Mengenal Lebih Jauh Interview Terstruktur, Tidak Terstruktur, dan Semi Terstruktur

 https://www.pernando413.com/2022/11/mengenal-lebih-jauh-interview.html

Mengenal Lebih Jauh Interview Terstruktur, Tidak Terstruktur, dan Semi Terstruktur - Interview kerja dilakukan mengikuti struktur tertentu. Ada interview yang terstruktur, tidak terstruktur, dan semi terstruktur. Ini dilakukan untuk membantu perekrut, SDM, dan manajer perekrutan mengevaluasi kualifikasi kandidat. Mengetahui perbedaan antara ketiga jenis interview ini akan membantu perekrut untuk menentukan jenis interview mana yang lebih cocok untuk kandidat.

Definisi Interview Terstruktur

Interview Terstruktur adalah salah satu jenis interview yang di mana evaluasi kandidat akan dilakukan berdasarkan serangkaian pertanyaan yang telah ditentukan pada sebelumnya. Dalam interview terstruktur, peinterview akan menyiapkan pertanyaan yang akan diajukan kepada kandidat. Pertanyaan ini biasanya tentang keterampilan dan bagaimana menghadapi situasi. 

Pertanyaan-pertanyaan ini berlaku untuk kandidat dan biasanya ditanyakan dalam urutan yang sama. Ini membuatnya mudah untuk menilai jawaban. Contoh dapat diukur dengan menggunakan skala numerik 1-5. Interview terstruktur dapat membantu mengevaluasi kandidat secara adil.

Kelebihan dan Kekurangan Interview Terstruktur
Beberapa keuntungan menggunakan interview terstruktur adalah sebagai berikut:

• Proses objektif: penilaian interview terstruktur akan lebih objektif karena setiap kandidat mendapat pertanyaan yang sama.

• Dapat membandingkan kandidat: dengan menggunakan interview terstruktur, membandingkan kandidat akan lebih efektif karena parameternya berasal dari jawaban atas pertanyaan yang sama.

• Mengisi beberapa posisi sekaligus: jenis interview ini dapat membantu ketika Anda harus mengisi beberapa posisi sekaligus. Jika ada banyak kandidat, Anda dapat dengan mudah menilai dan mengurutkannya.

Sedangkan kelemahannya adalah cenderung memberikan kesan yang sangat umum. Mungkin sulit bagi perekrut untuk mengetahui bagaimana seorang kandidat akan cocok dengan suatu posisi.

Definisi Interview Tidak Terstruktur

Interview tidak terstruktur adalah interview informal atau disebut dengan interview santai. Biasanya, perekrut atau manajer perekrutan yang melakukan interview akan mengajukan pertanyaan yang tidak dipersiapkan. Hal ini biasanya terkait dengan keterampilan yang dimiliki oleh kandidat. Dalam interview jenis ini, peinterview akan mengajukan pertanyaan dan berbeda untuk setiap kandidat.

Bagaimana Cara Mengenal Lebih Jauh Interview Terstruktur, Tidak Terstruktur, dan Semi Terstruktur?

Tidak ada standar ataupun parameter untuk interview ini. Penginterview akan mengajukan pertanyaan lanjutan berdasarkan jawaban yang diberikan oleh kandidat atas pertanyaan sebelumnya. Pertanyaan yang diajukan tidak terbatas pada kemampuan teknis kandidat, tetapi juga soft skill.

Kelebihan dan Kekurangan Interview Tidak Terstruktur

Meskipun terkesan santai dan informal, interview tidak terstruktur tetap memiliki keuntungan:
• Lakukan pendekatan individual: karena tidak terpaku pada pertanyaan tertentu yang telah disiapkan, interview tidak terstruktur dapat membantu peinterview menggunakan pendekatan pribadi terhadap kandidat.

• Penilaian soft skill: dengan menggunakan pendekatan yang lebih informal, peinterview dapat menilai soft skill kandidat dengan lebih baik seperti komunikasi non-verbal.

Kekurangan menggunakan interview tidak terstruktur, terdiri dari:
• Sulit untuk membandingkan kandidat: karena pertanyaan yang diajukan kepada kandidat berbeda dan unik, sulit untuk membandingkan kemampuan kandidat.

• Bias yang tidak disengaja: mengajukan banyak pertanyaan kepada kandidat dapat menyebabkan bias yang tidak disengaja selama proses rekrutmen.

Definisi Interview Semi Terstruktur

Interview semi terstruktur adalah salah satu jenis interview yang bisa menggabungkan unsur interview terstruktur dan tidak terstruktur. Jadi, peinterview akan segera menyiapkan daftar pertanyaan, tetapi masih memiliki keleluasaan untuk mengajukan pertanyaan lain di luar yang sudah disiapkan. Interview semi terstruktur tidak akan seformal interview terstruktur.Jenis interview ini lebih santai dan memungkinkan peinterview untuk mengambil pendekatan yang lebih pribadi.

Kelebihan dan Kekurangan Interview Semi Terstruktur
• Memberikan perbandingan yang efektif: dalam interview semi terstruktur, kandidat akan ditanyai jumlah pertanyaan yang sama sehingga perbandingan kandidat efektif.

• Fleksibilitas: tidak seperti interview terstruktur, interview semi-terstruktur kurang formal dan standar, tetapi juga dapat fleksibel untuk pertanyaan kepada kandidat.

Sedangkan kekuarangan interview semi terstruktur adalah:
• Kurang objektif: walaupun ada beberapa pertanyaan yang sama, interview semi terstruktur masih kurang objektif karena ada pertimbangan jawaban pertanyaan yang tidak dicantumkan.

• Percakapan akan dibatasi: ketika mengajukan pertanyaan dengan struktur ini, percakapan yang Anda lakukan terbatas. Hal ini dapat membuat sulit untuk mengevaluasi kandidat. Itulah ulasan tentang mengenal lebih jauh Interview Terstruktur, tidak terstruktur, dan semi terstruktur. Semoga bermanfaat dan saya ucapkan banyak sekali terima kasih.