7+ Prosedur Kerja Untuk Mekanik Fixed Plant - Pertambangan Batu Bara

 https://www.pernando413.com/2021/12/7-prosedur-kerja-untuk-mekanik-fixed.html

1. Disiplin kerja

Bekerja di perusahaan pertambangan batu bara harus memiliki disiplin yang tinggi. Karena jika tidak di siplin maka jelas tidak akan bisa bekerja, pengalaman ketika bekerja di perusahaan pertambangan skala besar di perusahaan Australia. Mau tidak mau kita harus belajar disiplin, karena jam kerjanya 12 jam, untuk berangkat kerja sudah harus bangun jam 5 pagi dan berangkat kerja paling lambat sudah stand bay menunggu bis jam 6 pagi.

Jika anda terlambat maka anda tidak akan bisa kerja?

Ini baru satu peraturan yang akan membuat kita disiplin, jika anda absen tanpa berita selama 3 hari berturut - turut maka siap - siap saja anda di pecat. Ada juga harus membawa Id card kerja, dan perlengkapan safety, jika ketinggalan anda akan mendapat teguran dari petugas safety serta atasan. Karena untuk perlengkapan safety tidak ada toleransi sedikitpun, itu untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan reputasi sebuah perusahaan.

2. Mengikuti peraturan perusahaan

Perusahaan pertambangan batu bara mempunyai peraturan yang sangat ketat, dari segi keselamatan, aturan berpakaian, aturan administrasi dan aturan kerja di dalam perusahaan tersebut.
Ketika di terima kerja, maka sebelum bekerja 1 hari karyawan baru akan di lakukan induction kerja, di situ akan di berikan penjelasan dan trainning mengenai pekerjaan kita, menjelaskan aturan - aturan yang harus di patuhi dan tidak boleh di langgar.

3. Selalu safety

Bekerja harus mengutamakan safety atau keselamatan, untuk pekerja di lapangan safety menjadi perioritas utama. Seperti pemakaian helem pelindung kepala, kaca mata safety, ear plug, masker sesuai peruntukannya dan lainnya, selalu di pakai ketika bekerja di lapangan.

Karena setiap bekerja akan selalu di awasi oleh petugas safety di lapangan, sehingga anda tidak mengalami kecelakaan kerja maupun fatality dalam bekerja. Setiap minggu akan ada safety talk, yaitu membahas mengenai keselamatan bekerja dan mereview hal - hal mengenai keselamatan selama dalam seminggu. Perusahaan tidak menyukai karyawan yang abai atau tidak mematuhi safety, sehingga untuk aturan ini sangat ketat sekali.

4. Mengikuti SOP Kerja

Standart operasional prosedur (SOP) wajib di patuhi ketika menjalankan pekerjaan, hal ini agar setiap karyawan tahu apa langkah - langka yang di lakukan ketika bekerja, dan keselematan serta penanganan ketika terjadi hal - hal yang tidak di inginkan. Juga jika terjadi sesuatu karyawan harus tahu area berkumpul atau safety area.

Di dalam SOP kerja juga harus di bawa dan di tempatkan di area kerja, serta membawa dokumen keselamatan kerja. Sehingga untuk pekerja di lapangan tidak ada yang sembarangan bekerja, semua harus mengikuti SOP yang di keluarkan oleh bagian safety.

5. Siap berkembang atau trainning

Bekerjaa di perusahaan pertambangan batu bara harus siap berkembang, karena di sana akan di lakukan banyak trainning. Hal itu untuk meningkatkan sumber daya karyawan agar memiliki skill atau kemampuan dalam bekerja. Pelatihan di lakukan sesuai dengan pekerjaan masing - masing.Yang pernah saya alami ketika bekerja kita tidak bisa melakukan pekerjaan tersebut apabila belum di trainning. 

Saya sebagai seorang pekerja lapangan bisa di trainning 3 - 4 kali dalam setahun. Trainning yang pernah saya lakukan seperti trainning basic engine, trainning service engine, perawatan mesin, trainning bekerja di ruangan terbatas, trainning pelumasan, trainning di ketinggian, trainning scafolding, trainning bahaya bahan kimia, dan masih banyak trainning lainnya yang pernah saya terima. Ini sangat bagus untuk menambah kemampuan karyawan karena juga setiap trainning di berikan sertifikat bagi yang lulus trainning.

6. Rajin kerja

Bekerja di manapun harus rajin dan mau di latih, itu merupakan syarat mutlak bekerja, karena kita menjual jasa untuk mendapatkan gaji setiap bulan maka kita harus rajin bekerja. Karena tidak ada peluang kerja bagi yang malas bekerja, rata - rata orang yang bekerja itu harus rajin dan semangat untuk bekerja. 

Begitu juga dalam pengembangan karir, bagi yang rajin dan memiliki kemampuan peningkatan karir akan lebih mudah di dapatkan. Jika anda malas dan memiliki kemampuan kerja atau malas dan tidak memiliki kemampuan kerja, jangan berharap karir anda bagus di perusahaan, hal ini harus menjadi perhatian yang paling utama bagi semua karyawan.

7. Mematuhi etika kerja

Bekerja juga selain aturan yang telah di bahas, etika dalam bekerja juga harus perlu di pelajari, karena hal ini untuk menjaga kesopanan dalam berkomunikasi. Perlu belajar etika berbicara dengan atasan, etika bicara dengan sesama rekan kerja agar tidak menimbulkan permasalahan atau konflik.

Catatan:
Itulah beberapa prosedur kerja yang harus di patuhi di pertambangan batu bara, mungkin di setiap perusahaan aturannya berbeda - beda. Namun semua aturan perusahaan kurang lebih hampir sama, dalam penerapan dan pelaksanaan yang berbeda beda, semoga ini bermanfaat bagi pemula yang akan memulai karir bekerjanya.