5 Tips Berburu Pekerjaan di Perusahaan

 https://www.pernando413.com/2024/03/5-tips-berburu-pekerjaan-di-perusahaan.html

Mencari pekerjaan sekarang ini adalah urusan yang sangat kompetitif dan terkadang sangat menegangkan. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda mendapatkan keunggulan dalam mencari dan mendapatkan pekerjaan impian Anda. Curriculum vitae (CV) adalah bagian pertama dan terpenting dalam melamar pekerjaan. 

Sebab calon pemberi kerja harus mengurangi ratusan lamaran menjadi hanya beberapa lamaran yang sah, mereka harus mendasarkan upaya mempersempitnya dengan menggunakan CV yang sudah mereka kumpulkan. 

Penelitian menunjukkan bahwa sekitar separuh pemberi kerja memutuskan untuk menerima atau menolak lamaran pekerjaan berdasarkan pengalaman kerja terkait yang tercantum dalam CV. Sepertiga pemberi kerja memutuskan untuk menolak atau menerima lamaran pekerjaan ini berdasarkan desain tata letak lamaran tersebut.

Berikut tips berburu pekerjaan, yakni:

1. Jadikan CV Anda Menonjol
Saat menyiapkan CV Anda, pastikan CV Anda menonjol di antara yang lain. Jenis CV harus menarik perhatian sehingga membuat personel penilai mau membaca CV. Langkah kedua adalah Anda memastikan CV Anda mencantumkan pengalaman kerja terkait yang Anda miliki sehubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

2. Buatlah CV Anda ringkas dan relevan
Hindari membuat CV Anda terlalu panjang. Hal ini mungkin membuatnya tidak relevan bagi penilai. Ingatlah bahwa pemberi kerja adalah orang yang menganggap waktu penting. 
Bila CV Anda menunjukkan bahwa Anda menghargai waktunya sambil menunjukkan informasi paling relevan dalam waktu sesingkat mungkin, Anda akan memenangkan satu pertarungan penting.

3. Selalu sesuaikan CV Anda dengan pekerjaan
Anda mungkin pernah memiliki pengalaman sebelumnya yang mungkin tidak ada hubungannya dengan pekerjaan yang Anda lamar. Beberapa orang menyimpan berbagai versi CV mereka untuk tujuan pembukaan pekerjaan yang berbeda. 
 
Pastikan CV Anda sesuai untuk pekerjaan itu. CV yang seragam mungkin bukan pilihan terbaik karena pemberi kerja akan mendapat kesan bahwa upaya Anda sebelumnya belum cukup fokus untuk menghasilkan spesialisasi apa pun di pihak Anda.

4. Tuliskan pencapaian Anda
Anda boleh menambahkan pencapaian Anda, namun buatlah pernyataan Anda faktual dan relevan. Mengiklankan diri Anda sendiri tidak ada salahnya, namun buatlah iklan Anda sesuai dengan fakta dan bukan sekadar basa-basi. Anda mungkin mau melewatkan daftar kelemahan Anda karena CV bukanlah tempat untuk diskusi semacam itu.

5. Poles CV Anda
Pimpinan Anda akan tahu bila Anda sudah meluangkan cukup waktu untuk memproduksi CV Anda. Bila dia melihat bahwa Anda sudah melakukan upaya yang cukup dan menyeluruh dalam CV Anda, dia akan berasumsi bahwa Anda akan melakukan hal yang sama dalam pekerjaan Anda. 
 
Ini merupakan nilai tambah yang besar bagi Anda. Bukan hal yang aneh bagi sebagian orang untuk menghabiskan waktu berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu untuk memoles dan memoles CV mereka. Semoga bermanfaat.