menjumpai kode serta huruf berbeda yang tertulis pada label. Angka-angka ini memberi tahu tentang tingkat kekentalan dan ketahanan oli untuk mengalir. Sekarang, ini merupakan faktor yang sangat penting untuk dipertimbangkan setelah mengemudi dan kondisi cuaca.

Huruf W mengacu pada musim dingin. Dengan kata lain, ini memberi tahu bagaimana kinerja oli dalam cuaca dingin. Angka kedua memberi tahu Anda tentang aliran oli pada suhu operasi normal.
Biasanya, oli dengan viskositas rendah lebih encer dan memberikan perlindungan yang lebih besar untuk mesin dalam cuaca dingin. Di sisi lain, minyak viskositas tinggi menawarkan perlindungan yang lebih besar dalam cuaca panas. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tingkat kekentalan oli sebelum melakukan pembelian.

5. Standar oli

Ketika Anda membaca labelnya dengan teliti, akan melihat huruf serta singkatan, misalya tulisan ILSAC, ACEA, dan API. Akronim ini memberi tahu jika produk tersebut dapat memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh otoritas terkait. Juga perlu mempertimbangkan spesifikasi ini karena mereka memberi tahu dengan banyaknya tentang kualitas dan kinerja oli.

Jika melihat lebih dekat pada labelnya, dapat juga akan menemukan standar oli mesin yang ditunjukkan dengan akronim yang berbeda, seperti API, ACEA, ILSAC. Ini berarti bahwa produk tersebut memenuhi atau melampaui persyaratan yang ditetapkan oleh organisasi-organisasi ini. Untuk spesifikasi sangat penting sebab memperlihatkan kinerja serta kualitas dari oli.

Pada prinsipnya, memilih jenis oli mesin yang tepat yaitu penting jika ingin mesin mobil Anda bekerja secara efisien. Oleh sebab itu, sehingga mungkin mau mempertimbangkan beberapa faktor-faktor utama ini dalam mencari jenis oli yang sesuai pada kendaraan Anda.