Tips Perawatan Traktor Newholland TD 90

https://pernando413.blogspot.com/2019/04/tips-perawatan-traktor-newholland-td-90.html
 
Merawat kendaraan adalah hal yang paling utama yang harus di lakukan dan di jaga oleh setiap operator traktor: pengecekan unit, menjaga kebersihan unit, mengoperasikan unit sesuai prosedur.

1. Pengecekan unit
Hal yang harus di lakukan sebelum berangkat kerja harus melakukan pengecekan unit, memastikan level air radiator tetap pada level antar high dan low. Karena ini sangat berpengaruh terhadap mesin. Apabila air radiator sampai low bisa mempengaruhi kinerja penurunan kemampuan pada mesin dan bahkan bisa overheat (panas berlebih) dan bisa mengakibatkan kerusakan mesin.

Pengecekan oli engine, setiap pengoperasian mesin harus di cek level oli dengan melihat pada stik level oli engine, pastikan oli cukup agar mesin terhindar dari kerusakan, oli yang berlebih juga tidak baik karena bisa mengakibatkan kebocoran pada packing packing engine.

Oli yang berlebih bila di operasikan akan tumpah pada saat mesin panas dan keluar dari saluran buang pada bagian atas mesin, tumpahan oli bisa bisa juga mengakibatkan kebakaran pada mesin.
 
Memastikan level oli hydraulic dan transmisi terjaga dengan baik. Pengecekan visual pada level air battery terjaga karna berpengaruh pada system kelistrikan dan pada start engine. Melakukan grease manual pada bearing propeller shaft, axle depan dan belakang  dan seluruh nepple grease agar bearing terawat dengan baik.

2. Menjaga kebersihan unit
Unit harus selalu di jaga kebersihan dari debu atau lumpur yang menempel dan selalu di usahakan di bersihkan atau dicuci setelah selesai melakukan pekerjaan. Untuk menghidari korosi atau kebakaran pada unit.
 
Selain menjaga keindahan pada unit ini juga untuk menghindari kebakaran unit pada saat dioperasikan, atau korsleting pada saat unit operasi.Bila hal untuk melakukan pembersihan keseluruhan tidak dapat di lakukan setiap hari di karenakan pekerjaan yang terlalu padat maka harus di usahakan kebersihan yang paling utama setiap hari membersihan sistem kelistrikan dari lumpur seperti dinamo starter dan alternator serta panel panel, di usahakan mesin harus bersih.

3. Mengoperasikan unit sesuai prosedur
Pada saat unit di operasikan hal yang harus di jaga adalah saat mengendarai unit tidak laju-laju atau terlalu cepat, karena fungsi dari traktor ialah tenaga yang besar dan kecepatan yang kecil. 
 
Pada saat pengangkutan buah atau material lain harus di sesuaikan dengan standart daya angkut yang di tetapkan oleh staf traksi pada kebun masing masing untuk menghindari kerusakan pada unit.

Operator sebelum membawa unit terlebih dahulu sudah diadakan traning dan mempunyai lisensi operator serta harus di traning basic engine. Ini dilakukan supaya operator mempunyai pemahaman tentang dasar-dasar mesin dan bisa menangani gejala gejala ringan saat di lapangan kerja.