Crusher Batu Bara - Pertambangan Batu Bara

 https://www.pernando413.com/2021/11/crusher-batu-bara-petambangan-batu-bara.html

Apa Itu Crusher Batu Bara?

Crusher batu bara merupakan tempat untuk memecahkan batu bara, di dalam crusher akan di pisahkan batu batuan dengan batu bara, juga memisahkan sampah seperti material besi yang terikut dari tambang.
Didalam crusher batu bara akan di pecah - pecah menjadi ukuran - ukuran kecil kemudian di teruskan ke feeder conveyor dan di sana akan di pecah - pecah lagi batu bara sesuai ukuran yang di inginnya.

Mesin pemecah batu bara bisa di stel sesuai ukuran permintaan, untuk eksport maupun untuk lokal. Biasanya untuk lokal di gunakan matu bara mulia atau batu bara muda yang di pakai untuk pembangkit listrik. Sedangkan untuk batu bara tua akan di kirim keluar negri seperti ke Cina, Jepang maupun ke negara lainnya.

Batu bara yang telah di pecah akan di alirkan kedalam chute hopper dan di tempatkan sesuai jenis batu bara. di stock file akan di kumpulkan dan di pisah - pisahkan batu baranya, sehingga akan mempermudah pengirimannya.

Untuk kapasitas crusher conveyor yang pernah saya bekerja sekitar 1500 ton perjam, terdapat 3 line crusher batu bara. Sedangkan untuk pengiriman batu bara melalu pengapalan atau tongkang batu bara. Yang di kumpulkan kedalam kapal besar di tengah laut, biasanya sekali pemuatan kedalam tongkang batu bara berkisar 8000 ton batu bara.

Untuk pengisian ke pakal menggunakan loading konveyor, yang menggunakan hopper kecil dan di muat oleh unit. Kapasitas loading konveyor yang pernah saya bekerja sekitar 3000 ton perjam. Pemuatan batu bara akan lebih cepat terisi kedalam tongkang, sehingga proses pengapalan bisa 6 - 8 tongkang perhari.
Jadi itulah sepintas mengenai crusher batu bara secara garis besar, yang di gunakan di pertambangan batu bara. Semoga bermanfaat.