5+ Alasan Manajemen SDM Sangat Penting Dalam Setiap Organisasi

 https://www.pernando413.com/2021/12/5-alasan-manajemen-sdm-sangat-penting.html

Ada berbagai alasan lain mengapa manajemen sumber daya manusia begitu penting bagi setiap organisasi.

Berikut beberapa alasan tercantum di bawah ini:

1. Merumuskan strategi yang tepat

Rencana bisnis pada pendapatan dan diimplementasikan dengan cermat memastikan keberhasilan organisasi, dan manajer SDM adalah orang yang bertindak sebagai pembuat strategi. SDM mempunyai tingkat pengetahuan yang tinggi serta mereka diharapkan memakai pengetahuan ini guna memastikan pencapaian tujuan organisasi dengan penggunaan tenaga kerja yang maksimal. 

Mereka diharapkan untuk merumuskan strategi berbasis hasil yang memfasilitasi pada  pencapaian tujuan yang diinginkan. Mereka berpartisipasi pada berbagai proses pengambilan keputusan seperti rekrutmen, pelatihan, pengembangan, outsourcing, juga perumusan strategi kolaborasi sesuai tuntutan bisnis.

2. Mengelola keselamatan dan risiko

Mengapa karyawan terluka ketika bekerja? 

Apakah itu kesalahan mereka atau kesalahan perusahaan? 

Ya, setiap tugas melibatkan risiko tertentu akan tetapi merupakan tugas manajer SDM untuk menciptakan suasana kerja yang aman dan menjamin keselamatan organisasi. bila ada lingkungan kerja yang rumit dengan kurangnya sanitasi dan keselamatan, maka karyawan tidak akan merasa aman dalam bekerja di tempat tersebut. 

Oleh sebab itu, tugas manajer SDM untuk mengelola kondisi kerja perusahaan serta menjaga motivasi karyawan. Karyawan juga harus dilatih untuk menangani mesin maupun peralatan berbahaya dengan benar, yang dilakukan oleh manajer SDM.

3. Pelatihan dan pengembangan karyawan

Sangat jelas bila hubungan majikan-karyawan yang baik adalah suatu keharusan dalam membuat keberhasilan organisasi. Ini merupakan tugas manajer SDM untuk melatih karyawan sehingga membuat mereka cukup percaya diri dalam memenuhi tugas mereka. 

Karyawan serta mengembangkan keterampilan mereka sehingga menjadikan mereka bisa memenuhi kebutuhan organisasi dan menjadi aset untuk perusahaan. Menjawab pertanyaan karyawan dan bertindak sebagai penasihat mereka. Hal ini untuk memupuk hubungan majikan-karyawan.

4. Kepuasan karyawan

Pada sebuah organisasi berhasil bila karyawan bekerja pada tingkat produktif yang optimal. Ini adalah ideologi manajemen umum jika pekerja yang bahagia akan lebih produktif'. Nah, ini merupakan sebuah peran manajer SDM untuk memuaskan, memotivasi, serta mendorong karyawan. Mereka membangun ikatan karyawan-majikan yang baik membuat karyawan puas.

5. Proses perekrutan

Pekerjaan utama manajer SDM yaitu merekrut kandidat terbaik untuk setiap posisi. Ini adalah penelitian pertama dan menganalisis jumlah lowongan pada suatu organisasi dan keterampilan yang diperlukan dalam mengisi setiap posisi. Mereka kemudian mewawancarai kandidat dan membuat keputusan mengenai kandidat yang tepat. Kandidat yang tepat ini di kemudian hari akan memainkan peran penting dalam membentuk keberhasilan organisasi.

Dengan demikian, manajemen SDM merupakan inti dari setiap organisasi. Itulah mengapa dianggap sebagai sebuah kunci dalam organisasi manapun dan mereka dibayar dengan gaji yang menggiurkan sebagai imbalannya. Oleh sebab itu, manajemen SDM telah menjadi program studi yang dicari.