Apa Saja Unit Yang Digunakan Di Perkebunan Kelapa Sawit

Macam - macam unit dan fungsi kerjanya

Inilah beberapa unit yang digunakan di perkebunan kelapa sawit untuk menunjang operasional kebun. Berikut penjelasannya di bawah ini :

1. Unit Exacapator

https://pernando413.blogspot.com/2021/05/apa-saja-unit-yang-digunakan-di.html

Untuk diarea kebun unit ini dipakai untuk penggalian parit, penimbunan baik itu di semua jalan maupun untuk pembersihan area di perumahan. Untuk kebun umumnya menggunakan excapator kecil jenis Pc 330, Pc 300 serta excapator long arm Pc 200.

Untuk pekerjan excapator long arm biasanya untuk penggalian sungai yang lebar dan pencucian parit di areal kebun.

2. Grader dan Compaqtor

https://pernando413.blogspot.com/2021/05/apa-saja-unit-yang-digunakan-di.html

https://pernando413.blogspot.com/2021/05/apa-saja-unit-yang-digunakan-di.html

Grader dan compaqtor dioperasikan di kebun secara bersamaan, unit ini di pakai berpasangan, yang pekerjaannya untuk perbaikan jalan dikebun maupun jalan utama menuju pabrik. Grader difungsikan untuk mengupas tanah, membentuk badan jalan, menghampar tanah. Sedangkan compaqtor berfungsi dari belakang untuk memadatkan tanah menggunakan vibronya.

3. Traktor

https://pernando413.blogspot.com/2021/05/apa-saja-unit-yang-digunakan-di.html

Unit ini adalah unit kebun yang digunakan sebagai alat angkut, misalnya untuk kebun yang belum produksi traktor di gunakan untuk mengangkut bibit, mengangkut pupuk, mengangkut air untuk penyemprotan ( team TUS ) dan bisa juga digunakan sebagai alat angkut antar jemput karyawan.

Sedangkan untuk perkebunan yang sudah produksi traktor di gunakan untuk alat angkut buah dari dalam kebun ke tempat pengumpulan buah ( TPH ), angkut pupuk dan juga untuk memupuk kebun dengan memakai mesin pemupuk.

4. Dump truk

https://pernando413.blogspot.com/2021/05/apa-saja-unit-yang-digunakan-di.html

Unit dump truk di fungsikan dikebun sebagai alat angkut antar jemput karyawan, angkut buah kelapa sawit dari TPH menuju pabrik pengolahan atau PKS, alat angkut anak sekolah atau bis sekolah yang di modifikasi pada bagian bak menjadi tertutup. Kebanyakan dump truk yang di gunakan dikebun yang berukuran sedang misalnya jenis mitsubishi canter 125 ps, dump truk hino, dump truk dyna dll.

5. Backhoe loader

https://pernando413.blogspot.com/2021/05/apa-saja-unit-yang-digunakan-di.html

Unit ini digunakan juga dikebun untuk perbaikan jalan, membuang lumpur yang menggenangi badan jalan, penggalian dan pembersihan parit, untuk loading material ke dump truk, perbaikan jembatan, mendorong dan menarik dump truk yang terpuruk didalam lumpur dll. Unit ini sangat cocok diareal kebun karena merupakan alat yang lincah, gesit dan multifungsi dengan memiliki ban roda dan kaki penyangga.

6. Unit kecil single dan double cabin

Mobil ini banyak ditemukan di perkebunan sawit, ada yang di gunakan sebagai inventaris manager dan digunakan sebagai mobil ambulance yang bagian baknya di modifikasi terlebih dahulu. Mobil ini bisa digunakan untuk mengantar karyawan sakit maupun kebutuhan penting lainnya. contohnya menjemput tamu dan karyawan dari luar kebun menuju kebun.

7. Dozer ( D85SS Komatsu )

https://pernando413.blogspot.com/2021/05/apa-saja-unit-yang-digunakan-di.html

Ini unit yang digunakan di kebun untuk mendorong material dan membuka jalan yang digunakan untuk kebun sawit. Biasanya alat ini dipakai untuk bukaan baru maupun jalan yang sudah hancur untuk di bentuk kembali, dan juga di gunakan di area land clearing kebun.

Alat ini tidak semua kebun yang memilikinya, karena untuk kebun yang sudah produksi jarang di gunakan. Kebanyakan alat ini di tempatkan di central workshop, dan bila estate membutuhkannya baru alat ini di kirim untuk pekerjaan sesuai permintaan estate.

8. Mini bis

Sebagian kebun yang sudah produksi banyak menggunakannya, mini bus ini bisa digunakan sebagai unit ambulance dan bisa juga digunakan sebagai bus sekolah. Karena termasuk unit kecil, ringan dan irit biaya dengan muatan sedikit. 

Unit ini cocok digunakan untuk kebun yang memiliki kontur tanah mendatar. Sedangkan untuk lokasi kebun yang berbukit-bukit ini tidak cocok digunakan karena tidak memiliki double gardan dan banyak kendala bila digunakan dimusim hujan.

Inilah unit - unit kebun yang sebagian besar menggunakannya, jikalau ada perbedaan di kebun lain itu tergantung penggunaan dan fungsinya di perkebunan itu sendiri. Semua unit ini dikelola oleh traksi di kebun yang di tanggung jawabi oleh Asisten traksi.

Dan untuk perawatan atau maintenance dikelola di workshop kebun yang dibawahi oleh asisten traksi atau transport. Biasanya penanggung jawab bagian transport dan bengkel di kepalai oleh satu orang yakni asisten traksi atau asisten teknik, biasanya tugasnya merangkap.