Cara Menghitung Kebutuhan Transport Pada Perkebunan Kelapa Sawit

 https://pernando413.blogspot.com/2021/06/cara-menghitung-kebutuhan-transport.html

Pada sistem operasional kebun, departemen traksi adalah bagian support dari kegiatan di semua afdeling kebun. Seorang asisten traksi harus dapat memebuhi semua kebutuhan dari afdeling berdasarkan permintaan unit untuk setiap kebutuhan.

Asisten traksi harus dapat mengalokasikan unit sesuai kebutuhan masing - masing dengan unit yang baik serta siap untuk dioperasikan. Perlunya asisten traksi mengetahui berat dari janjang sawit, tonase unit dan medan jalan. Kemudian melakukan perhitungan, setelah itu baru mengirimkan unit sesuai kebutuhan masing - masing. 

Karena di sistem perkebunan bekerja harus berkejaran dengan cuaca, di area kebun cuaca tidak dapat di prediksi, dan bisa berubah sewaktu - waktu. Bila terjadi cuaca hujan maka akan mengalami kendala, jalan yang becek serta licin, makan kendaraan bisa terpuruk di tengan jalan, sehingga kordinasi dengan alat berat agar selalu sedia melakukan penarikan pada titik - titik tertentu yang sudah di prediksi jalannya akan rusak jika hujan.

Jika pada musim kemarau, yang jadi kendala adalah masalah kevocoran ban, karena kondisi jalan dan cuaca sering mengalami bocor atau pecah ban. Juga sering mengalami masalah pada saluran minyak pada mesin, unit akan tiba tiba mati di tengah jalan, ini terjadi disaat musim kemarau akibat panas sehingga banyak debu yang berlalu lalang, yang akan membuat kerusakan pada saluran mesin sehingga unit sering low power. Untuk hal seperti ini harus selalu kordinasi yang baik dengan tim maintenance atau tim perbaikan unit kebun.

Asisten traksi bertanggung jawab pada semua hasil panen di semua afdeling untuk mengirimkannya ke pabrik dengan target tidak ada buah yang restan. Untuk pencapaian target ini perlu kordinasi yang baik dengan asisten afedeling, mandor transport, tim teknik dan kordinasi dengan semua operator.

Terlebih dahulu harus mengetahui berapa besaran produksi dari perkebunan :

Contohnya kita ambil :
Rata - rata berat buah = 20 kg
Luas lahan kebun = 100 Ha
Jumlah pokok = 143 Pkk/Ha

Didapat = 20 kg x 100 Ha x 143 Pkk/Ha
              = 286.000 kg
             = 286 Ton.

* Menghitung kebutuhan unit :
Di ketahui berapa kapasitas angkut / trip
= 7,5 Ton / trip ( kemampuan DT / trip perhari terlebih dahulu di lakukan kalibrasi )
Contoh kita ambil = 2 Trip / hari.

Maka Jumlah unit yang di butuhkan =
x = (286 Ton)/(( 7,5 Ton/Trip x 2 Trip/hari) )
   = 19 Unit.

Makan kebutuhannya adalah 19 Unit