Struktur Workshop Perkebunan Sawit Dan Tugasnya

https://pernando413.blogspot.com/2020/07/struktur-organisasi-workshop-perkebunan.html
 
1. Manager Teknik
Manager Teknik adalah penanggung jawab semua aktivitas traksi di suatu wilayah, biasanya Manager Teknik membawahi lebih dari 2 estate. Bertanggung jawab secara administrasi dan pengawas area untuk bagian teknik. Menyetujui dan mengadakan part teknik, BBM, anggaran biaya teknik, biaya gaji karyawan, pengadaan alat pendukung dan mesin-mesin penerangan di kebun dan lain-lain. Semua itu berada di bawah dan tanggung jawab manager teknik sebagai pimpinan tidak langsung dari Asisten Traksi atau Teknik.

2. Manager Kebun
Manager kebun sebagai pemimpin dan pengawas lapangan, baik itu estate dan perbengkelan menjadi tanggung jawab manager kebun. Manager kebun juga membantu dan dapat sebagai pengambil keputusan di bengkel dengan berkordinasi dengan Asisten Teknik atau Traksi sebagai bawahannya.

3. Askep Teknik atau Kordinator Teknik
Seorang Askep atau kordinator juga bertanggung jawab dan menjaga agar semua pekerjaan di workshop selalu berjalan lancar, askep teknik membawahi 2 Estate. Bertanggung jawab kepada 2 Asisten Teknik atau traksi. Membantu dan mengotrol di bagian lapangan dan dan perbengkelan. 
 
Bertanggung jawab dibagian administrasi dan melaporkan kepada manager teknik. Berkordinasi dengan manager kebun sebagai penanggung jawab lapangan atau wilayah Estate.

4. Asisten Teknik atau Traksi
Asisten teknik atau traksi adalah penanggung jawab langsung di perkebunan sawit. Yang menjalankan fungsi dari bengkel dan transportasi kebun. Mengontrol semua pengerjaan di bengkel dan transport menjadi tanggung jawab seorang Assisten. Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas fungsi dan tugas dari seorang Asisten traksi.

Untuk bagian afdeling traksi berperan sangat penting untuk mendukung berjalannya aktivitas dari masing-masing afdeling. Support pekerjaan afdeling misalnya: pengangkutan karyawan perawatan, pengangkutan buah dari kebun hingga ke pabrik. Kerjasama Traksi dengan Afdeling untuk meminimalkan buah supaya tidak restan, buah harus terangkut semua ke pabrik.

Untuk itu Asisten traksi mengawasi transportasi agar lebih efisien dan efektive dalam bekerja, untuk pekerjaan ini di bantu oleh mandor traksi sebagai penanggung jawab di lapangan.

Asisten Teknik atau Traksi juga mengontrol bagian perawatan atau maintenance unit, agar pekerjaan bisa lebih cepat dan meminimalkan lama kerusakan unit, seorang asisten di bantu oleh mandor maintenance yang mengawasi semua pekerjaan di bagian bengkel. membuat laporan pekerjaan bengkel yang di bantu oleh krani teknik.

Untuk mengenai laporan pekerjaan transport dan bengkel Asisten Traksi atau Transport di bantu oleh seorang krani teknik yang menginput semua pekerjaan, lembur karyawan, pemakainan BBM dan administrasi lainnya. Asiten Traksi atau Teknik harus dapat mengontrol transport, bengkel dan bagian administrasi.

Untuk bagian sipil ada sebagian perusahaan sudah memisahkan sipil dan traksi yang di pimpin oleh Assisten sipil atau Infrastruktur, akan tetapi masih banyak perusahaan yang masih menggabungkan sipil dengan traksi, dibawah pengawasan traksi dengan pengawas lapangan di bantu oleh mandor sipil.