Fungsi Thermostat Pada Mesin Diesel

https://pernando413.blogspot.com/2020/05/thermostat-enginemesin.html

Pengertian Thermostat

Thermostat engine berfungsi untuk menjaga agar suhu kerja engine yaitu antara 75°C s/d 95°C. Saat engine atau mesin dingin thermostat menutup agar temperatur kerja mesin cepat tercapai dan saat engine sudah mulai panas pada kisaran suhu 75°C, saat itu thermostat mulai membuka perlahan-lahan sampai di terbuka penuh pada temperatur 95°C. Ada yang sudah membuka penuh pada suhu 90°C.

Pada saat thermostat membuka pada suhu 75°C s/d 95°C saat itulah air pendingin mesin pada block mesin akan dialirkan ke water pump ke radiator dan terus menerus ke sirkulasi pendinginan mesin.

Coolant Mesin
Coolant mesin adalah bahan kimia yang dicampurkan pada air radiator sesuai dengan perbandingan air dengan kapasitas radiator mesin. 
 
Coolant mesin berfungsi sebagai membantu agar cepat pat pendinginan mesin dan juga berfungsi sebagai menetralisir air dan menjaga agar tidak terjadi perkaratan padan radiator dan saluran pendingin mesin. 
 
Coolant engine sangat penting digunakan pada mesin untuk menjaga dan merawat system pendingin agar mesin tidak cepat mengalami Overheat mesin.