Unit Apa Saja Yang Ada Di Fixed Plant Dan Fungsi Kerjanya - Coal Mining

Untuk unit alat berat yang di gunakan di fixed plant tidak terlalu banyak, pengalaman di tempat saya bekerja hanya terdapat 5 unit alat berat saja.

Berikut unit dan fungsi kerjanya:

Wheel loader

 https://www.pernando413.com/2021/11/unit-apa-saja-yang-ada-di-fixed-plant.html

Ada terdapat unit wheel loader yakni merek komatsu Wa 800 dan Caterpillar 988G, loader tersebut di fungsikan untuk loading batu bara di hopper loading conveyor yang akan di muat ke dalam tongkang atau kapal batu bara.

Loader ini sangat berfungsi untuk loading batu bara, sehingga unit ini di harapkan selalu ready setiap hari, karena perannya yang termasuk sangat besar di stock file. Juga loader ini di fungsikan untuk merapikan batu bara di stock file, dan mengumpulkan batu bara dan mendekatkan ke hopper.

Kerja dari loader ini bisa di pastikan bekerja rata - rata 10 jam perhari pada shift siang dan juga shift malam, pekerjaan mekanik selalu rutin untuk mengecek dan memperbaikinya setiap awal shift agar peralatan ini tidak ada kendala.


Bulldozer

 

Di dalam stock file terdapat satu unit Bulldozer D10R merek caterpillar, dozer ini berfungsi untuk mendorong batu bara ke hopper sehingga akan mempermudah pekerjaan dari loader untuk memuat batu bara.

Dozer ini di gunakan untuk mendorong batu bara dari jarak jauh, karena kekuatan dan daya dorongnya yang besar. Juga pada bucket juga sudah di lakukan modifikasi, sehingga bucketnya lebih lebar dan tinggi dari bucket standarnya. Sehingga sekali dorong di mampu mendorong batu bara dalam ukuran yang banyak.

Backholoader
Terdapat satu unit excapator ukuran kecil merek hitachi, excap ini menggunakan roda sehingga mudah untuk bergerak dari stock file maupun ke hopper. Berfungsi untuk memperbaiki saluran parit yang tersumbat di sekitar stock file dan menggali parit yang mengendap karena batu bara.

Juga di fungsikan untuk membuang air yang tergenang di dalam stock file batu bara maupun di area hopper crusher batu bara. Juga bisa di fungsikan untuk memperbaiki jalan - jalan yang rusak di sekitar stock file.

Untuk backet memiliki dua fungsi yang pertama bucket standar untuk melakukan pengerukan dan yang kedua bucket bisa di lepas pasang dengan mudah dan di ganti dengan vibro yang di fungsikan untuk menumbuk batu bara di hopper bila ada yang nyangkut atau terhalang untuk proses loading crusher.

Bob cat
Unit yang memiliki bucket ukuran kecil dengan menggunakan roda ban, unit ini di fungsikan untuk membersihkan batu bara yang tumpah di bawah hopper, sehingga akan lebih memudahkan pekerjaan. Dengan menggunakan bobcat akan mengurangi tumpukan batu bara dengan cepat karena akan mengganggu proses kerja dari crusher.

Inilah ke 5 unit yang memiliki peran yang sangat penting di area fixed plant pertambangan batu bara, semoga bermanfaat.