Apa Saja Yang Di Kerjakan Mekanik Fixed Plant Dalam Perawatan Unit - Coal Mining

 https://www.pernando413.com/2021/11/apa-saja-yang-di-kerjakan-mekanik-fixed.html

Mekanik fixed plant menurut pengalaman saya yang pernah bekerja, ada beberapa peralatan atau unit yang ditangani, mulai dari pekerjaan yang ringan hingga pekerjaan yang berat seperti overhoul.

Berikut beberapa pekerjaan mekanik fixed plant:

1. Daily ispeksi unit
Untuk daily inspeksi unit di lakukan pada pekerjaan awal shift, yakni mengecek semua kesiapan alat, mengecek kerusakan, temuan kerusakan. Unit yang di check seperti alat berat loader, excapator, dozer, crusher. Kebetulan di tempat kerja saya terdapat 3 unit loader, 1 unit dozer, dan 1 unit excapator. 

Terdapat 3 crusher conveyor dan 1 loading ramp, jadi pekerjaannya tidak terlalu banyak, saat inspeksi unit, mekanik juga melakukan greasing manual pada alat - alat berat, yakni mengrease semua nepple grease agar semua alat bisa baik dalam beroperasi, bila proses greasing tidak di lakukan 2 kali sehari, dengan debu batu bara yang tajam akan dengan cepat merusak bearing - bearing alat berat tersebut.

Untuk daily isnpeksi unit pada crusher di lakukan pengecekan pada hopper, mengecek bagus tidaknya plat hopper, mengecek rantai atau chain hopper, mengecek level oil gearbox, mengecek motor listrik, mengecek conveyor apak ada yang tergores atau koyak, mengecek roller apakah ada bearing yang rusak atau patah. Mengecek kebersihan unit juga sekalian membersihkannya, karena debu batu bara yang menempel bisa menyebabkan kebakaran atau unit mudah panas, seperti pada gearbox dan motor listrik. Mengecek mesin listrik termasuk level oli, semua itu masuk kedalam monitoring atau daily chek unit, yang di laporkan pada mandor.

2. Service unit
Begitu juga service unit di lakukan pada semua unit alat berat, mesin penerangan juga pada semua crusher. Di dalam service unit ada beberapa tipe: service unit 250 Hrs, service unit 500 hrs, service unit 1000 hrs dan sertvice unit 2000 hrs. Untuk crusher service atau maintenance di lakukan seminggu sekali, sesuai yang di jadwalkan. 

Sedangkan penggantian pada komponen crusher yang bisa di kerjakan dengan cepat, bisa di lakukan ketika unit crusher tidak operasi atau pengiriman batu bara lagi kosong, sehingga bisa di berhentikan sementara tanpa mengganggu operasional.

3. Overhaul
Untuk overhaul cruhser berdasarkan skedule maintenance, pekerjaan ini yaitu mengganti semua komponen unit yang rusak secara keseluruhan. Pekerjaan ini bisa memakan waktu hingga 2 hari lamanya. Untuk melakukan pekerjaan ini di butuhkan tenaga yang banyak, sehingga mekanik yang libur biasanya akan di panggil lembur kerja sehingga proses maintenance bisa di lakukan dengan lancar dan cepat.